Catatan 2012: "Kiamat" Mungkin Saja Datang Lagi

 On December 28, 2012  

Tahun 2012 sudah hampir berlalu, tahun 2013 segera menjelang. Banyak cerita, terutama tentang politik, keresahan, korupsi, kisruh, kiamat, dan masih banyak lagi. Mungkin banyak yang beranggapan kalau 2012 tak banyak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Kemenangan Jokowi-Ahok
Tahun 2012 merupakan tahunnya baju kotak-kotak, dimana keberhasilan Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama (Jokowi-Ahok) memenangi pemilukada DKI Jakarta dan menduduki kursi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta menjadi momen fenomenal. Jokowi-Ahok yang tak diunggulkan berhasil menduduki kursi tertinggi di provinsi DKI Jakarta dengan mengungguli pasangan lain, salah satunya pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) lewat pertarungan sengit di dua putaran pemilihan.

Baju kotak-kotak menjadi tren, tak hanya di Jakarta saja, di luar Jakarta pun sering menghubungkan pengguna baju kotak-kotak dengan Jokowi. Dan di awal kepemimpinannya, Jokowi-Ahok membuat berbagai gebrakan, meski mengundang pro dan kontra. Yang pasti, kemenangan Jokwi-Ahok dan baju kotak-kotak a la Jokowi merupakan catatan penting dalam perpolitikan di Indonesia di 2012.

Sepak Bola Indonesia
Tahun 2012 masih menyisakan catatan buruk dalam persepakbolaan nasional, kisruh di tubuh PSSI tak juga selesai, bahkan malah semakin parah dengan adanya dua induk organisasi (PSSI vs KPSI) dan dua liga yang di gulirkan (ISL vs IPL). Keruwetan yang terjadi berimbas pula pada prestasi sepak bola Indonesia yang kian terpuruk, memilukan memang. Banyak yang memperkirakan adanya kepentingan-kepentingan dibalik keruwetan ini sehingga tak juga terselesaikan permasalahannya.

Masih segar dalam ingatan dimana timnas Indonesia yang bertarung diajang Piala AFF 2012 gagal total, Bambang Pamungkas dkk hanya sampai babak penyisihan grup. Lagi-lagi kisruh di sepak bola nasional layak jadi kambing hitam, para pemain yang berlaga di Piala AFF 2012 merupakan para pemain "seadanya", mereka adalah pemain yang berlaga di kompetisi IPL, kecuali Bambang Pamungkas yang merupakan satu-satunya pemain yang bermain di ISL.

KPSI yang merupakan "PSSI tandingan" tak mengijinkan para pemain yang berlaga di ISL untuk memperkuat timnas yang berlaga di Piala AFF, padahal yang dibawa saat laga internasional adalah nama Indonesia. Dan jangan lupakan pula, keberuntungan yang didapat PSSI dan sepak bola Indonesia pada umumnya, ditengah ancaman sanksi dari FIFA akhirnya untuk yang kesekian kalinya Indonesia lolos dari sanksi FIFA. Apakah batas waktu sampai bulan Maret 2013 yang diberikan FIFA akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk menyelesaikan permasalahan sepak bola Indonesia?, entahlah, kita nantikan saja perkembangannya.

Korupsi, Cicak, Buaya
Korupsi masih menjadi hidangan hangat di Indonesia, berbagai kasus silih berganti terkuak, meski penyelesaiannya kadang mengecewakan. Kalau dulu ada cicak vs buaya, di 2012 juga muncul kembali istilah cicak vs buaya jilid 2, terjadi pro-kontra soal penanganan kasus dugaan korupsi di kepolisian soal kasus simulator SIM, lagi-lagi KPK harus berhadapan dengan kepolisian.

Itu baru satu kasus ditengah banyak kasus korupsi lainnya yang semakin bertambah, sebut saja kasus Hambalang sebagai contoh lainnya. Apakah itu saja?, tidak, saya tak perlu sebutkan karena memang saya tidak menghafal kasus korupsi yang terjadi dan yang terungkap, selain malas membahasnya, saya juga tak ingin salah sebut. Pokoknya banyak dan masih banyak lagi.

Tawuran
Meski bukan hanya di tahun 2012 saja, tapi di tahun ini tawuran juga sudah meresahkan sampai tahap memprihatinkan, tak hanya tawuran antar pelajar, tapi juga antar kelompok. Korban harta dan korban jiwa pun jatuh, dan hal tersebut tak juga bikin jera karena masih ada saja tawuran yang terjadi. Bahkan, jika masuk dalam konteks lainnya, tawuran yang tidak menggunakan kontak fisik pun juga terjadi di dunia sepak bola dan politik, ada yang saling serang, ada yang saling menyalahkan, ada yang di pecat, ada yang merasa paling benar, benar-benar meresahkan.

