Berhati-Hatilah Dengan Facebook

 On January 15, 2011  

Masih soal facebook, entah kenapa begitu banyak orang yang penasaran tentang isu penutupan  facebook. Memang bagi sebagian orang, fecebook adalah situs jejaring sosial yang sangat mengasyikkan, bahkan bisa menjadi candu yang membuat orang bisa lupa diri.

Misalnya saja, bagaimana seorang bayi berumur 13 bulan meninggal dikamar mandi saat ditinggal main game, oleh ibunya. Seperti yang saya baca di detikinet.com, seorang ibu di Fort Lupton, Amerika Serikat yang bernama Shannon Johnson ditangkap oleh polisi dengan dakwaan mengabaikan anaknya sendiri sampai meninggal dunia. Dia mengaku sedang asyik bermain game Cafe World di facebook dan membiarkan anaknya sendirian di bak mandi yang tidak begitu penuh airnya.

Walau sesekali menengok namun tak lantas membuat dia menghentikan permainan game-nya, dan pada akhirnya dia mendapati sang anak sudah dalam keadaan tidak berdaya. Walau beralasan karena anaknya ingin sendiri dan meninggalkan anaknya dikamar mandi sendirian untuk mendidik menjadi mandiri, toh semua itu adalah sebuah kesalahan dan harus ditebus dengan kehilangan anak serta harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Cerita diatas hanyalah satu sisi buruk dari ketidak mampuan seseorang untuk mengontrol diri. Masih banyak sisi negatif yang timbul karena ketidakmampuan seseorang untuk menggunakan secara bijak situs facebook ini. Seperti dulu pernah saya tulis di sini, bagaimana seseorang istri marah-marah dan memaki-maki teman suaminya gara-gara komentar yang ditulis pada status suaminya. Kemudian masih banyak cerita tentang dampak-dampak buruk yang lain yang tentunya harus membuat kita lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan situs jejaring sosial ini.

Saya percaya, pada dasarnya pembuatan situs facebook bertujuan baik, namun adakalanya kemudahan-kemudahan yang ada membuat orang menyalahgunakan. Walau banyak dampak negatif yang timbul, sebenarnya keberadaan facebook juga memberi dampak yang positif. Selain sebagai ajang silaturahmi, keberadaan facebook juga bisa digunakan sebagai media mencari teman, bisnis, dan lainnya. Dulu pernah saya contohkan bagaimana bentuk perhatian facebook pada penggunanya, saat mengingatkan hari ulang tahun perkawinan, ulang tahun kita maupun teman kita, dan masih banyak lagi.

Negatif maupun positif keberadaan facebook menurut saya bergantung pada kita sendiri yang mempergunakannya. Selain harus berhati-hati, sebisa mungkin kita harus bijak dalam memanfaatkannya. Akhirnya, semua kembali pada diri kita masing-masing.

Apakah Anda punya cerita soal facebook? :)
Berhati-Hatilah Dengan Facebook 4.5 5 Sukadi January 15, 2011 Masih soal facebook , entah kenapa begitu banyak orang yang penasaran tentang isu penutupan  facebook . Memang bagi sebagian orang, fecebook...


37 comments:

  1. banyak orang berubah gaya hidupnya karena facebook, entah dari perilaku, keseharian maupun interaksi sosialnya yang kebanyakan diantara mereka banyak menyia-nyiakan waktu. Namun tidak sedikit teman saya mendapat penghasilan yang meningkat dari promosi usahanya melaui fb.
    jadi ibarat sebuah pedang, fb bisa bermanfaat atau bisa jadi melukai pemiliknya

    ReplyDelete
  2. @Djangan Pakies: menurut saya, positif dan negatif sebenarnya tergantung dari si pengguna, Kang. lha wong nyatanya kita juga bisa bersilaturahmi di FB kok ya... :D
    Maturnuwun Kang..

    ReplyDelete
  3. Saya mungkin termasuk sedikit orang yang tidak terpengaruh penutupan FB.
    Punya akun tapi hanya sekedar untuk punya2an
    Jarang sekali saya lihat.
    Saya malah sangat nggak familiar dengan fitur2nya.

