Pasa-Pasa Ngapusi Dosa (Sebuah Pelajaran)

 On August 5, 2011  

Teringat jaman dulu, waktu masih kecil. Biasanya saat berkumpul dengan teman-teman sepermainan akan menjadi saat yang lucu untuk di kenang. Saat bulan puasa seperti ini biasanya saat ada teman yang sedang berbohong maka teman-teman yang lain akan berkata: "pasa-pasa ngapusi dosa, lho..." yang dalam bahasa Indonesia-nya kurang lebih berarti "puasa-puasa berbohong dosa, lho..". Dan anak yang semula mau berbohong itu pun merasa takut dan akhirnya mau jujur.

Betapa bulan puasa menjadi sesuatu yang sangat "di takuti" dibandingkan dengan hari diluar bulan puasa, padahal, tidak bulan puasa pun berbohong juga tidak boleh. Tapi yang namanya anak-anak terkadang belum sampai ke arah itu. Orang tua/dewasa yang sudah tahu bahwa berbohong itu dosa, korupsi itu dosa, mencuri itu dosa, tapi tetap saja melakukannya. Apa perlu mereka-mereka yang melakukan tindakan tercela semacam itu di kumpulkan bersama anak-anak kecil, biar di bilangin kalau "pasa-pasa ngapusi dosa"

Ada pelajaran yang bisa dipetik dari kata "pasa-pasa ngapusi dosa" ini, bahwasannya anak-anak pun sudah tahu (apalagi orang tua/dewasa) betapa bulan puasa/bulan ramadhan adalah bulan dimana manusia berlomba-lomba dalam kebaikan, berusaha menghindari hal-hal yang buruk dan menjalankan hal-hal yang di ajarkan dalam agama (menjalankan perintah-NYA, menjauhi larangan-NYA).

Seandainya saja kebiasaan yang dilakukan di bulan ramadhan bisa dibawa terus di kehidupan sehari-hari, betapa indahnya hidup ini. Bukan hanya berusaha menahan diri di bulan ramadhan karena mengharapkan "imbalan", tapi juga belajar menggembleng diri untuk bisa "me-ramadhan-kan" hari-hari di luar bulan yang suci ini. Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung sehingga nanti setelah bulan ramadhan berlalu tapi tetap mampu "me-ramadhan-kan" hari-hari yang dijalani.. amin. Apakah Anda punya kenangan masa kecil yang terkait dengan bulan Ramadhan?.
Pasa-Pasa Ngapusi Dosa (Sebuah Pelajaran) 4.5 5 Sukadi August 5, 2011 Teringat jaman dulu, waktu masih kecil. Biasanya saat berkumpul dengan teman-teman sepermainan akan menjadi saat yang lucu untuk di kenang. ...


25 comments:

  1. iya... jadi kebiasaan orang alimnya pas ramadhan aja. bulan lain... yah semau gue mau ngomong, mau ngelakuin apa aja deh

    ReplyDelete
  2. Pasa pasa ngapusi dosa, kalimat yang sakti di bulan ini ya Mas.

    ReplyDelete
  3. seperti yang dikatakan Mas Sukadi diatas,
    aku juga sangat mengharap mampu utk menjadikan diri ini meramadhankan sebelas bulan yg lainnya....

    Semoga Allah swt memudahkan kita semua utk melakukannya ,aamiin

    kenangan masa kecil ketika ramadhan, justru membuatku malu ,Mas
    karena suka sekali menjilati bekas adonan kue lebaran yg dibuat oleh ibu, walaupun maghrib blm datang ..
    salam

    ReplyDelete
  4. Budaya itu biasanya ada klo pas bulan puasa, kalo puasa selesai ada boong biasanya ga laku lagi [di pergunakan]. Tapi itu salah satu kebiasaan baik orang tua kita dulu yg mengajari, di kampung saya juga msh seperti itu mas,

    ReplyDelete
  5. Semoga Ramadhan bisa menjadi pendidik kita untuk bulan-bulan selanjutnya...

    ReplyDelete
  6. mudah-mudahan kita menjadi orang yang taqwa ya kang..

    ReplyDelete
  7. semoga kita semua bisa kembali bersih kang iia :) amien :)

    ReplyDelete
  8. pasa ora pasa sing jenenge ngapusi kuwi dosa hehe..

