Gempa di Jepang, Hujan, dan Atap Yang Bocor

 On March 11, 2011  

Sore ini, saya lihat berita di televisi perihal gempa bumi yang mengguncang Jepang. Gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) mengguncang Tokyo dan wilayah sekitarnya. Menurut badan meteorologi Jepang, gempa terjadi sekitar pukul 14.46 waktu setempat dengan kedalaman sekitar 10 kilometer. Pusat gempa ini sekitar 373 km dari Tokyo.

Tidak beberapa lama kemudian, setelah melihat berita ini, mendung mulai menebal di langit, perlahan gerimis turun, dan beberapa saat kemudian hujan deras akhirnya turun disertai dengan petir yang menggelegar. Saya mulai panik, bukan hal yang aneh ketika saya merasa kurang nyaman dengan kondisi hujan yang deras. Masalahnya, atap di rumah yang sekarang saya tempati pada bocor... :(

Lalu, apa hubungannya antara gempa di Jepang, hujan, dan atap yang bocor?. Begini, saya merasakan kecemasan saat hujan turun dengan derasnya, apalagi petir menggelegar disertai angin yang lumayan kencang. Betapa mereka yang sekarang sedang dilanda kecemasan akan datangnya tsunami akibat gempa ini mungkin kecemasannya melebihi apa yang sekarang saya rasakan. Bahkan, diperkirakan pula datangnya tsunami bisa sampai ke Indonesia.

Dulu, saat gempa terjadi di Jateng & Jogja tahun 2006, saya merasakan sendiri betapa menakutkan dan mencemaskannya isu tsunami ini. Betapa guncangan yang dahsyat telah meruntuhkan mental, apalagi isu tsunami yang semakin membuat kami merasa kehilangan akal sehat. Tanpa berfikir panjang kami berduyun-duyun mengungsi untuk menyelamatkan diri, harta seperti tak lagi berharga saat itu, yang terfikirkan adalah penyelamatan diri.

Apa yang sekarang dirasakan oleh warga Jepang saat ini mungkin hampir sama atau bahkan melebihi dari yang kami rasakan pada saat itu. Kesedihan, ketakutan, kecemasan, dan penyelamatan diri. Semoga saja hanya gempa ini saja, tak ada tsunami berikutnya, dan tak banyak lagi korban jiwa yang berjatuhan akibat bencana ini. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peristiwa ini.

*Hujan belum reda, dan kecemasan masih membayang, semoga saja hujan lekas reda.
Gempa di Jepang, Hujan, dan Atap Yang Bocor 4.5 5 Sukadi March 11, 2011 Sore ini, saya lihat berita di televisi perihal gempa bumi yang mengguncang Jepang. Gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) mengguncang Tok...


30 comments:

  1. Amin, semoga 'hujan' lekas reda, dan kecemasan pun ikut reda.

    ReplyDelete
  2. @afitsetiadi: Amin... terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. saya juga liat juga beritanya di TV mengerikan sekali , moga tidak samoai ke Indonesia

    ReplyDelete
  4. @rizal: semoga saja demikian..

    ReplyDelete
  5. kayakanya sunaminya ampe Indonesia nih Boss...siap2 dech

    ReplyDelete
  6. Met malem Sob...

    Wah kita sehati nie postingnya hhe... sebelumnya aku minta maaf baru bisa kesini lagi soalnya baru mulai Blogging lagi hhe..

    Tanggapan:

    bener Sob... kita yg cuma merasakan Hujan aja udah segitu ngerinya apalagi mereka yg harus berjuang mempertahankan hidup disana.... Gempa di Jogja sama Tsunami di Aceh aja udah kuar biasa dahsyat kemaren eh ini malah lebih tinggi lagi intensitasnya.... Aku cuma bisa ikut mendoakan yg terbaik... dan semoga Prediksi yg bilang Tsunami itu akan sampai di Indonesia gak bener... AMIN

    Semangat N sukses slalu Sob...

    ReplyDelete
  7. amin mas... semoga semuanya kembali seperti semula... dan bagi kita semoga apa yang sudah terjadi semakin mengingatkan kita untuk mawas diri...