    ReplyDelete
  4. @marsudiyanto: kalau saya juga tidak begitu terpengaruh, Pak. saya pengguna facebook tapi tidak begitu menggandrunginya.. :D
    Nuwun

    ReplyDelete
  5. Tidak hanya facebook saya kira mas, media apapun sekarang ini menjadi salah satu batu ujian untuk siapapun. Di zaman yg sdh serba internet ini perhatian orang banyak teralihkan.
    Semoga dapat memanfaatkan media inernet ini secara bijak dan bertanggung jawab ya mas, amiin

    ReplyDelete
  6. @Winny W:Bener mbak, semakin sulit menghindari dampak dari kemajuan teknologi, kalau nggak hati-hati bisa berbahaya... :D
    semoga kita bisa lebih bijak dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan media internet.. amin

    ReplyDelete
  7. Pengalaman tentang Facebook?
    Uh,banyak!
    Facebook saya yang lama dengan 5000 teman di Hack orang begitu saja. Parahnya lagi,email saya yang dicuri,dan semua akses untuk akun selain Facebook juga hilang. YM,WLM,banyak lah.
    Darisana,saya sudah kapok mainan Facebook.
    Nge-Blog jauh lebih asyik.

    ReplyDelete
  8. Bagi saya fb tak lain adalah tempat bercanda ketawa bersama teman2,,,
    izin sharing nya ya Bang,,,,
    N makasih sebelumnya,,,,

    ReplyDelete
  9. saya mengamini uLasan di atas, tujuan dari media-media jejaring sosiaL pada umumnya diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan informasi. namun di baLik itu, para penggunanyaLah yang kerap menyaLahgunakan daLam pengapLikasiannya.

    diharapkan dengan sosiaLisasi cara pandang tersebut dapat meminimaLisir angka keironisan dari perkembangan media teknoLogi modern, setidaknya untuk para pengunjung di bLog ini agar Lebih berkaca daLam menyikapinya secara dewasa.

    ReplyDelete
  10. @Putrie: waduh, kehilangan akun dengan 5000 teman, betapa kejamnya si pembajak itu Mbak.. :)
    makanya kita harus lebih hati-hati Mbak. Saya sepakat kalau ngeblog lebih asyi daripada facebook.. :D

    @Mimi Taria: kalau pemakaian untuk hal yang positif itu mungkin lebih baik Mbak, dari pada untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Kalau mau di share silahkan, terimakasih juga sebelum dan sesudahnya.. :)

    @om rame: menurut saya, hal-hal yang bersifat negatif itu biasanya dikarenakan oleh si pemakainya sendiri. seandainya fasilitas dan teknologi yang ada di gunakan secara baik dan benar saya pikir akan lebih memberi dampak yang positif ketimbang dampak negatif yang ditimbulkan.

    ReplyDelete
  11. sebenarnya bukan facebooknya yang salah, tapi orang yang menggunakannya. apa mereka bisa mengontrol diri mereka atau tidak. apa mereka akan menggunakannya untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat atau justru yang sesuatu yang buruk dan merugikan orang lain

    ReplyDelete
  12. Memang benar mas, FB diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan mencari temen2 lama, paling tidak dengan FB saya menemukan banyak temen lama yang hampir 15 ga ketemu.

    Namun memang ada sisi negatifnya kalo kita salah menggunakannya diantaranya yang mas tuliskan.

