Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

 On September 19, 2012  

Purbalingga adalah kabupaten yang menawarkan banyak alternatif tempat rekreasi untuk keluarga. Beberapa hari yang lalu (8/9/12), saya dan keluarga menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu tempat rekreasi di Purbalingga. Kalau sebelumnya saya pernah ke Owabong dan Sanggaluri Park, kali ini kami datang ke Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM). Lokasi terletak di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga.

Sebenarnya dulu saya pernah ke tempat ini, hampir empat tahun yang lalu, jadi sudah dua kali saya berkunjung ke tempat ini. Di sini, kita bisa melihat banyak hal, tapi yang terkenal atau yang menjadi ikon di sini adalah ikan raksaksa yang lebih dikenal dengan nama Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon. Purbasari Pancuran Mas pada awal dibukanya merupakan River World, namun saat ini sudah mengalami penambahan wahana, seperti taman burung dan unggas (bird park), taman air luncur (water boom), dan beberapa wahana lainnya.

Dari pengalaman saya, yang paling menarik adalah saat berada di aquarium raksasa, karena di dalam aquarium ini terdapat berbagai jenis ikan, dan salah satunya aadalah ikan raksasa (Arapaima Gigas). Untuk melihat ikan lebih dekat, ada lubang-lubang yang dibuat, sehingga nampak jelas bentuk ikan dan juga besar ikan tersebut. Selain itu, di sekitar aquarium besar ini juga ada aquarium lain yang berisi berbagai jenis ikan, yang tak kalah menarik mungkin ikan piranha yang terkenal ganas tersebut.

Wahana atau daya tarik wisata yang ada di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas antara lain: aquarium air tawar, taman burung (bird park), kolam renang dan water boom, wisata praon/wisata air, tempat pertemuan, konservasi rusa, dan saya lihat kemarin, sedang ada pembangunan wahana baru. Sedangkan fasilitas yang ada antara lain: kios souvenir, hall & gasebo, tempat makan, toilet & musholla, parkir luas yang berada dalam lokasi, serta panggung hiburan.

Meski cukup melelahkan mengelilingi begitu banyak daya tarik, tapi saya merasa senang dapat mengajak keluarga (terutama si kecil) ke tempat ini. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencari alternatif tempat rekreasi untuk keluarga, silahkan berkunjung langsung ketempat ini, sekalian nanti mampir ke Sanggaluri Park, karena memang jaraknya tidak terlalu jauh.


Purbasari Pancuran Mas Purbalingga 4.5 5 Sukadi September 19, 2012 Tempat rekreasi Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas di Kabupaten Purbalingga Purbalingga adalah kabupaten yang menawarkan banyak alternatif tempat rekreasi untuk keluarga. Be...


10 comments:

  1. Kemarin lebaran hari ketiga saya juga liburannya disana mas, pertama di sumber telaga sing gratis baru di lanjutkan ke purbasari. Rencana si mau main air tapi pas nyampe di kolam kok kayak kolam bebek jadi ga jadi nyebur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga tidak nyebur kok mas, cuma jalan-jalan aja, untuk ukuran anak-anak, tentunya akan senang kalau lihat ikan atau tempat lain di purbasari. :)

      Delete
  2. berbagi kata-kata motivasi mas broo
    Orang yang berpikiran negatif selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, Sedangkan orang sukses selalu mencari kesempatan dalam setiap kesulitan.
    semoga bermanfaat, salam kenal dan ane tunggu kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete
  3. saya sudah 5 tahun tidak pulang kampung ke Tumanggal-Pangadegan masih berjuang ngumpulin sangune..
    Kangen juga suasana purbalingga yang memilki banyak objek wisata yang menyenangkan :)

    ReplyDelete
  4. Purbayasa, hampir tiada hari saya gak lewat situ, secara itu jalur utama saya ke kampus wkwkwk... :P

    Haji Sarimun bener-bener hebat, punya gagasan membangun tempat wisata di Purbalingga.

    Btw, ada juga loh lagu tentang Purbasari Aquarium-nya :)
    http://youtu.be/DH8Hr13htLY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru dua kali kesana mas, itu pun degan rentang waktu yang lama hehe

      Delete
  5. sama kayak yang owabong ini mas, belum pernah maen keluar luar saya :D
    nice lah gan :)

    ReplyDelete
  6. setahu saya ikan Arapaima adalah salah satu ikan tawar terbesar :)

    ReplyDelete
  7. wahh keren juga ya tempat rekreasi di purbalingga, kapan kapan mampir deh...
    makasih infonya gan.

    ReplyDelete