Ayo Ngeblog, Kawan!

 On July 26, 2013  

Sudah sering saya mengajak teman-teman saya untuk membuat sebuah blog, tujuan saya diantaranya ingin menunjukkan pada mereka kalau internet itu bukan hanya bermain-main dengan jejaring sosial saja. Banyak teman-teman saya yang hampir setiap hari online, namun biasanya yang sering diakses adalah situs jejaring sosial, terutama facebook. Tak salah memang, tapi apa salahnya kalau mencoba "permainan" baru yang namanya blog.
Memang tak semua teman tertarik, ada bermacam alasan, tapi saya pun tak patah arang. Dengan berbagai cerita manis saya rayu mereka, dengan bermacam contoh saya semangati mereka, namun ternyata masih saja tak semudah yang saya bayangkan. Ternyata masih banyak yang awam dan gamang mengenai apa itu blog dan bagaimana itu ngeblog. Meski saya juga masih bodoh, namun semampu saya mencoba meyakinkan mereka.

Ada beberapa teman yang mulai tertarik, ada yang sudah memulai membuat sebuh blog meski masih meraba dan berada dalam kebingungan. Tak apa, kira-kira begitulah saya waktu dulu memulai ngeblog. Saya sadar kalau merubah sudut pandang itu tak mudah, saya pun tak punya tendensi apapun kecuali melihat kawan-kawan saya menikmati betapa asiknya ngeblog itu. Sukur-sukur mereka mampu memperoleh sesuatu yang berarti dari aktifitas ngeblog, tak melulu soal materi, namun kepuasan batin.

Saya masih kurang bisa memahami apa yang ada dalam benak kawan-kawan saya tersebut, mungkin saja mereka sudah kena doktrin tentang cerita manis saya soal beberapa hal yang bisa diperoleh dari ngeblog. Dan disinilah saya harus mulai menjejali mereka dengan cerita pahit, agar terjadi keseimbangan, dan tak terjadi kekecewaan sesudahnya.

Dulu awal saya mulai pun demikian, seperti yang pernah saya ceritakan disini, ada semangat namun tak membuah hasil seperti yang saya harapkan, yang ternyata menimbulkan kecewa karena orientasi saya ingin memperoleh profit, seperti apa yang saya baca dalam sebuah buku. Pasang surut saya alami, dan dalam perjalanannya semua dapat saya jadikan pelajaran, ngeblog itu hanya perlu dinikmati, selebihnya hanyalah sebuah efek dari rasa nikmat tersebut. Jadi, bagi yang belum, yang ingin, atau yang sudah tapi sedang surut, ayo ngeblog, kawan!. Nikmati saja. :)
Ayo Ngeblog, Kawan! 4.5 5 Sukadi July 26, 2013 Sudah sering saya mengajak teman-teman saya untuk membuat sebuah blog, tujuan saya diantaranya ingi...


25 comments:

  1. Bener banget.. Ayo ngeblog kawan.. Kunjungi blog saya juga ya kawan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, tunggu kunjungan saya, kawan.. :)

      Delete
  2. Yup, ngeblog itu harus dinikmati.

    Kalo saya sih ngeblog buat refreshing dari dunia nyata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun tujuannya, yang penting dinikmati saja :)

      Delete
  3. Memang sulit pak untuk mengajak teman untuk belajar blogging. Hal itu disebabkan, tidak semua orang mempunyai minat menulis yang sama dan daya kreativitas yang sama.

    Seperti kita tahu bahwa blog, itu membutuhkan skill menulis, karena blog itu ibarat buku putih yang harus di isi dengan karya tulis kita. Kalau orang tidak punya skill menulis, akibatnya mereka copy-paste. Atau mungkin blog nya malah terbengkalai.

    Selain itu, daya kreativitas juga perlu dan penting diperhatikan. Ini dalam kaitannya dengan bagaimana mendesain blog secara baik agar enak dan indah ketika dipandang, dan bagaimana mengaturnya agar tertata rapi.

    Mungkin itu menurut saya pak. By the way terimakasih banyak ats share nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak sudut pandang tentang blog, ada yang "sibuk" memperhatiakn kualitas tulisan, "sibuk" otak atik tampilan, dan semua tak keliru.

      Sama halnya dengan meraka yang ngeblog karena ingin, tak peduli dengan tulisan dan desain blog mereka, yang penting nikmat dan dapat dinikmati.

