Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411

 On June 8, 2012  

Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411
Beberapa waktu yang lalu, kebetulan saya mengikuti acara karnaval atau pawai dalam rangka hari jadi Kabupaten Tegal yang ke-411. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan semacam ini selalu rutin diadakan, dan untuk tahun ini mungkin sudah yang ke-5 saya ikut meramaikan bersama dengan teman kerja, karena tahun ini adalah tahun ke-5 saya bekerja di Kabupaten Tegal. 

Acara sendiri dimulai pukul 14.00, mengambil start di GBN dan finish di depan rumah dinas bupati. Tapi, seperti sudah menjadi budaya, tetap saja ada pengunduran waktu -baca: molor-, dan sepertinya hal semacam ini dirasa wajar. Kebetulan rombongan kami berada di deretan agak belakang, jadi kurang greget karena tak seriuh kalau misalnya berada di barisan tengah.

Untung saja di depan rombongan kami ada kelompok calung, ya, rupanya kelompok ini yang pada tahun sebelumnya juga ikut meramaikan. Saya masih ingat betul, kelompok calung Wiji Sawo, para penarinya masih sama dengan tahun lalu, malah sekarang tambah satu penari. Anak-anak itu ternyata masih konsisiten, setia menggeluti kesenian tradisional ini.

Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411
Pada gambar di atas adalah penampilan kelompok ini dalam kegiatan yang sama, gambar kiri penampilan di tahun 2011, sedangkan gambar kanan tahun 2012. Masih saja asik melihat dan menyaksikan atraksi dari kelompok ini, bernyanyi dan menari dalam iringan alat musik calung.

Deretan masyarakat yang berjejal menyaksikan iring-iringan peserta menambah kesan semarak "pesta" ulang tahun, rombongan peserta yang menampilkan dandanan dan tampilan yang beraneka macam cukup "menghibur" mereka yang ikut pawai maupun yang menyaksikan.

Cuaca yang cukup terik cukup membuat peserta gerah, ditambah lagi rombongan peserta yang kurang tertib semakin membuat suasana kian "heboh". Setelah melalu rute yang cukup melelahkan, sekitar pukul 16.30 akhirnya rombongan kami sampai juga di garis akhir, dengan sambutan dari jajaran pemerintah daerah dan anggota dewan, usai sudah penantian kami untuk segera merampungkan acara ini.

Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411
Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411
Pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-411 4.5 5 Sukadi June 8, 2012 Beberapa waktu yang lalu, kebetulan saya mengikuti acara karnaval atau pawai dalam rangka hari ja...


5 comments:

  1. Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari jadinya, termasuk di tempat saya Kang selain pawai, dua tahun terakhir menggelar pameran blitar tempo dulu yang semuanya bertujuan meningkatkan pariwisata daerah. Semoga demikian dengan di Tegal.

    ReplyDelete
  2. @Djangkies: ada banyak rangkaian acara Kang, selain pawai ada pasar murah, gelar budaya dan lainnya.

    ReplyDelete
  3. Ternyata sama semua ya di setiap daerah ketika peringatan hari jadinya

    ReplyDelete
  4. @Cak Imam: mungkin saja demikian, Cak

    ReplyDelete
  5. acara pawai sepeti ini bagus untuk terus dikembangkan, selain menghibur untuk warga sekitar juga bagus untuk mendatangkan kunjungan wisatawan ..

    ReplyDelete