Ngudarasa: Edisi Spesial Akhir Tahun 2011

 On December 31, 2011  

Catatan Akhir Tahun Kang Gendon

Hujan turun dari siang, sampai petang menjelang malam hari ini belum juga menampakkan tanda akan segera reda. Kang Gendon hampir terlupa, kalau ternyata hari ini adalah hari terakhir di tahun 2011, 31 Desember, itu artinya bahwa malam ini akan banyak acara dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pesta menyambut tahun baru. Entahlah, Kang Gendon sendiri merasa heran, kenapa juga hanya menyambut tahun baru saja banyak yang merayakan dengan begitu mewah. Kalau hanya meriah sih masih dianggap biasa dan belum tentu itu mewah, tapi kalau sudah mewah, hampir pasti itu meriah, dan itu butuh biaya besar.

Sudahlah, Kang Gendon tak mau ikut pusing, hanya saja dia jadi teringat berbagai peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2011, meski tak banyak peristiwa yang diingat. Seperti saat heboh kasus mafia pajak, Gayus Tambunan, sampai-sampai Bona Paputungan yang baru keluar dari penjara langsung terkenal gara-gara mirip dengan Gayus Tambunan. Dan juga perandaiannya untuk menjadi Gayus Tambunan yang dia tuangkan dalam sebuah lagu, dan Kang Gendon merasa resah dengan keberadaan lagu itu. (1)

Kemudian, Kang Gendon juga masih ingat saat gonjang-ganjing di persepakbolaan Indonesia, dimana Nurdin Halid dituntut mundur dari jabatannya sebagai ketua umum PSSI. Banyak protes disana-sini, sehingga Kang Gendon ikut merasa gregetan, sampai-sampai dia sudah menulis surat untuk Nurdin Halid. Namun setelah terjadi urun rembug dengan Pakde Sastro, akhirnya surat itu batal dia kirimkan kepada Nurdin Halid. (2)

Kang Gendon juga masih ingat waktu ada kasus larinya tersangka kasus korupsi wisma atlet, Nazaruddin, yang ketika itu menjadi perbincangan, seperti jaman kerajaan dulu. Bukan apa-apa, masalahnya untuk menangkap Nazarudin saja harus pakai sayembara, hadiahnya cukup besar sehingga Kang Gendon sempat kepikiran ikut. Tapi, setelah dipikir-pikir akhirnya Kang Gendon urung ikutan sayembara tersebut. (3)

Dan yang paling membanggakan Kang Gendon di tahun 2011 adalah ketika dia mendapatkan piagam penghargaan dari kepala desa. Kang Gendon dianggap menjadi tokoh utama dibalik keberhasilan panen tahun ini. Bagaimana tidak, Kang Gendon adalah penggagas dan penggerak aksi gropyokan massal dalam rangka pemberantasan hama tikus. Dan dengan aksi yang dilakukan secara massal itulah maka para petani di desanya Kang Gendon mampu menikmati panen raya, dengan hasil panen yang melimpah. (4)

Lagi-lagi, menjelang akhir tahun kondisi persepakbolaan Indonesia masih saja ribut dan ruwet. Kang Gendon merasa heran, dia menebak bahwa ada banyak kepentingan yang berada disetiap keputusan PSSI, hingga sering kali menimbulkan kontroversi. Liga Indonesia, menjadi dua format kompetisi, ISL vs LPI. Entah mana yang salah dan mana yang benar, tanpa bermaksud meremehkan kualitas para pemain dan klub yang berlaga di masing-masing kompetisi, menurut Kang Gendon lebih menarik menyaksikan sepakbola tarkam ketimbang menyaksikan diantara kedua liga tersebut. (5)

Itu diantara peristiwa yang masih diingat Kang Gendon, sebenarnya masih banyak lagi, tapi sebelum lebih banyak lagi yang diingat, tiba-tiba saja Kang Gendon dikejutkan oleh suara terompet yang ditiup oleh tetangganya... "pppreeeeeeeeeeetttttttttttttttttttt...."

Selamat Tahun Baru 2012

 **&**
Link terkait:
(5) Antara ISL, LPI, dan Tarkam
Cerita Kang Gendon yang lebih lengkap ada di label Ngudarasa
Ngudarasa: Edisi Spesial Akhir Tahun 2011 4.5 5 Sukadi December 31, 2011 Catatan Akhir Tahun Kang Gendon Hujan turun dari siang, sampai petang menjelang malam hari in...


12 comments:

  1. Teretetetettttt.... titip salama ucapan selamat tahun baru tuk Kang Gendon!

    ReplyDelete
  2. @Eko Prih H: Nggih, Pak.
    Maturnuwun :)

    ReplyDelete
  3. selamat tahun baru buat kang gendon....

    ReplyDelete
  4. Selamat tahun baru nggih pak,semoga tahun ini negri ini akan lebih baik....

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaikum Kang,
    ini semacam kaladioskop (?) perjalanan kang gendon selama setahun ya Kang, semoga tahun depan makin banyak Kang Gendon menyuarakan inpirasinya

    ReplyDelete
  6. @Atma Muthmainna: selamat tahun baru juga, Mbak.. :)

    @Catatan Darmanto: sama-sama mas, semoga akan lebih baik lagi ditahun yang baru ini..

    @Djangan Pakies: Walaikumsalam Kang,
    hanya sedikit mengulas, Kang.. ada bagian-bagian cerita Kang Gendon yang belum tertuang disini hehe..
    terimakasih, Kang

    ReplyDelete
  7. selamat tahun baru, semangat baru, semangat untuk sebuah pencapaian baru…
    tretetetett…. dar… der… dor…

    ReplyDelete
  8. @Sriyono Semarang: selamat tahun baru... semoga sukses :)

    ReplyDelete
  9. semoga di tahun 2012 semua keinginan kita tercapai., amin., :D

    ReplyDelete
  10. tahun baru adalah semangat baru,keinginan baru,target baru pokoknya semua serba baru
    selamat tahun baru,semoga tahun 2012 akan menjadi tahun yang tenang & damai bagi seluruh manusia dimuka bumi ini,amien

    ReplyDelete
  11. @djawa: amin... :)

    @Andy: semoga apa yang kita harapkan ditahun ini bisa terkabul... amin

    ReplyDelete
  12. @Obat Herbal: selamat juga kang.. yang pening tetap semangat :D

    ReplyDelete