Suasana Santai di Angkringan

 On December 17, 2011  

Bagi Anda yang pernah berdomisili di Solo, Jogja, Semarang, dan sekitarnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya angkringan. Bahkan, warung angkringan sekarang sudah menyebar dibanyak wilayah. Sebuah warung yang berada disebuah gerobak dorong, atau sering juga disebut hik, kadang juga disebut kucingan. Istilah kucingan sendiri diambil dari nasi bungkus berlauk sambal dan ikan asin (biasanya), yang biasa disebut sego kucing (nasi kucing). Entahlah, dari mana asal usul nama itu dulunya.

Di angkringan, makanan selain nasi kucing, ada juga gorengan, sate telor puyuh. Untuk jenis minuman juga bervariasi, seperti wedang jahe, jahe susu, teh manis, teh jahe, wedang jeruk, es teh, es jeruk, susu, dll. Mungkin tak perlu berpanjang lebar saya jelaskan disini, karena saya pikir Anda sudah bisa menjelaskan, atau bahkan bisa menambahkan. :D

Untuk konsumen warung angkringan sendiri juga bervariasi, ada tukang becak, buruh bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, bahkan dari kalangan "elit". Seperti halnya yang sering saya temui waktu bareng di angkringan. Dari sekian warung angkringan yang pernah saya kunjungi, baik waktu dulu di Solo, Purworejo, Jogja, dan sekarang di Slawi, hampir semuanya berasal dari Bayat, Klaten. Demikian pula yang sekarang sering saya kunjungi, di Slawi. Suryadi, demikian namanya, bersama dengan 10 temannya dari Bayat, semua menjalankan angkringan dan tersebar dibeberapa lokasi di Slawi.


Sudah beberapa bulan terkahir ini, sering saya cari makan malam di angkringannya Mas Suryadi. Magnet utama saya pergi ke angkringan adalah untuk bersantai, sering ngobrol kesana kemari bersama teman-teman, bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam disana. Kebetulan lokasinya pun cukup strategis dan memadahi, di alun-alun depan rumah dinas bupati Tegal. Kalau pas cuaca tidak hujan, banyak pengunjung yang asik ngobrol dan bercanda, mulai dari yang rombongan keluarga, pasangan muda-mudi, bapak-bapak, dan banyak lagi. Yang datang kesana mulai dari yang jalan kaki sampai yang bermobil. Selain beberapa kursi panjang yang tersedia, beralaskan tikar dan sejenisnya dirasa lebih nyaman.

Bagi Anda yang sudah terbiasa ke angkringan, mungkin apa yang sedikit saya ceritakan ini adalah hal yang biasa. Tapi, bagi Anda yang belum pernah mencoba ke angkringan, tidak ada salahnya Anda mencoba, toh harga dari makanan dan minuman yang dijual juga termasuk murah. Pokonya, bagi yang ingin merasakan suasana santai, angkringan mungkin bisa jadi solusi, apalagi kalau keuangan lagi pas-pasan hehe.. Ke angkringan?, siapa takut.. :D
Suasana Santai di Angkringan 4.5 5 Sukadi December 17, 2011 Bagi Anda yang pernah berdomisili di Solo, Jogja, Semarang, dan sekitarnya, mungkin sudah tidak asin...


45 comments:

  1. Di Jakarta pun ada angkringan.
    Paling suka susu jahe :D

    ReplyDelete
  2. @Untje: Sukurlah, saya belum pernah ke Jakarta jadinya tidak tahu kalau disana juga ada angkringan :D

    ReplyDelete
  3. Asik,kayanya ma temen2 ke angkringan paling seru,dimana2 ada kok angkringan,ditempat saya batam jiga banyak,ditunggu komentar balasannya ya mas

    ReplyDelete
  4. Sego kucing plus lauk asin dimakan tengah malam di pinggir jalan, manteb. Dulu waktu masih SMA suka sekali mampir di lapak seperti ini Kang, hanya saja kalo di kampung saya (Lumajang), namanya Sego Bantingan, lha wong nasinya cuman sekepal, tapi nikmatnya berkepal-kepal

    ReplyDelete
  5. Sego kucing plus lauk asin dimakan tengah malam di pinggir jalan, manteb. Dulu waktu masih SMA suka sekali mampir di lapak seperti ini Kang, hanya saja kalo di kampung saya (Lumajang), namanya Sego Bantingan, lha wong nasinya cuman sekepal, tapi nikmatnya berkepal-kepal

    ReplyDelete
  6. @menjelma.com: kalau di batam saja sudah ada, berarti angkringan sudah samapi di 33 provinsi dong hehe..

