Apa Artinya Penyesalan?

 On December 14, 2011  

Apa artinya penyesalan?, tanyaku. Jika penyesalan itu mempunyai makna yang sangat mendalam, tentulah ada solusi untuk mengulang waktu. Tapi, apakah ada jalan untuk memasuki masa lalu?, apakah waktu bisa berulang hanya untuk sekedar mengembalikan masa lalu?. Sekian detik, menit, dan serpihan-serpihan usang kenangan yang tak mungkin digambarkan masa, semua hanya cerita dan bayangan.

Apa artinya penyesalan?, tanyaku. Terkadang masa depan itu menjadi momok menakutkan, masa lalu menjadi penegas perasaan bahwa pahit manis itu terukur dari pengalaman. Apakah demikian?, jika hanya itu tolak ukurnya, maka masa lalu hanyalah sebuah gambaran, bukan kenyataan.

Apa artinya penyesalan?, tanyaku. Mampu aku terjemahkan sebuah sudut pandang, namun sulit aku uraikan dalam kenyataan. Bahkan, sekalipun saat aku mengingat kata bijak: "kemarin adalah kenangan, sekarang adalah kenyataan, dan esok adalah cita-cita". Itu belumlah cukup, sesekali masih aku sisipkan sebuah pesan singkat kedalam hatiku: "uang tak bisa menukar waktu, uang tak mampu membeli kebahagiaan". Dan aku masih tersudut dalam tanya, berusaha meyakinkan diriku sendiri!.
Apa Artinya Penyesalan? 4.5 5 Sukadi December 14, 2011 Apa artinya penyesalan?, tanyaku. Jika penyesalan itu mempunyai makna yang sangat mendalam, tentulah ada solusi untuk mengulang waktu. Tapi,...


19 comments:

  1. Aku setuju banget dengan Una di komentar diatas ^_^ Artinya jadi ambigu itu hehehe

    ReplyDelete
  2. Tidak ada penyesalan jika kita tidak berbuat/melakukan apa-apa, jika memang harus terjadi berarti itu yang terbaik sebagai bahan evaluasi supaya menjadi lebih baik dimasa yang akan datang

    ReplyDelete
  3. With money:
    You can buy a house, but not a home.
    You can buy a clock, but not time.
    You can buy a bed, but not sleep.
    You can buy a book, but not knowledge.
    You can get a position, but not respect.
    You can buy blood, but not life. So find your happiness inside u .....

    ReplyDelete
  4. @Untje van Wiebs: menurut Mbak Sitti, ada artinya ga? :D

    @Basith KA: tergantung pemahaman kita :D

    @Digital Baca: Sepakat :)

    @Nyayu Amibae: Yes *bingung* hehehe

    ReplyDelete
  5. Penyesalan kue ngajog Mas... hehe... :p

    Ehm... Hanya sesuatu yang sebaiknya jangan sampai kita mangalaminya deh :)

    ReplyDelete
  6. tapi saya gak nyesel loh kang dolan kesini meski sampean udah tidur hehe

    ReplyDelete
  7. percuma menyesal mas,toh semua sudah berlalu & tidak bisa diulang kembali
    yang terpenting menyesal kita jadikan acuan pembelajaran diri buat lebih baik sekarang & nanti

    ReplyDelete
  8. penyesalan adalah sifat manusia mas.. tidak ada orang yang tak pernah menyesal

    ReplyDelete
  9. @Ipras: Semoga saja demikian, Mas :)

    @Lozz Akbar: Sukurlah kalau begitu, Kang :D

    @Andy: Semoga dari "penyesalan" bisa menjadi pelajaran untuk lebih baik lagi.. :)

    ReplyDelete
  10. @cara mengobati: terimakasih :)

    @tomi: iya mas, asal jangan terlalu terbawa penyesalan.. :D

    ReplyDelete
  11. "uang tak bisa menukar waktu, uang tak mampu membeli kebahagiaan" benar banget mas,,uang ga bisa membeli kebahagiaan,mantap artikelnya,mas,tukeran link bisa kah?link mas udah bertengger di halaman utama mnejelma.com,dibagian bawah sekali,ditunggu ya mas

    ReplyDelete
  12. nasi memang sudah jadi bubur
    dan sekarang gimana kita agar bisa menikmati bubur tersebut....mungkin buburnya hanya di tambah gula,atau dibuat komplit seperti bubur ayam....

    aphroditekediri

    ReplyDelete
  13. Penyesalan....baru akan terjadi bila kita telah melakukan sesuatu hal. Bila kita tak melakukan apa-apa, berarti belum bisa disebut penyesalan. :D Seperti kutipan dalam sebuah buku yang pernah saya baca, Jika seorang menyuguhkan lemon, janganlah rasakan gimana rasanya, tetapi tambahkanlah gula didalamnya. Artinya, saat kita telah mlakukan sesuatu hal ataupun kejadian baru kemudian setelahnya kita sadar telah salah. Janganlah lantas berkalut kesal, tetapi jadikanitu sebagai langkah awal memulai yang lebih baik.

    Sekalian numpang promo nih gan,, kunjungi my blog : ordinarywom4n.blogspot.com,, mohon ijin tukeran link ya......

    ReplyDelete
  14. jangan pernah mengenal kata penyesalan.kita hidup dalam hari ini,hari kemarin adla peningalan jejak kita,dan hari esok penuh tanda tanya,apakah kita???

    ReplyDelete
  15. mas sukadi...penyesalan biasanya datang belakangan. Biar ga menyesal lebih baik kita mencegahnya saja deh dan setiap keputusan yang kita buat jangan pernah di review untuk disesali.

    ReplyDelete
  16. Si Mbok bilang "nasi sudah jadi bubur', dan jangan masuk ke lubang yang sama. tapi kebanyakan kita 'kerap' terulang kembali :(

    ReplyDelete
  17. Quote your blog info thanks nice and helpful, greeting and Salm successful blogger

    ReplyDelete
  18. Jadi belum ketemu juga arti dari "penyesalan" nih...

    ReplyDelete