Facebook dan Etika Berkomentar

 On September 29, 2010  

Anda punya account facebook? saya percaya sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab, punya. Lalu, buat Anda yang punya account facebook, pernahkah Anda melihat/merasakan dampak buruk dari jejaring sosial ini?.

Bukan apa-apa sebenarnya, tentu masing-masing kita pernah mempunyai banyak pengalaman dengan ber-facebook ria. Beberapa hari yang lalu saya melihat (lebih tepatnya membaca), betapa facebook berdampak buruk saat  kita tidak mempergunakannya secara bijak. 

Ceritanya begini, saat teman kuliah saya sedang curhat masalah tawaran kerja di Kalimantan, disana banyak yang berkomentar, nah salah satunya teman kuliah kami juga, dia berkomentar dengan nada guyon dan menjurus kearah yang tidak seharusnya di publikasikan di ruang publik yang orang lain bisa membacanya. Lebih tepatnya guyonan yang provokatif dan kearah yang tidak baik. Yang jadi masalah, istri teman saya yang membuat status itu membacanya, kemudian marah-marah disitu juga sambil memaki-maki, kemudian di-amini sama komentar-komentar yang lain...he.he.. 

Dari screen shoot disamping Anda bisa melihat betapa tersinggung dan marahnya istri teman saya itu :D. Mungkin ada benarnya juga buat mereka yang dengan tegas menghapus account facebook mereka, karena memang jejaring sosial selain menimbulkan dampak positif sebagai ajang berbagi dan silaturahmi ternyata juga bisa menimbulkan dampak negatif (sangat banyak jika kita tidak bijak mempergunakannya).

Nah, dari situ saya banyak belajar, kita harus mempergunakan segala sesuatu sesuai porsinya, diambil sisi positif dari adanya sebuah sarana komunikasi massal seperti facebook. Etika berkomentar juga harus diperhatikan, lebih bijak dan bisa menempatkan diri. Yang pasti, saya belum kepikiran untuk vakum atau menghapus account facebook saya. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Facebook dan Etika Berkomentar 4.5 5 Sukadi September 29, 2010 Etika atau sopan santun saat berkomentar pada status di facebook Anda punya account facebook ? saya percaya sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab, punya. ...


31 comments:

  1. Klo mslh dalam FB saya sudah sering alami namun sampai hari ini masih bisa dikendalikan. Memang sih, trkadang mereka bicara trlalu berlebihan krn merasa kita adalh temannya dan juga menganggap FB hanya sekedar goyunan.

    ReplyDelete
  2. Sempat 4 bulan ane tutup sementara FB karena banyak basa-basinya dan asal pasang status tidak perduli itu pentig atau tidak bahkan sering jadi ajang pamer.
    Begitulah FB dengan segala pernak-perniknya yang penuh dengan ke-AKU-an. Salah satunya adalah seperti komentar-komentar di atas.
    Kayaknya ane lebih seneng berblogging, karena banyak manfaat dan komentar yang dimunculkan pun tidak asal spam

    ReplyDelete
  3. @shaleh: Sekarang banyak orang yang tidak bisa membedakan mana ruang publik dan mana yang bukan, sehingga mereka anggap semua tempat sama... contohnya pada kasus diatas.. :)

    @Djangan Pakies: Saya juga jarang update status fb, paling cuma mengomentari status teman. Saya juga lebih suka ngeblog, selain asyik juga bisa sebagai ajang silaturahmi.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Wah bener tuh Sob... kayanya biarpun di dunia maya kita gak berhak menghina orang lain termasuk lewat komentar seperti itu.. apalagi udah ada UU ITE kan tuh bisa2 malah masuk penjara klo yg bersangkutan gak terima....

    Semangat n happy blogging Sob....

    ReplyDelete
  5. denuzz juga udah banyak ngerasain dampak negatif fb semacam ini ...
    makanya sekarang denuzz udah jarang pake, tapi biasanya fb denuzz di-online-kan aja, soalnya siapa tahu ada orang chat karena keperluan penting ...

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    ReplyDelete
  6. facebook itu memang baik untuk sarana komunikasi, tp ada sisi jeleknya juga. kalau saya pribadi tidak terlalu serius dalam berfacebook, apalagi untuk menampilkan banyak foto, alamat, hobi, sampai ke hal-hal penting. Wah, enggak banget, itu sama saja menyerahkan diri kita sama orang yang tidak dikenal..

    ReplyDelete
  7. wah kalo difacebook memang begitu pak...kadang suka buat marah orang...saya aja sampe sebel dan aku tutup akun facebook saya..orang2 facebook tak bisa diajak sharing..tapi ya tidak semua..

