Perhatikan Harga Barang Saat Anda Berbelanja

 On June 14, 2012  

Saya tertipu, ya, saya merasa kena tipu lagi. Penipuan yang saya maksud bukan karena gendam, SMS hadiah, undian, atau penipuan lainnya, saya tertipu oleh ketidaktransparanan pelayanan  pada sebuah minimarket. Sebenarnya saya hanya ingin menyampaikan kekecewaan saya, bukan soal nominal yang saya persoalkan, karena memang kalau bicara nominal sepertinya ini tak seberapa, meskipun demikian, dari perbedaan beberapa rupiah inilah yang saya rasa sangat mengganggu.

Tadi saya belanja di sebuah minimarket, hanya beberapa barang saja, oleh karenanya saya hafal harga masing-masing barang yang saya beli sesuai dengan label harga di rak masing-masing barang. Ketika berada di kasir, saya terkejut ketika ternyata harga yang muncul di layar monitor tak sesuai dengan apa yang ada di label. Tak seberapa memang, tapi kalau yang semacam ini dibiarkan, tentunya akan merugikan konsumen (ingat penjumlahan dan perkalian).

Bagi sebagian orang mungkin uang recehan tak ada artinya, buat parkir saja sekarang kurang, jadi, terkadang selisih berupa recehan semacam ini pun di acuhkan. Kalau hal yang saya alami ini hanya sebuah ketidaksengajaan, mungkin itu wajar, tapi seandainya hal ini adalah sebuah kesengajaan, ini yang sangat saya sayangkan. Seingat saya, bukan sekali ini saya mengalami hal serupa.

Orang berbelanja tentu salah satu pertimbangannya adalah harga barang, selisih 500 rupiah pun kadang jadi pertimbangan, tapi, kalau ternyata saat pembayaran harga lain dengan yang tertera dalam daftar harga, bukankah hal ini merugikan?. Memang sekarang orang belanja tak terlalu memperhatikan struk pembayaran, kadang langsung di buang, sehingga harga masing-masing barang tak terlalu di perhatikan sama-tidaknya antara yang di daftar dengan saat membayar.

Sudahlah, mungkin saya yang terlalu berlebihan dalam menyikapi, semoga saja ini hanya sebuah kelalaian dan bukan kesengajaan. Konsumen memang terkadang kurang di untungkan, kalau tidak kritis akan semakin lama ketidakberuntungan tersebut menimpa konsumen. Semoga Anda tidak mengalami kejadian semacam ini, dan selalu memperhatikan harga antara yang tertera dan yang Anda bayarkan dan memastikannya sama.
Perhatikan Harga Barang Saat Anda Berbelanja 4.5 5 Sukadi June 14, 2012 Saya tertipu, ya, saya merasa kena tipu lagi. Penipuan yang saya maksud bukan karena gendam, SMS ...


17 comments:

  1. Sering terjadi ini,... saya malah pernah tertipu iklan 'market'. Diskon harga pembelian, tapi ternyata harus mencapai nilai tertentu dan membeli produk tertentu. :(

    ReplyDelete
  2. @Kaget: Terkadang trik untuk menarik pembeli hanya membuat konsumen kecewa, dan hal semacam ini sangat di sayangkan.

    ReplyDelete
  3. assalamu'alaikum Kang
    Ini pelajaran yang sangat berarti bagi saya sebagai pedagang Kang, karena harus hati-hati dalam hal-hal seperti ini. Sehingga dalam menentukan harga saya mesti mengikuti urutan untuk menghindari ketidak cocokan harga antara yang tertempel dengan yang ada di monitor. Sekecil apapun kesalahan pada seorang pedagang, sangat merugikan karena pelanggan yang kecewa cenderung tidak kembali

    ReplyDelete
  4. Saya sendiri juga sekarang benar2 memperhatikan kode barang dengan harga yang tercantum. Kalau tidak, suka beda saat di kasir.

    ReplyDelete
  5. @Djangkies: Walaikumsalam Kang,
    Secara tidak langsung kekecewaan konsumen membawa dampak pada toko/pedagang. Semoga saja apa yang saya alami hanya sebuah ketidak sengajaan dari minimarket tersebut. :)

    ReplyDelete
  6. @zizydmk: Saya kadang memperhatikan, kadang tidak, hanya kebetulan saja kemarin saya ingat harga di label dan berbeda dengan yang saya bayar. :)

    ReplyDelete
  7. anggap saja amal pak... :D
    cuman kadang klo lagi sewot dengan minimarket ya kita balas pak,
    setelah ambil banyak, ke kasir,
    saya kasih kartu kredit [padahal sudah tau klo gak bisa dengan kartu kredit],
    "maaf pak nggak bisa..."
    saya kasih kartu debit,
    "maaf pak nggak bisa juga"
    ya sudah titip bentar tak ke atm...
    #pulang... :D

    ReplyDelete
  8. saya lebih suka beli di toko kecil kang

    ReplyDelete
  9. Banyak cara untuk mencari pelanggan, terutama pelanggan baru. tapi kalo berbohong ya kurang bagus juga.....

    ReplyDelete
  10. lebih parah lagi kalo harganya udah nggak sama terus yang namanya diskon harus produk ke 3 atau ke sekian walah bisa tengsin kalo antriannya banyak

    ReplyDelete
  11. @Suke Semarang: amal sama minimarket? sepertinya berlebihan :D
    Kalau misalnya mau balas, paling tak usah beli ketempat itu lagi :D

    ReplyDelete
  12. @Lozz Akbar: Sebenarnya sebelum saya ke minimarket ini tujuan saya adalah ke warung di dekatnya, tapi apa daya, warung tersebut tutup dan saya terpaksa ke tempat ini Kang :)

    ReplyDelete
  13. @Urang Kampung: Sepakat :)

    @pututik: tinggalkan saja, mungkin akan lebih baik :)

    ReplyDelete
  14. Seharusnya pihak minimarket tersebut mengganti harga barang yang ada dilabel agar sesuai dengan harga yang ada di mesin kasir..

    ReplyDelete
  15. moga pelayanan di minimarket di perbaiki lagi, dan mungkin harga di kasir sudah di ubah, dan harga belanja tetep sama mungkin gitu ??

    ReplyDelete
  16. Anonymous30 July, 2012

    banyak skali penipuan saat ini..

    ReplyDelete
  17. Oh begitu, wah perlu hati2....

    terimakasih atas share-nya sob :)

    ReplyDelete