Komodo Hilang, Semoga Tidak Pulaunya

 On March 23, 2011  

Sumber Gambar: gonjangganjing.com
Melihat berita di televisi tentang hilangnya 3 ekor Komodo dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) membuat saya bertanya-tanya, kok bisa ya?. Sebuah pertanyaan yang kedengarannya lucu, tapi memang itulah yang menjadi pertanyaan saya. Bagaimana tidak, disebuah tempat yang terkontrol dan terlindungi semacam itu bisa kehilangan binatang yang tergolong langka tersebut. Manusiawi memang, tapi jika dibandingkan dengan alam bebas tentunya Komodo yang berada ditempat ini harusnya lebih bisa diawasi dan lebih terlindungi.

Seperti yang sudah banyak diberitakan, 3 ekor Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) hilang dalam dua waktu, yakni pada tanggal 28 Februari 2011  satu ekor dan pada 5 Maret 2011 sebanyak dua ekor (sumber). Cukup aneh memang, kenapa hilangnya secara bergelombang, dan penangananannya secara serius pada saat kehilangan yang kedua, bukan saat kehilangan pertama?. Sekarang, untuk mencegah peristiwa kehilangan terjadi lagi dan untuk mendeteksi keberadaan Komodo, telah dipasang microchip pada 13 ekor Komodo yang tersisa di KBS.

Semoga saja peristiwa semacam ini tidak terulang kembali, dan bahkan jika mungkin Komodo yang sudah hilang bisa diketemukan. Kalau pun tidak, minimal perisitiwa ini bisa buat pelajaran bersama, bukan hanya Komodo, hewan yang lain pun juga butuh perhatian yang sama. Untung saja hanya Komodo, bukan Pulau Komodo. Bayangkan saja jika sampai Pulau Komodo ikut "hilang", bisa-bisa Bangsa Indonesia kehilangan aset yang tak ternilai tersebut :(. Sudah berapa pulau yang hilang dari Indonesia dan di akui oleh negara lain. Apakah Anda punya pandangan soal ini?

*) 

Notes: Ada yang menarik perihal Komodo dan New7Wonders of Nature, saya sepakat dengan apa yang diutarakan Pak Andy MSE dalam tulisannya (di sini), dan pada tulisan di blog Kaum Biasa (di sini). Yang intinya bahwa lebih baik melakukan tindakan nyata untuk menjaga, melindungi, mengelola, serta mendayagunakan potensi yang ada secara bersama-sama, daripada menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia. Masing-masing orang tentunya punya pandangan yang berbeda mengenai hal ini, jika Anda tertarik dan punya waktu bisa menyempatkan membaca langsung tulisan pada masing-masing link diatas. Terimakasih.
Komodo Hilang, Semoga Tidak Pulaunya 4.5 5 Sukadi March 23, 2011 Sumber Gambar: gonjangganjing.com Melihat berita di televisi tentang hilangnya 3 ekor Komodo dari...


32 comments:

  1. Assalamu'alaikum Kang,
    KBS beberapa waktu lalu disoroti banyak pihak karena kematian beruntun beberapa hewan di dalamnya, sehingga semua pihak terkait saling menyalahkan. Kalo sekarang sampe kehilangan komodo, itu sudah keterlaluan menurut saya. Pertanyaannya dengan cara apa dan bagaimana hewan yang tergolong buas itu hilang di kawasan eksklusif seperti itu?

    ReplyDelete
  2. @Djangan Pakies: Walaikumsalam Kang,
    Sebuah keanehan bagi saya, bagaimana mungkin hewan yang berada dipenangkaran seperti itu bisa hilang dan tidak diketahui, kalau cuma satu mungkin tidak terlalu mencolok, tapi ini 3 ekor. Entah bagaimana bisa terjadi, dan bagaimana pertanggungjawaban pengelola atas hal ini, pastinya perlu diusut secara tuntas, agar tidak meremehkan begitu saja perihal kehilangan semacam ini. Nuwun

    ReplyDelete
  3. wah komodo hilang dikebun binatang lha kok bisa....... wah ini gak beres..... tu kan hewan langka.... kalau pulau komodo hilang paling ya dicaplok malaysia bos....hehehehe

    ReplyDelete
  4. @Arief Bayoe S: nyatanya demikian, kalau pulau komodo hilang mungkin tidak, tapi dalam makna "hilang" yang lebih luas mungkin bisa saja terjadi.. :)

    ReplyDelete
  5. kebun binatang surabaya memang terkenal kejam pada binatang. hewannya pada kelaperan semua. klo ngga direvolusi susah nih.

    ReplyDelete
  6. lah wong hukum yang berkaitan dengan manusia aja sudah disalahgunakan.. apalagi hukum untuk satwa liar Kang.. ehm kapan sadare menungso iki

    ReplyDelete
  7. sulit untuk mengubah cara berpikir yang sdh salah. revolusi adalah kata-kata yang paling cocok untuk mengubahnya

    ReplyDelete
  8. Yang jelas.. pengurus/petugas KBS yang nggak becus kerjanya!! moso' komodo segitu besar bisa hilang, nggak benerr aja tuh..

    ReplyDelete
  9. Komodonya mungkin mau kopdar dulu mas hehehe

    ReplyDelete
  10. Di Indonesia itu, apapun bisa hilang, dan apapun bisa dipalsukan...
    Sedih, ngeri...