    ReplyDelete
  7. Lama sekali tidak menikmati makanan2 dg bergaya santai dan leyeh2 ky gini. Karena sy jarang keluar malam hahaha...

    ReplyDelete
  8. @Djangan Pakies: Mungkin saja nama untuk masing-masing tempat berbeda-beda, Kang. Meskipun nasinya sekepel, dengan lauk sambel dan ikan asin rasanya sudah nikmat hehe

    @eko susilo: Sekarang juga sudah banyak ditemui angkringan yang buka siang lho mas.. :D

    ReplyDelete
  9. makanan2 jajanan dipinggir jalan, ada yang enak lho. bahkan pak bondan senang sekali berkunjung ke angkringan2 kecil dalam acaranya, wisata kuliner..

    ReplyDelete
  10. @herman: iya, tapi untuk pak bondan, selain senang ke angkringan, dalam acaranya wisata kuliner dia juga dapat bayaran untuk itu :D

    ReplyDelete
  11. hmm...saya sering nongkrong sob di angkringan, selain harganya yang sangat murah, suasana di pinggir jalan juga asyik nie buat nongkrong :D

    ReplyDelete
  12. saya ada angkringan recomended di daerah lenteng agung jaksel. tepatnya di jl m kahfi (saya lupa m kahfi 1 apa 2). persis depan gang johar. datang selain mlm selasa. insya allah rame hehe

    ps.
    saya ga dibayar loh utk promosiin mrk :)

    ReplyDelete
  13. angkringan?sejenis warung sari laut gitu ya mas?soalnya klo dimakassar sebutnya sari laut...

    ReplyDelete
  14. Aaaah...saya jadi kangen Solo mas, kangen makan di angkringan.
    Pengen deh minum wedang ronde sambil ditemani sebungkus nasi kucing :D

    ReplyDelete
  15. Wonosobo sudah banyak angkringan juga...Saya kangen wedang jahenya lama ga kesana

    ReplyDelete
  16. Sepertinya angkringan dimana-mana sudah ada mas, suasana makan di angkringan emang asik, bisa sambil menikmati keindahan kota diwaktu malam.

    ReplyDelete
  17. saya dulu sering mas, terutama pulang kuliah pasti langsung nangkring di angkringan. jadi kangen masa2 kuliah dulu.

    ReplyDelete
  18. Angkringan memang salah satu lokasi yang paling tepat untuk bersosialisasi, karena di angkringanlah tidak ada yang namanya perbedaan status sosial :)

    Kalau angkringan langganan saya, ada di sekitar rumah Mas, karena memang tempatnya yang paling nyaman dan tenang untuk sekedar medang kopi + mendoan... hehe... :)

    ReplyDelete
  19. Pengusaha angkringan kebanyakan orang klaten

    ReplyDelete
  20. Angkringan paling enak dinikmati disaat malam hari bersama teman sambil menikmati makanan dan minuman ringan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  21. @deny: apalagi kalau ada yang "bening-bening" hehe

    @Cara Mengobati: sukurlah kalau demikian :D

    @obat: intinya warung, demikian kan? :)

    @Asuransi Prudential: barangkali dengan referensi ANda trus banyak yang kesana, nanti bisa minta bonus sama yang punya angkringan hehe

    ReplyDelete
  22. @Atma Muthmainna: mungkin juga, mbak.. masalahnya saya juga belum pernah tahu warung sari laut :)

    @Zippy: di Solo banyak sekali angkringan, enaknya sih susu jahe+nasi kucing hehe

    @Aryo Seno: berarti sudah hampir merata keberadaan angkringan :)

    ReplyDelete
  23. @Dwi Jo: iya mas, enak lagi kalau pas tidak hujan.

    @andre: semoga suatu saat bisa kembali mengenang masa kuliah di angkringan, mas :)

    @Ipras: Enak kalau ada yang dekat rumah, Mas.. diangkringan tidak membedakan status sosial, karena harga yang terjangkau semua lapisan :)

    @eko ph: tepatnya Bayat, dan mungkin juga ada yang dari Cawas juga :D

    @Ejawantah: ya, meski siang juga ada yang buka, tapi lebih enak kalau malam :)
    Salam

    ReplyDelete
  24. Jadi pengennn ke 'Angkringan' begitu baca postingan ini, enak kali ya buat kongkouw - 2 sambil ngopi nyari ide

    ReplyDelete
  25. @Obrolan Blogger: bisa jadi demikian, banyak ide yang saya bawa pulang setelah nongkrong diangkringan, salah satunya postingan ini :)

