Depot Jamu Kirun

Foto: Bagio, Kolik, Kirun
Depot Jamu Kirun, demikian acara yang dulu sangat populer di desa saya. Acara komedi yang tayang di TVRI Surabaya ini begitu menyedot antusiasme pemirsa setia TVRI, meskipun tayang seminggu sekali. Ya, kalau tidak salah ingat setiap Sabtu malam (malam minggu) acara lawakan dari trio Kirun, Kolik, Bagio menghiasi layar kaca TVRI Surabaya.

Kebetulan, waktu dulu belum banyak stasiun televisi swasta, atau mungkin di desa kami belum bisa menyangkan stasiun televisi selain TVRI, karena keterbatasan. Acara yang mengambil setting disebuah depot jamu ini cukup sukses mengocok perut pemirsanya, polah Kirun, Kolik, dan Bagio yang menyajikan lawakan segar ditambah dengan para pemain pendukung lainnya cukup memberi hiburan yang menyenangkan.

Dari referensi yang saya baca di forum.detik, Depot Jamu Kirun pertama kali ditayangkan tanggal 1 Mei 1993 oleh TVRI Surabaya. Kirun dipasang sebagai pemilik warung jamu yang berdialog dalam gaya Mataram, didampingi dua pegawainya. Bagio yang juga bergaya Mataram dan Kholik yang bertutur dalam dialek Jawa Timur dengan ceplas-ceplosnya yang khas. Lewat ketiga pelawak itu, pesan-pesan disuarakan dalam kemasan humor “wong cilik” yang segar, tanpa beban bahwa pesan itu harus sampai. Tidak hanya itu, ketiganya juga dapat berganti peran menjadi “seseorang” untuk mengangkat permasalahan tertentu.

Namun, seperti acara televisi lainnya, eksistensi acara ini pun mulai tekikis seiring berjalannya waktu. Menurut saya, serbuan acara yang kian bervariasi dari stasiun televisi swasta turut andil dalam mundurnya popularitas acara ini. Namun demikian, hingga kini saya merasa bahwa acara Depot Jamu Kirun merupakan acara televisi yang masih melekat di hati pemirsanya, bukan hanya bagi warga Jawa Timur saja, namun kami yang berada di Jawa Tengah yang saat itu bisa menikmati juga turut merasakan nostalgia lawakan trio Kirun, Kolik dan Bagio.

Berikut video lawakan Kirun, Kolik, Bagio dalam lakon Dukun Calak yang saya ambil dari youtube:

*gambar dari tanahmerah.wordpress.com

10 Comments:

  1. Kalo dulu saya sukanya acara Mbangun Deso di TVRI Semarang yang tokoh utamanya Den Baguse Ngarso. Sekarang gak ada acara gitu lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun demikian, ada Kuriman, Sronto, Pak Bina, yang dulu menjadi tokoh dalam acara ini. Acaranya sekarang tidak ada lagi, padahal cukup bagus muatan di dalam cerita-ceritanya.

      Delete
  2. jarang liat tvri, jadi gag tau. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini acara lama, tahun 90-an waktu TV swasta belum terlalu banyak :)

      Delete
  3. Kalo ga salah waktu jaman sd dulu pernah nonton acara ini dlm bahasa indonesia dgn logat jawa. Lawakan masa kecil ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah kurang tahu versi bahasa indonesianya, dulu acara ini tayang di TVRI Surabaya.

      Delete
  4. mari bernostalgia ria..

    ReplyDelete
  5. wah klo trio yg ini saya ngefan bngt... Terutama bagio....lawan mereka seperti tanpa skrip,mengalir bgt aja..bahkan saya pernah menjiplak lawak'an mereka untk acara 17 agustusan..

    ReplyDelete