    ReplyDelete
  11. nice..
    sempatkan mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

    ReplyDelete
  12. kasian si komodo, sekarang tidur dimana y .. :)

    ReplyDelete
  13. semoga yg ambil komodo nggak memakannya y ..

    salam :)

    ReplyDelete
  14. ndak heran klo komodo ilang...

    gunung emas di irian jaya aja ilang saya ndak heran..

    ndak heran kalo smwa itu terjadi di Indonesia...

    ReplyDelete
  15. Sepertinya mustahil kalau komodo dalam kandang bisa amblas, kecuali ada oknum yang terlibat. Tambah aneh saja situasi sekarang ini mas.

    ReplyDelete
  16. @Bung Iwan: Asal demi kebaikan bersama, revolusi pun saya dukung :D

    @Lozz Akbar: kapan-kapan Kang, susah jawaban pastinya :D

    @NECKY: demi perubahan, revolusi pun bisa diterapkan :D

    @Tangguh: saya juga heran lho, bisanya hewan dikandang kok ilang :D

    @Winny Widyawati: mungkin lagi kopdut Mbak (kopi ndangdut) :D

    ReplyDelete
  17. @marsudiyanto: memilukan.. :(

    @the-netwerk: trims :)

    @fitr4y: tidur ditempat tidurnya.

    @Sugito Kronjot: Sudah biasa, yang namanya kasus aja katanya (ini katanya lho) bisa ilang juga haha..

    @Dwi Jo: Banyak kemungkinan mas... :(

    ReplyDelete
  18. Mohon sarannya untuk weblog baruku,
    sebagai anak putra daerah Dabo Singkep
    Kepulauan Riau hanya itu yang bisa
    aku persembahkan buat kampungku yang tercinta…

    ReplyDelete
  19. Met siank Sob...

    Wah jujur aku malah ng'rasa lucu klo Komodo yg bentuknya segede gtu bisa ilang gitu aja, ilangnya di Kebun Binatang pula, yg pastinya udah ada pager dan perlindungan...

    aku koQ malah jadi curiga ada yg gak beres disitu *cuma curiga gak nuduh..

    semoga cepet ditemukan lah, klo ilangnya bukan karena ada yg gak beres pasti ketemu lagi diperkampungan warga :D

    untuk yg keajaiban Dunia, akupun setuju kayanya dari pada sibuk vote untuk menjadikan Komodo Keajaiban Dunia mending kita tunjukkin dlu niat kita untuk merawat Pulau Komodo itu.. :D

    semangat N Met aktivitas Kang.. maaf telat...

    ReplyDelete
  20. Saya sebagai orang Surabaya juga heran.. apa benar bisa hilang di tempat itu? kalaupun lepas apa tidak lari ke rumah penduduk? Ini konyol...

    wajarnya si klo dimakan singa :D

    ReplyDelete
  21. Itu ulah manusia x bukan ulah komodonya.!

    ReplyDelete
  22. Mungkin komodonya sengaja dicuri untuk dijadikan maskot kampanye pulau komodo keajaiban dunia, Pak. Hehehe.

    Sy setuju dengan masukan konservasi tersebut. Banyak kekayaan alam nusantara ini terabaikan hingga akhirnya malah diasuh negara luar.

    ReplyDelete
  23. kehilangan yang direncanakan itu... :D

    ReplyDelete
  24. padahal komodo sudah ditetapkan sebagai new 7wonder
    inilah ironi bangsa kita
    terkadang lupa mensyukuri nikmatnya..

    sedj

    ReplyDelete
  25. menyedihkan memang, tabiat lelet sudah jadi rahasia umum orang indonesia :D
    komodo ilang dua baru dicari :D

    ReplyDelete
  26. Walah, kok bisa?
    binatang segede itu masa ga ketahuan kalo dipindahin

    ReplyDelete
  27. ada udang di balik batu kali :D

    ReplyDelete
  28. tindakan nyata dengan melindungi satwa seperti lebih baik dari pada hanya sekedar menjadi keajaiban dunia.

    btw. kok bisa sampe ilang ya...

    ReplyDelete
  29. Pak, ini Surabaya pak. Semua bisa terjadi dengan tidak terduga. Jangankan itu benda yang gak bisa ngomong. Orang yang bisa ngomong dan berteriak saja kalau di Surabaya bisa ilang :D . Apapun asal bisa jadi uang, semua bisa di atur, WANI PIRO ?!?

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  30. @Dabo Singkep: Terimakasih, semoga sukses :)

    @Ferdinand: semua mungkin terjadi mas, rasa curiga tu wajar, tapi memang aneh kalau sampai benar-benar hilang :D

    @sibair: mungkin juga dimakan 'singa' :D

    @situsonline: benarkah? :)

    ReplyDelete
  31. @fbriosw: mosok kampanye pakai komodo beneran? :D
    yang penting bukti nyata, seperti halnya kekayaan alam di papua, siapa yang paling menikmati?, bangsa luar, padahal itu kekayaan alam indonesia :(

    @Erwin: cuma 3 ekor kok, msih ada sisanya :D

    @sedjatee: entahlah, yang pasti ini sangat aneh

    @Putu Yoga: untung masih dicari lho.. :D

    @Andhy: bisa kok, kalau cuma mindahain hewan segitu gampang saja :D

    @Na81: lebih tepatnya, ada udang dibalik rempeyek :D

    @rizal: setuju.. kalau sampai ilang, ya itu sudah biasa mas.. :D

    @Sugeng: Wah, berarti surabaya menakutkan ya Pak?
    Salam hangat :)

    ReplyDelete
  32. ya klo burung ilang masih masuk akal pak, bisa terbang, lha ini...
    Wani Firooo...
    #tidak sedang gembira...

    ReplyDelete