Sungai, Tempat Sampah Terpanjang - Sukadi.net

April 7, 2012

Sungai, Tempat Sampah Terpanjang

Bicara sampah memang 'mengasyikkan", seperti yang pernah saya tulis di sini, mengenai tempat sampah dan tempat nyampah, karena yang satu ini memang menjadi permasalahan yang sangat kompleks. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan masyarakat yang menganggap enteng persoalan sampah. Membuang sampah sepertinya soal rasa, meski sudah ada tempatnya tetap saja mencari lokasi yang mudah, jangan bayangkan sebuah tempat khusus, tapi pikirkan saja soal permasalahan bau busuk disekitar kita.

Ambil contoh mudah pada pekarangan rumah, selokan atau saluran air, dan sungai. Padahal tempat-tempat tersebut sangat tidak memungkinkan untuk membuang sampah, tapi tetap saja banyak yang nekat menjadikannya sebagai "tempat sampah". Sebuah perkecualian mungkin jika memang untuk pekarangan rumah sudah dibuatkan tempat khusus buat sampah.


Entah sebuah kebetulan atau tidak, sungai sering menjadi tempat sampah terpanjang, karena sering saya lihat bahwa sungai menjadi alternatif utama tempat sampah yang praktis dan tak perlu banyak repot. Seperti gambar di atas, kebetulan saya lewat lokasi sungai dalam suasana yang berbeda. Saat ada air, dan ketika sungai tak ada air.
Selain sungai, alternatif yang lain biasanya tak jauh dari air, ya, biasanya saluran juga menjadi tempat membuang sampah yang praktis. Ini hanya sebuah gambaran, bukan saya ahli persampahan, bukan pula saya orang yang sudah benar dalam pengelolaan sampah, bisa jadi saya adalah bagian mereka yang kurang pas dalam mencari tempat untuk membuang sampah. :D Apa yang saya utarakan disini semoga bisa menjadi bahan koreksi bagi saya pribadi khususnya, bila ada yang kurang berkenan mohon di maafkan. :)

Bagikan artikel ini

16 comments

  1. Tak hanya tempat sampah terpanjang tapi juga WC terpanjang

    ReplyDelete
  2. Dari dulu sampe sekarang, permasalahan sampah itu emang susah ya nyari solusinya

    ReplyDelete
  3. @marsudiyanto: bisa juga sebagai bak mandi terpanjang, Pak :)

    @Bunga Mesa Ananda: solusi banyak, yang menjalankan yang sulit diberi solusi :D

    @Tebak: he'eh.. :(

    ReplyDelete
  4. gan itu dekat ga ke pemukiman warga,
    itu sampah kan polusi buat warga.

    ReplyDelete
  5. Endonesya bangettt pak... huaaaa....

    ReplyDelete
  6. @Sriyono: sepertinya demikian :)

    ReplyDelete
  7. bagi saya itu mas, sungguh bodohnya orang2 yang membuang sampah tersebut. Mereka sering mengeluh susah cari air bersih tapi perilakunya mengotori air itu sendiri.

    ReplyDelete
  8. betul itu,,,dan akibatnya ialah banjir,,,

    jgn lupa follbacknya ya..!!!

    ReplyDelete
  9. @pututik: mungkin tahunya akibat saja, lupa akan sebabnya :)

    ReplyDelete
  10. di tempat yang bersih seperti rumah sakit, saya kadang menemukan keluarga pasien yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan, dimanapun Kang karena itulah orang kita

    ReplyDelete
  11. Ditempatkupun sungai menjadi tempat pembuangan sampah, mungkin karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah :(

    ReplyDelete
  12. @Djangkies: Mungkin karena sudah terbiasa, Kang.

    @die: mungkin juga, Pak. kalau nanti terjadi apa-apa, biasanya menyalahkan orang lain.

    ReplyDelete
  13. Kalau buang sampah di sungai mungkin sampah tersebut bisa hanyut dan kita tak perlu repot dengan masalah sampah yang menumpuk tapi ujung2nya bisa menghambat laju air dan menyebabkan pencemaran. Sangat disayangkan, akibat ulah segelintir orang banyak pihak yang akan dirugikan ni
    Nice share Pak dan salam kenal..

    ReplyDelete
  14. tapi yang unik adalah WC alam enak tapi apes bila ada orang lewat malu !!

    ReplyDelete