    ReplyDelete
  8. @BaliMoz: Benarkah?, moga2 nggak terjadi, di jepang maupun di indonesia... amin

    @Ferdinand: Padahal nggak janjian kan? hehe..
    Semoga saja nggak di jepang, nggak di indonesia, tsunami itu tidak terjadi... amin
    Semangat dan sukses juga ya.. :)

    @albertoes goentoer: semoga kita bisa mengambil hikmahnya, Pak.. amin

    ReplyDelete
  9. Ramai orang membicarakan bencana minggu ini. Sama seperti tsunami Aceh yg getarannya hingga kerumah saya. Saya harap kita bukan hanya bicara tapi setidaknya berdoa.
    Betul kan mas?

    ReplyDelete
  10. kalo ga salah malam ini di Bali juga kena gempa

    ReplyDelete
  11. @Kaget: Betul, berdoa dan dengan menulis mengajak orang lain untuk mendoakan pula mungkinlebih baik daripada cuma apatis.

    @attayaya: semoga saja tidak ada dampak yang berarti Bang..

    ReplyDelete
  12. Semoga berita-berita yang mengabarkan bahwa Indonesia akan berdampak kena gempa, tidak benar-benar terjadi ya Pak..

    ReplyDelete
  13. inilah niimat yang selalu disyukuri, ketika kita merasakan kecemasan, niscaya kita selalu memohon keselamatan, dan meredakan kecemasan dengan doa.
    dengan demikian, kita makin meyadari, tidak ada arti apa2 diri ini, tanpa karunia dan berkahNYA.
    Semoga rakyat jepang diberikan kemudahan dlm menghadapi bencana ini ,amin
    salam

    ReplyDelete
  14. @yuniarinukti: semoga saja demikian Mbak.. :)

    @bundadontworry: iya Bunda, terkadang kita diingatkan dengan peristiwa-peristiwa seperti ini. Semoga korban bencana ini diberi kemudahan dan kekuatan.. amin
    salam

    ReplyDelete
  15. Atap rumah saya juga bocor mas. Udah diperbaiki eh bocor lagi.
    Selalu ada doa buat mereka yg ada di jepang, semoga pada akhirnya semua akan baik2 saja, Amin;

    ReplyDelete
  16. i hope one piece and naruto in japan still alright

    ReplyDelete
  17. @SHUDAI AJLANI: #prayforjapan :(

    @Masbro: semoga semua akan baik-baik saja Mas.. :(

    @Skydrugz: pokoke ngikut bahasane sampean Mas.. :)

    ReplyDelete
  18. Semoga tsunami gak kembali menerpa Indonesia ya, Mas?

    ReplyDelete
  19. Semua kejadian pasti punya hikmah...
    mudah-mudahan kita termasuk org2 yang "handal" dalam mengambil hikmah2 sekitar...

    ReplyDelete
  20. mari sama2 siapkan diri, perbaiki diri,.
    sampai nanti jika waktunya tiba,.

    ReplyDelete
  21. @M Mursyid PW: amin..

    @sangterasing: semoga saja demikian.. amin

    @gegeriyadi: semoga kita bisa mengambil hikmah dari "pelajaran" ini... amin

    ReplyDelete
  22. semoga ja gak ada bencana lagi mas,,,, ngeri kemarin dijepang jadi keinget tsunami di aceh

    ReplyDelete
  23. kalo saya superman saya pengen nyebur di gelombang tsunami

    ReplyDelete
  24. semoga semua baik-baik saja ..

    salam :)

    ReplyDelete
  25. Saya juga kadang bingung Kang kalau hujan deras datang, soalnya warnet saya juga kebocoran...

    amien...... semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap musibah

    ReplyDelete
  26. @Arief Bayoe S: semoga saja demikian mas, yang namanya bencana pasti kurang mengenakkan, tapi pastinya ada hikmah dibalik itu semua... semoga kita bisa mengambil hikmahnya mas.. amin

    @didta7: benarkah? :D

    @fitr4y: amin... salam :)

    @Lozz Akbar: yang penting semua bisa terkendali Kang... semoga kita bisa mengambil hikmahnya.. amin

    ReplyDelete
  27. pray for japan and indonesia.....

    ReplyDelete
  28. takut juga seh kalo terjadi tsunami tapi sepertinya saya masih aman karena tempat tinggal saya jauh dari pantai

    ReplyDelete
  29. @Putu Yoga: amin..

    @agung: yang penting berdoa saja semoga semua baik-baik saja...

    ReplyDelete