    ReplyDelete
  9. @Ami: semoga kebiasaan baik di bulan ramadhan terbawa kedalam keseharian kita.. amin :)

    @Masbro: iya Mas, kesannya lebih menakutkan ketimbang hari diluar ramadhan hehe

    @bundadontworry: Semoga Allah swt memudahkan kita semua utk bisa meramadhankan hari-hari diluar bulan ramadhan... aamiin

    terimakasih Bunda :)

    ReplyDelete
  10. @eko susilo: iya mas, buat menakuti anak-anak, dan cukup manjur juga hehe

    @kang nur: amin. trimakasih :)

    @pri crimbun: amin. trimakasih :)

    @Belajar Photoshop: iya kang... :)

    @Nyenengke: bener Kang hehe

    ReplyDelete
  11. hehehe bagus juga mas,, mereka tkang korupsi dan tukang bohong kembali kita giring masuk kesekolah tk atau playgroup sekalian .. heheh

    salam :)

    ReplyDelete
  12. Itulah salah satu kelemahan terbesar orang-orang di negeri ini, berlaku seperti orang yang suci di saat bulan puasa datang, tetapi mungkin saja dia akan kembali ke jati diri yang sebenarnya pada saat hari raya sudah selesai dilewati. Untuk urusan ini memang hanya kesadaran dari masing-masing individu saja yang berperan cukup vital supaya kualitas SDM di negeri ini bisa meningkat makin hari.
    Kunjungi juga website bisnis menjanjikan di bawah ini:
    http://www.kimciti.com
    Sukses bersama kami!!

    ReplyDelete
  13. Sayangnya kadang kebiasaan baik di Bulan ramadhan gak terbawa dalam kebiasaan di bulan2 lainnya Kang hhe... eh ngomong2 kang, klo ada yang gak tau arti kata2nya sampean bisa beda nih ngerti maksudnya haha... soalnya si ngapusi bisa diartiin menghapuskan kan bukan bohong klo yg gak ngerti ahha.. untung di Translate... pokoknya mari berlomba dalam kebaikan..

    OOT: Give away sudah kuumumkan... Selamat...

    ReplyDelete
  14. Bulan di luar bulan pasa yang akan menjadi pembuktiannya, Mas..

    ReplyDelete
  15. sepanjang berkendaraan arah pulang..batin saya suka ngomong, 'ya alloh... seperti thn2 seblmnya hanya puasa menahan haus dan lapar saja... baca quran blm maksimal, solat sunah blm maksimal ...'

    ReplyDelete
  16. Meriahkan Ramadhanmu...

    Ramadhankan hari-harimu...
    :)

    ReplyDelete
  17. Kadang-kadang, kata-kata "poso-poso ngapusi dosa" itu hanya ampuh untuk anak-anak je mas. Untuk rang dewasa jan blas ra mempan...

    ReplyDelete
  18. kadang aku juga berandai2 gitu...
    andaikan kita semua "sadar" pasti hidup ini damai.

    boleh juga tuh idenya, "mereka" dicampurkan dgn anak2 biar dibilang "pasa-pasa ngapusi dosa lho"

    ReplyDelete
  19. Benar.. hendaknya tidak hanya bulan Ramadhan saja.tetapi setiap bulan. .

    ReplyDelete
  20. ia mas. setuju.. bagaimana kalau semua dilakukan pas bukan bulan ramadhan. betapa indahnya dunia ini

    ReplyDelete
  21. @fitr4y: pasti masih pantas ya mbak.. hehe
    Salam

    @kimciti: semua kembali pada diri masing-masing, semoga saja momen ramadhan bisa membawa perubahan setelahnya :)

    @Ferdinand: kalau bahasa jawa ngapusi itu berarti berbohong, nggak tahu kalau arti dari bahasa yang lain hehe..

    Terimakasih Kang.. :)

    @giewahyudi: iya Mas, ketahuan aslinya hehe

    @blogdangkal: semoga saja ada hikmah yang bisa kita petik :)

    ReplyDelete
  22. @sangterasing: ramdhankan hari-hari mu..
    semoga sukses :)

    @hybrid car: iya e, padahal orang dewasa harusnya lebih mempan hehe

    @narti: mungkin kalau nggak mempan dikarenakan "mereka" tidak lebih dari anak-anak hehe

    @ada-akbar: semoga saja demikian :)

    @tomi: semoga saja selepas puasa nanti harapan ini bisa terwujud :)

    ReplyDelete
  23. Walau dimulai dari sebuah kata, tapi bila dapat teresapi dalam hati yang bermakna maka dia akan dapat mengundang setiap pintu hidayah yang ada dilam bulan yang penuh kebarokahan ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  24. @R. Indra Kusuma: banyak hal yang bisa dijadikan sarana untuk belajar dan koreksi diri :)

    Salam sukses

    ReplyDelete
  25. moga ramdhan mampu membuat orang menjadi lebih baik lagi dan di hari2 yang lain selain bulan puasa juga

    ReplyDelete