    ReplyDelete
  26. seperti ada aura gaib ni gan tempatnya,bulu kudukku merinding ni

    ReplyDelete
  27. 2001-2003 aku di jogja dan sering nongkrong di angkringan
    asik dan bersosialiasi langsung dgn org2

    ReplyDelete
  28. kalau dijakarta bukan angkringan mas namanya tapi warung lesehan,jadi mau ke jogja secepatnya soalnya aku tahun depan ke jogja buat kuliah mas :)

    ReplyDelete
  29. Saya domisili Solo
    biasanya seminggu lebih dari 3x ke angkringan sambil berbagi cerita dengan teman2

    ReplyDelete
  30. Kalau di solo dan jogja memang pusatnya sego kucing mas, penjual nasi kucing yang di daerah Grobogan ja hampir semua dari daerah solo atau jogja mas.

    ReplyDelete
  31. makanan atau minuman tradisional selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya

    ReplyDelete
  32. Aseeekkkk...
    bisa ngopi disini
    heheee

    ReplyDelete
  33. dulu ketika saya masih sekolah sukanya ke hik pak jo di depan masjid kota barat, entahlah sekarang masih ada apa sudah tidak ada....saya tidak tahu...

    ReplyDelete
  34. Wah Mantabz tenan.... sayang disini angkringan udah jarang banget kang, coba aku di Solo atau Yogya, mesti muleh kantor langsung mampir ke Angkringan mesen wedang jahe ato kopi areng + nyemil gorengan haha... :)

    kapan ya dapet izin pulang kampung??? haha....

    Oiya, maaf baru bisa mampir lagi kang, sukses selalu n Happy Blogging :) Chheeeeerrrss....

    ReplyDelete
  35. kalau saya malah sering bikin sendiri suasana angkringan pas makan-makan sama adik-adikku pencinta alam kang.. pergi ke hutan kecil bukit sebelah, bawa tikar dan bekal makanan plus kopi.. wuih rasane ruaaaar biasa

    ReplyDelete
  36. hallo kang...berkunjung lagi nie :D

    ReplyDelete
  37. mungkin kalau di tempatnya saya warung indomie atau warung kopi kalai yah??

    ReplyDelete
  38. @reckydj: serem?, itu bukan kuburan lho mas.. :D

    @virtaxp: terlalu sering nonton sinetron ya? hahaha..

    @attayaya: ya mas, di angkringan segala lapisan berbaur :)

    @Obat Asam: kalau sama teman2 seru, apalagi kalau situasinya mendukung :D

    ReplyDelete
  39. @Andy: nanti kalau sudah di jogja bisa menikmati angkringan, yang pernah saya dengar katanya kopi joss di angkringan dekat stasiun tugu

    @ibnu: waktu di Solo dulu saya juga sering ke angkringan, bahkan sampai ke angkringan pabelan dekat UMS juga :)

    @Miftakhudin: saya kurang paham betul sejarahnya, tapi kebanyakan penjual angkringan yang saya temui kebanyakan dari Bayat, Klaten.

    ReplyDelete
  40. @Persadablog: boleh ngopi, boleh maste, asal jangan lupa bayar.. hehe

    @kang nur: mungkin saja masih, kang.. coba saja sesekali main kesana :)

    @Ferdinand: kalau sampeyan pulang kampung, mungkin malah tidak sempat ke angkringan, Kang..hehe

    ReplyDelete
  41. @Lozz Akbar: mbok saya sesekali diajak Kang, biar merasakan angkringan ala sampeyan :)

    @deny: terimakasih kunjungannya :)

    @NECKY: mungkin juga Pak, karena masing-masing daerah punya bahasa dan istilah yang berbeda :)

    ReplyDelete
  42. @Nazami: saya malah kurang paham, coba saja cari referensi di google.

    ReplyDelete
  43. waktu di jogja aku sukanya beli gorengan di angkringan, buat dimakan di kos. hehe.

    ReplyDelete
  44. @Ilham: asik ya mas? hehe

    ReplyDelete
  45. mohon izin gabung pakdhe...

    wahh.. artikelnya josss bener… heheh.. ditunggu artikel-artikel yg lain mengenai angkringan nasi kucing.

    bagi rekan-rekan yang ingin memiliki usaha angkringan nasi kucing, silahkan kunjungi website kami di http://www.AngkringanNasiKucing78.com atau Hub : 085782660989 ( sms ), PIN BB : 21F3C098, Lokasi Bekasi timur.

    Terimakasih
    salam sukses & bahagia bersama

    ReplyDelete