    Akhirnya kembali ke kita masing-masing

    ReplyDelete
  13. semua tergantung kita pribadi, mw di apain accnt fb kita, mw di buat happy2 atw sekeadrna ja, atau di cuekin ja, ya terserah kita kok ..

    qu udah nyobain semuanya, udah buat happy2, udah pernah nyobain yg narsis jg, udah pernah berantem juga, udah pernah semuanya lah ,, hehehe :)

    ReplyDelete
  14. kadang facebok membuat kita autis
    mendekatkan yang jauh
    menjauhkan yang dekat

    ReplyDelete
  15. salam kenal pk,,saling berkunjung dan saling berbagi,,blogwalking ke http://yoyon12.wordpress.com

    ReplyDelete
  16. ╔═════════════════════════╗
    ...║ HADIR MERAMAIKAN STATUS ANDA... ║
    ╚═════════════════════════╝

    --------------------(O-O)
    .-------------oOO-- (_)-----.
    ╔═════════════════════════╗
    ║ SELAMAT... KARENA SAYA SUKA STaTUS ANDA║
    ╚═════════════════════════╝
    '-------------------------oOO
    ----------........|__|__|
    ----------.......... || ||
    ----------....... ooO Ooo..

    ReplyDelete
  17. wah stuju sekali hati-hatilahd fb apalagi dengan saya,,,

    ReplyDelete
  18. betul sekali mas.. tergantung kitanya.. toh manfaatnya juga banyak.. saya rasa ga adil kalau setiap ada kasus selalu fb yg disalahkan..

    ReplyDelete
  19. namanya juga media, pasti tergantung yang menggunakannya, klo soal isu mo ditutup, mungkin karena waktu yang dihabiskan user facebook kian menurun (meski jumlah user meningkat terus), biar orang penasaran dan jadi bahan diskusi lagi di fesbuk, yaaaahhh.... trik marketing saja lah... :)

    ReplyDelete
  20. gara-gara facebook banyak orang lupa waktu. bahkan sholat pun ditinggalkan. :(

    ReplyDelete
  21. Kayaknya ibu itu kudu sering-sering mengunjungi Manajemen Emosi deh mas he he he he

    ReplyDelete
  22. daku liat sih emang keknya masyarakat kita udah byk yg salah kaprah nih menggunakan fb. nama udah pake nama palsu, identitas palsu. Ini khan gak bener nih. its complicated.

    ReplyDelete
  23. yang kerja kantoran jangan lalai sama pekerjaannya karena facebook ya. :)

    ReplyDelete
  24. jika fb digunakan untuk any other purpose selain bersosialisasi, maka menurut pengalaman saya, tingkat kepercayaan yang diberikan harus sangat tinggi dan beretika...karena ini dunia 0-1...so, fb ini ibarat pisau, jika dipakai bunuh ya pisau haram, jika dipakai untuk motong daging untuk campuran sup ya pada sukaaaaaa kan?

    ReplyDelete
  25. pernah sih saya gara-gara bercanda dengan teman2 kuliah di FB misalnya status dirubah jadi single, wahhh... rumtang (rumah tangga) jadi sedikit chaos. So, warning "hati-hati dengan FB" bisa jadi pertimbangan bagi para user.

    ReplyDelete
  26. salam sahabat
    wah bahaya juga yach efek nya kok seringnya jadi efek negatif ya mas,hati hati dengan facebook aja wes

    ReplyDelete
  27. salam kenal hehehehe udah kenal nytanya
    ya maka kita lebih hati hati dalam main facebook nya saya dah lama gak ol facebook tuh bosen mas hehehe

    ReplyDelete
  28. kita memang tidak boleh terlalu banyak share data pribadi di facebook ya mas, maaf lama nggak kesini

    ReplyDelete
  29. nice info...sukses selalu..
    Kami juga mempunyai situs website dan dapat diakses melalui :
    http://www.the-netwerk.com
    terima kasih..

    ReplyDelete
  30. GOOD NEWS!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    1. ENGLISH TUTORS

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    2. COURSE ADVISOR (MARKETING)

    Qualifications:

    1. Communicative, Persuasive, Creative
    2. Having Experience
    3. Able to work full time

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    3. STAF ADMIN

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335

    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    4. FRONT OFFICER

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Berpenampilan menarik
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Gedung Graha Pena Lt. 5 Sute 510
    Jl. Raya Batam Centre
    telp: (0778) 460785
    Batam

    dan

    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335
    Denpasar - Bali
    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    ReplyDelete
  31. @andinoeg: memang bukan sepenuhnya facebook bersalah, namun lebih tepatnya facebook itu tempat untuk pelimpahan kesalahan... :)

