Penikmat, Rasa Suka Dan Pendukung Klub Sepak Bola

 On July 28, 2012  

Antara Sepak Bola, SS Lazio, Manchester United, Dan Tottenham Hotspur

Klub Sepak Bola Favorit
Lazio, MU, Spurs
Sudah bertahun yang lalu saya mulai menyukai olah raga sepak bola, lebih tepatnya menyukai pertandingan sepak bola, terutama sepak bola internasional. Saya kurang begitu senang dengan bermain sepak bola, karena sejujurnya saya kurang pandai bermain sepak bola. Kata orang, biasanya yang suka sepak bola lebih sering pandai juga bermain sepak bola, tapi mungkin perkecualian buat saya.

Saya ingat, tim yang pertama kali saya dukung atau tim favorit saya adalah SS Lazio yang bermain di liga Italia. Waktu dulu saya berada di bangku STM, kebetulan saat itu grafik prestasi Lazio sedang baik dan liga Italia masih menjadi salah satu liga terbaik dunia. 

Seiring berjalannya waktu, perlahan liga Italia mulai meredup, dan liga Inggris menjadi liga yang semakin maju mengungguli liga Italia (menurut saya), dan perlahan Manchester United mulai mengisi hati, saya mulai mendukung tim ini. Namun, bukan berarti saya meninggalkan Lazio, karena sejatinya saya adalah pendukung Lazio, kemunculan klub lain tak bukan di karenakan ke sukaan saya pada sepak bola, dan saya anggap keberadaan klub favorit sebagai "motivasi" dan bumbu untuk menikmati atmosfer pertandingan sepak bola.

Dan beberapa tahun terakhir ini, perhatian saya pun tertuju pada tim yang sebenarnya kurang mempunyai tradisi juara, Tottenham Hotspur, semenjak di tukangi Harry Redknapp, permainan dan dinamika klub ini sering saya ikuti, apalagi banyak talenta hebat yang menghuni skuat Spurs. Hingga saat ini ditukangi Andres Villas-Boas, saya masih mengikuti perkembangannya. Ada harapan, semoga saja Spurs bisa berprestasi lebih, dan tak mungkin menjadi juara liga Inggris.

Klub sepak bola hanyalah sebuah motivasi untuk menarik minat, mengikuti perkembangan sepak bola secara umum mungkin lebih menjadi gambaran ke sukaan pada olah raga bola sepak. Soal klub sepak bola favorit, mungkin bisa berlaku jamak, saya bukan tipe pendukung fanatik, tapi saya mendukung dengan rasio dan rasa suka. Dan saya sebutkan di sini, jika di tanya klub sepak bola favorit, akan saya sebutkan secara runut: SS Lazio, Manchester United, dan Tottenham Hotspur, dan tidak menutup kemungkin masih akan mengalami perubahan. Bagaimana dengan Anda?.
Penikmat, Rasa Suka Dan Pendukung Klub Sepak Bola 4.5 5 Sukadi July 28, 2012 Menikmati dan rasa suka pada pertandingan sepak bola serta menjadi pendukung klub sepak bola Antara Sepak Bola, SS Lazio, Manchester United, Dan Tottenham Hotspur Lazio, MU, Spurs Suda...


11 comments:

  1. Saya juga bukan pendukung mania, jadi semisal 'Laga' besar dan masuk 10 besar mungkin saya memilih salah satunya.
    Kadang2 terlalu nge-fans juga berakibat buruk,.. cenderung terbawa emosional :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terlalu fanatik kadang efeknya juga kurang bagus menurut saya :)

      Delete
  2. Kecuali Barcelona saya juga suka mendukung tim-tim yang bukan langganan juara Kang. dulu di liga Inggris saya sempat ngefans ama Leeds United

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Kang, ada tim utama yang patut di dukung, selebihnya hanya untuk menyemangati diri hehe

      Delete
  3. liga spanyol ga ada yang disuka mas? padahal kan lagi hot persaingan antara madrid sama barca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, sepertinya belum ada klub di liga spanyol yang saya suka :)

      Delete
  4. Saya gak suka bola dan gak paham. Tapi dalam keterbatasan serapan saya memetik beberapa hal dari sepakbola profesional: sportivitas, etos kerja, etika, dan kesadaran untuk merawat bersama yang namanya industri olahraga.

    Kapan itu ada siapa pemain asing yang ke sini, saya baca selintas dia dan pemain lain sangat menjaga ucapan dan perialku di lapangan karena sadar bahwa penggemarnya juga anak-anak. Mereka harus memberi contoh. Kalau salah harus minta maaf kepada publik. Sungguh mulia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka pertandingan sepak bola, meskipun saya tidak pandai bermain sepak bola. :)

      Delete
  5. Mas...kalau saya lebih cenderung kepada pemain bukannya klub. Saat ini saya pendukung Manchester City karena ada Carlos Tevez....ga tahu deh kalau sampai dia dijual masih suka dengan the citizen ga yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya keberadaan pemain hanya sebagai penambah kesukaan, artinya bahwa saya akan semakin "bersemangat" kalau pada klub favorit saya juga ada pemain yang bagus :)

      Delete
  6. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete