Ebiet G. Ade, Tak Bosan Saya Dengan Lagu-Lagunya

 On July 12, 2012  

Ebiet G. Ade, Tak Bosan Saya Dengan Lagu-Lagunya
Ebiet G. Ade
Ebiet G. Ade, saya percaya bahwa sudah tak asing lagi nama ini di telinga kita. Ya, musisi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang puitis dan bermakna sangat dalam, bukan rahasia lagi saya kira. Penyanyi kelahiran Wanadadi, Banjarnegara yang bernama asli Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far ini merupakan salah satu penyanyi yang karyanya tak lekang di telan masa.

Entah, saya lupa kapan pastinya, kalau tidak salah di tahun 90-an pertama saya "mengenal" lagu-lagu beliau, ketika itu kakak saya membeli salah satu kaset album beliau. Mendengar lagu-lagunya langsung membuat saya terkesan, padahal kalau mau menghafal lirik-liriknya cukup kesulitan karena memang puitis dan sedikit "berbeda" dengan lirik-lirik lagu pada umumnya yang terkesan simpel dan mudah di ingat.

Meski sudah lama tidak mengeluarkan lagu baru, namun lagu-lagu beliau yang sudah puluhan tahun yang lalu tersebut masih saja enak di dengarkan, sebut saja lagu Ayah, Berita Kepada Kawan, Kupu-Kupu Kertas, Aku Ingin Pulang, Camelia, dan masih banyak lagi. Meski suka, namun terkadang saya tak tahu judul dari lagu yang saya dengarkan.

Seperti saat saya tuliskan postingan ini, saya sedang mendengarkan lagu-lagu beliau yang tak bosan-bosannya saya dengar meski berkali-kali dan lagu-lagu yang hampir sama. Tak bermaksud membandingkan, lagu-lagu sekarang cenderung instan dan cepat membuat bosan, ini menurut pendapat saya. Berikut ini salah satu lagu dari Ebiet G. Ade, Berita Kepada Kawan:



Perjalanan ini
Terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Disampingku kawan

Banyak cerita
Yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan

Tubuhku terguncang
Dihempas batu jalanan
Hati tergetar menatap
kering rerumputan

Perjalanan ini pun
Seperti jadi saksi
Gembala kecil
Menangis sedih ...

Kawan coba dengar apa jawabnya
Ketika di kutanya mengapa
Bapak ibunya tlah lama mati
Ditelan bencana tanah ini

Sesampainya di laut
Kukabarkan semuanya
Kepada karang kepada ombak
Kepada matahari

Tetapi semua diam
Tetapi semua bisu
Tinggal aku sendiri
Terpaku menatap langit

Barangkali di sana
ada jawabnya
Mengapa di tanahku terjadi bencana

Mungkin Tuhan mulai bosan
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang
Ebiet G. Ade, Tak Bosan Saya Dengan Lagu-Lagunya 4.5 5 Sukadi July 12, 2012 Ebiet G. Ade Ebiet G. Ade, saya percaya bahwa sudah tak asing lagi nama ini di telinga kita. Ya...


19 comments:

  1. Salah satu lagu yang tak pudar dimakan zaman nih mas lagunya Ebiet G.Ade terutama yang berjudul berita kepada kawan.

    ReplyDelete
  2. @miftakhudin: Ya, lagu yang sangat dalam maknanya.

    ReplyDelete
  3. aku juga suka Ebiet
    puitis juga lirik2nya
    seneng banget
    sayang ya nda ada yang kayak dia sekarang ini
    mana ya generasi muda yang bisa nerusin mas Ebiet

    ReplyDelete
  4. mengingatkan kembali akan ebiet

    ReplyDelete
  5. @Fairbet: iya, saya juga melihat acara bukan empat mata kala Ebiet jadi bintang tamu..

    ReplyDelete
  6. @Seiri Hanako: Anaknya Ebiet juga menjadi penyanyi, tapi musik dan lagunya jauh beda dengan Ebiet..

    ReplyDelete
  7. kalo denger lagu ini, air mata pengennya....


    *berlinang*

    ReplyDelete
  8. saya juga suka dengan Ebiet kang. suarane juga khas di telinga kita

    ReplyDelete
  9. @Isnan: tak sedikit yang mengatakan demikian :)

    @Lozz Akbar: iya Kang, kita sepaham hehe

    ReplyDelete
  10. Namanya kok bisa beda ya dengan aslinya?

    ReplyDelete
  11. G. Ade itu kepanjangannya apa to? Penasaran wit jaman 71 aku :D

    ReplyDelete
  12. iya emang nggak mbosenin, nggak seferti kebanyakan lagu sekarang, wah bagus nih lagunya, baru diputer 5 kali udah bosen... :D

    ReplyDelete
  13. setuju pak.
    ebiet sepanjang massa.

    menurutku paling bagus itu yang menjaring matahari. spiritual banget.

    salam.

    ReplyDelete
  14. memang luar biasa lagu satu ini, menggetarkan semua yang mendengarkannya.

    ReplyDelete
  15. @Aneka: Soal nama yang berbeda, mungkin merupakan hal yang lumrah dalam dunia entertainment hehe
    Ebiet G. Ade, kalau dari yang saya tahu, G adalah Ghoffar, sedangkan Ade merupakan sebutan yang di amblil dari nama orang tua beliau, Aboe Dja'far.

    ReplyDelete
  16. Pada mulanya Ebiet lebih ke musikalisasi.
    Album-album awal Ebiet enak karena aransmennya juga bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya suka secara keseluruhan, Paman
      Selain musiknya bagus, lirik-liriknya juga penuh makna :)

      Delete
  17. kalau saya suka semua nya...fans berat Ebiet

    ReplyDelete
  18. Suara yang mirip Ebiet G. Ade itu fatah dari idola cilik. Dia bisa menjadi penerus Ebiet G. Ade suara nya bagus khas 99% mirip suara nya.........

    ReplyDelete