    @mas-tony: saya pun demikian Pak, ketemu sama teman-teman kuliah dulu lewat FB, kalau masalah hal negatif memang biasanya yang disalahnya facebook, padahal lebih tepatnya penyalah gunaan FB berakibat dampak negatif.. :)
    dan saya sepakat, akhirnya kembali ke kita masing-masing :)

    @fitr4y: lha wong facebook itu cuma pasrah kok, mau di apain aja cuma nurut, jadi kalau ditanya siapa yang salah, pastinya si penggunanya.. :D

    @attayaya_mantra: begitu ya Bang?, bukankah kita sendiri yang menciptakan kondisi itu? :D

    @yoyon12: salam kenal, terimakasih kunjungannya.. :)

    @Ora Jelas Asal'e: terimakasih kehadirannya... :)

    @Ahmad'z: waduh, apakah Anda lebih berbahaya? :D

    @Goyang Karawang: krena FB hanya media yang selalu siap di kambing hitamkan.. :)

    @Sriyono Semarang: apakah begitu ya Mas?, mungkin semakin kalah populer sama jejaring sosial yang lain, seperti twitter, jadi butuh trik marketing biar tambah ramai lagi... begitu kan? :)

    @kumpulan hot threads kaskus: ya, itulah kenyataannya. lalu siapa yang salah?, jelas mereka yang lupa waktu dong.. :D

    @Manajemen Emosi: bener juga Mas, mungkin nanti setelah urusan sama polisi beres suruh berkunjung ke ME saja :D

    @richarie: karena kita suka yang palsu Mbak, seperti janji palsu dsb :D

    @giewahyudi: siap... :D

    @Lily Kasim: terserah yang mau mengolah media tersebut, ada madu, ada racun. silaturahmi bisa, bisnis bisa, menipu bisa, pokoknya komplit, tergantung mau di apain.. :D

    @wap koes: jangan-jangan perubahan status berdampak pada perubahan kesetiaan ya? :D

    @julicavero: ya, waspadalah..waspadalah.... :)

    @Dhana: salam sahabat, karena efek positifnya nggak di nampakkan Mbak, yang diberitakan negatip melulu... :D

    @Cafe Blogging: bersyukurlah buat yang sudah bosen, mengurangi sedikit ketakutan.. :D

    @Berfikir Positif: mungkin perlu batasan-batasan supaya semua baik-baik saja dan hal-hal pribadi tidak perlu menjadi konsumsi publik...
    terimakasih kunjungannya Pak.. :)

    @Anonim: terimakasih, sukses juga buat Anda.. :)

    @Admin: terimakasih infonya.. :)

    ReplyDelete
  32. yup, sekedar perbandingan saja, dulu waktu penggemar seputar semarang di facebook sekitar 10ribu orang dengan sekarang saat penggemar sudah dilevel 34ribu, saat kita posting artikel atau posting gambar, dari report yang ada jauh lebih banyak dulu saat 10ribu dulu (8bulan an lalu) jumlah komentar maupun yang ngeklik link kita, dibanding sekarang meski fans sudah 34ribu lebih,

    ReplyDelete
  33. @Sriyono Semarang: berarti sudah banyak yang sudah mulai bosen dengan facebook ya Mas... :)

    ReplyDelete
  34. FB, bagi sebagian orang merupakan wadah dan hiburan, bahkan suatu ajang yang berlebihan. Tapi nantinya, akan ada suatu lonjakan yang mungkin membuat penggunanya merasa resah.

    ReplyDelete
  35. @Kaget: sekarang pun sebenarnya sudah meresahkan, tapi sebagian orang masih menganggap semua itu baik-baik saja...

    ReplyDelete
  36. wah dari dulu facebook memang bikin hal 2 negatif sob.. banyak dampaknya sampai2 saya bisa keriting kalo nulisnya satu satu disini :D

    ReplyDelete
  37. @blog doodey: walau banyak negatif nya, tapi juga ada hal positif juga kan? :)

    ReplyDelete