    ReplyDelete
  8. Pengalaman sy, ada temen SMA yg baru add sy dan bbrp lama sy perhatikan tdk pernah mmbuat status apa2, hanya rajin memberi "like" stp sy posting sesuatu.

    Tiba2 suatu hari, di slh satu status sy dia komentar kata2 yg sgt kasar dan jorok (maaf). Untung sy cpt klarifikasi, ternyata akunnya di-hack org lain (yg trnyata istrinya sndiri), entah knp.

    Kasian jg, namanya sempat jd jelek utk bbrp wkt, tp skrg udh baik lg.

    ReplyDelete
  9. mangkanya saya itu selalu ngati-ati sekali setiap hendak komen apapun, kecuali saya uda tau keseharian dia, blh guyon asal jng keterlaluan.

    ReplyDelete
  10. demikian juga FB ada sisi baik serta sisi negatifnya, tergantung pada kita sebagai pengguna...

    ReplyDelete
  11. aku mau ikutan lagi nie Sob hhe.... kayanya lama2 FB emank udah lebih mengarah ke tempat saling menumpahkan emosi ketimbang situs pertemanan hhe... dan ini yg harusnya diberantas...

    ReplyDelete
  12. kl aku sih emang ga begitu suka dng fb, meski blom pernah ada pengalaman yg 'panas'....:) semoga tidak sampai terjadi pdku..(hihi..mo kejadian gimana, org jarang ol di fb..wkkwkw..)

    ReplyDelete
  13. yoi kang setuju banget kang, banyak tuh memang orang yang asal nyeplos kalo berkomentar di jejaringan sosial, facebook salah satunya

    ReplyDelete
  14. hmm lama vakum dari blogging ... ulasan yang menarik pak, sy sendiri punya akun cuma buat nge -konfirm tmn2 hehe hampir ga pernah up date status....

    ReplyDelete
  15. fb kadang jadi sinetron dalam bacaan lho
    aseek juga..
    hihihihi

    ReplyDelete
  16. aku agak ng'rasa sedikit bahagia waktu pagi tadi baca berita klo Page tentang pedofilia di Facebook telah dihapus hhe... smoga komentar kaya gini bisa juga ikutan ilang karena kesadaran usernya..

    Oiya Sob.. berhubung aku suka sama bahasa dan postingannya aku mau izin masukkin link Sukadi.net ke My Friends belong ya hhe

    Semangat n happy blogging. Sob...

    ReplyDelete
  17. kalo di situs sosial gt mending gausah komentar yg aneh2lah ya sob..bisa bahaya lho..

    ReplyDelete
  18. wah bener banget mas... selain dapat yang positif memang ada negatifnya juga... dan untuk ini saya pernah kena getahnya... akun fb saya pernah dipake orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengatakan hal-hal yang 'tidak baik' kepada seseorang yang kebetulan salah satu sahabat saya... tentu saja sahabat saya ini komplain ke saya... tapi syukurlah akhirnya dia bisa ngerti kejadian ini...

    ReplyDelete
  19. kalo saya seh sedikit egois
    komentar yang menurut saya gak enak
    langsung saya DELETE

    ReplyDelete
  20. Lapor bos.. blognya dah saya follow tuh.. follow back ya

    ReplyDelete
  21. Terkadang kita tidak bisa membedakan antara wilayah publik dan wilayah pribadi.. :)

    ReplyDelete
  22. kalau komment di fb memang harus yang sopan

    ReplyDelete
  23. Mas, ijin share ya tulisannya bagus nih.
    Nanti saya tulis juga ko sumber dan linknya lengkap. Trims!

    ReplyDelete
  24. hahahaa, mungkin ingn menumpahkan uneg-uneg tetapi nggak tau musti kemana.

    atau mungkin ybs mau nyindir org yg dia kesal. tp saya setuju bedakan mana yg perlu diungkapkan di wilayah publik dan mana yg tidak ^^

    ReplyDelete
  25. kadang byk godaan jg di fb apalagi kalo yg dah merried.

    ReplyDelete
  26. emang harus ati2 kalo bikin status di fb

    ReplyDelete
  27. hati2 banyak yg selingkuh dr FB!

    ReplyDelete
  28. Great post! I am actually getting ready to across this information which i found very interesting to read.
    Bata Expose
    Dak Keraton

    ReplyDelete
  29. Great post! I am actually getting ready to across this information which i found very interesting to read.
    Bata Expose
    Dak Keraton

    ReplyDelete
  30. sy sich dah ga pernah FB yan lg, dah di hapus ama bini. he..he..

    ReplyDelete