Kiamat 2012
Khusus soal "kiamat", barangkali bulan Desember 2012 merupakan "puncak" keresahan bagi sebagian orang. Hal ini saya dasarkan pada beberapa percakapan, berita-berita di koran, televisi, dan juga di internet yang banyak yang membahas mengenai isu kiamat, dan bahkan banyak pula yang membesar-besarkannya.

Mengenai ramalan kiamat memang sudah diterbitkan dalam bentuk buku, dan juga dibuat film-nya, dan buku serta film mengenai ramalan ini sama-sama laris. Meski tak terbukti, namun ternyata ada yang meraup banyak untung dari isu kiamat ini. Pada tahun ini muncul angka-angka yang menjadi pokok keresahan diantara nagka lainnya, sebut saja 2012,  121212, 211212, dan barangkali penggabungan antara tanggal, bulan, tahun, yang terkesan "angka cantik".

*****

Banyak peristiwa yang tak terangkum dalam ingatan dan pengetahuan saya, dan yang pasti kita berharap di tahun 2013 nanti akan terjadi perubahan kearah yang lebih baik. Tapi tetap waspada, "kiamat" mungkin saja datang lagi, saya tak berbicara dalam konteks kiamat yang sesungguhnya, karena itu masih jauh dari pengetahuan dan ilmu saya, yang saya maksud kiamat mungkin datang lagi adalah adanya isu dan hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

Tentu kita tak berharap korupsi terus merajalela di negeri ini, kita tak ingin Indonesia kena sanksi FIFA karena kisruh sepak bola nasional tak kunjung selesai, dan tentunya kita tak mengingkan hal buruk lain terjadi pada diri kita dan bangsa ini. Jadi, mari kita jadikan 2012 yang akan segera berlalu menjadi cermin dan bahan koreksi agar di tahun 2013 dan tahun-tahun berikutnya kita dan bangsa Indonesia bisa lebih baik lagi. Amin.

Selamat Tahun Baru 2013
Catatan 2012: "Kiamat" Mungkin Saja Datang Lagi 4.5 5 Sukadi December 28, 2012 Tahun 2012 sudah hampir berlalu, tahun 2013 segera menjelang. Banyak cerita, terutama tentang polit...


14 comments:

  1. berdoa aja di tahun 2013 segalanya bisa jadi jauh lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... semoga saja demikian :)

      Delete
  2. walau tidak jadi kiamat beneran sebenarnya bumi pertiwi kita sudah kiamat dna sampai saat ini api kiamatnya masih berkobar-kobar, nggak tahu ya untuk tahun 2013 apa akan semakin besar dan melebar
    oiya selamat tahun baru 2013 untuk anda dan pembaca anda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat tahun baru 2013, semoga Indonesia baik-baik saja :)

      Delete
  3. semoga ditahun 2013 ini, tidak ada bencana menimpa Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. semoga Indonesia baik-baik saja :)

      Delete
  4. kiamat kecil berupa merajalelanya korupsi, jangan lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lagi ada korupsi di negeri ini! (semoga saja)

      Delete
  5. seperti yg diprediksi para pakar thn baru ini akan semakin banyak kisruh karena akan menjadi tahun politik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi demikian, persiapan buat 2014, melanjutkan kisruh di 2012.. tapi semoga saja prediksi itu tidak terjadi

      Delete
  6. semoga ditahun ini, tidak terjadi kisruh lagi

    ReplyDelete
  7. Apa yang terjadi di tahun 2012 seharusnya menjadi cermin kita semua untuk melakukan yang lebih baik di tahun 2013. Tak sepatutnya sesuatu yang mendera bangsa ini menjadikan kita terus dirundung kesedihan.
    2013 adalah tahun kebangkitan kita semua. Dan ini momen tepat untuk mengubah kondisi bangsa ini menjadi lebih baik.

    Dalam skala kecil, saya sudah beritikad untuk jauh lebih baik. Kita saling mendoakan saja, semoga Alloh SWT menolong kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa belajar dari tahun yang sudah berlalu, semoga saya, kita, dan Indonesia pada umumnya bisa lebih baik lagi.

      Semoga Alloh SWT menolong kita semua. Amin

      Delete
  8. Semoga tahun ini lebih baik, lebih sukses, dan Indonesia makin baik...

    ReplyDelete