      Salam

      Delete
  4. padahal kalau sudah ngeblog bisa ngasilin duit juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau tak semua dan selalu demikian, yang penting dinikmati :D

      Delete
  5. Jika sy sebaliknya bro, banyak abg yg minta diajarin ngeblog, cuman ya suatu keasikan dari ngeblog itu hanya bisa didapat jika sudah terjun dan terbiasa untuk ngeblog.

    Sebagai langkah awal sy perkenalkan mereka dgn tumblr, pada layanan miniblog ini kita jg bisa ngeblog sambil berjejaring sosial, lumayan lah 2-3 bulan berikutnya pada pindah ke blogspot dan wordpress untuk lebih profesional.

    Jadi intinya tergantung kita yang jadi mentor aja bang, orang2 yg terbiasa berjejaring sosial sebisa mungkin harus belajar ngeblog dari layanan blog paling standar tapi dengan manfaat yang sama dengan jejaring sosial, bertahap gt lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tak mengajari, namun lebih kepada belajar bersama, dengan platform blog yang saya anggap mudah seperti saat saya mulai belajar ngeblog dulu, rasa-rasanya lebih dapat dimengerti ketimbang dengan platform blog yang masih "asing" :)

      Delete
  6. hayu kang, kita nge-blog lebih intens lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuh.. tapi lagi menurun semangat nih kang, moga-moga segera normal dan lebih intens lagi :)

      Delete
    2. Ayo semangat kang, saya juga baru (bisa) aktif ngeblog lagi nih :D

      Delete
  7. Awalnya hanya mencoba dan penasaran, eh lama-lama ngeblog enak juga. Makanya saya berprinsip, ngeblog adalah sarana belajar berwawasan dan menjalin silaturahim dengan siapa saja, serta sebagai rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak hal yang bisa diperoleh dari blog, selain dapat kesenangan batin, bisa juga buat nambah wawasan teman, dan menjalin silaturahmi. Pokoke ngeblog asik ya Kang.. :)

      Delete
  8. ngblog harus jadi kebutuhan primer agar kita tambah pinter, seperti sayah gituh loh, dengan ng'blog saya punya istri yang cantik, anak2 yang sehat(alhamdulillah), dan bisa renovasi rumah loh....
    tapi jangan juga gara-gara ng'blog malah jadi eror kaya sayah inih gituh...mau tau kenapa saya dikenal blogger eror?...akang harus gabung dulu ke komunitas KPK...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. ikut senang mendengar pernyataan anda, bisa dapat banyak hal dari ngeblog :D

      Delete
  9. ngeblog itu memang mengasikan walaupun kadang saya masih suka bingung dalam membikin postingan..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah bingung mas, nikmati saja :)

      Delete
  10. Betul, saya juga mulai mengajak adik saya untuk mencintai menulis. Padahal dia menginginkan untuk belajar bagaimana menggunakan FB. Saya larang keras, karena usianya belum pantas untuk mengenal itu

    ReplyDelete
  11. Mungkin mereka itu belum punya motif dan atau ngga tau juga tujuan ngeblog buat apa..jadinya ya ga tau manfaatnya sehingga mikir ngeblog itu kegiatan wasting time.

    Saya sendiri sih malah asik ngeblog, itung-itung diary :D

    ReplyDelete
  12. Sebuah perjuangan yang sama, yang pernah saya alami, bahkan sampai sekarang pun masih sama, mengajak orang untuk membuka pikiran akan hal yang mereka belum sadar dengan besarnya manfaat.
    bagi kita-kita yang sudah paham manfaat dari Blogging pasti tidak akan bosan bosan mengajak mereka untuk mengalihakn kebiasan mereka dalam mengakses internet yang sia sia dengan mengganti kepada kegiatan internet yang lebih bersifat positif, seperti halnya Blogging.
    Sama hal nya seperti yang saya alami dalam mengajak masyarakat untuk melek akan pentingnya ASURANSI, banyak nya pandangan negatif dan penolakan tidak menjadikan saya bosan untuk mengajak mereka dari hal yang bermanfaat

    salam kenal, senang berkunjung di blog yang informatif seperti ini

    DAVID RAJA
    www.DavidRaja.com

    ReplyDelete
  13. Musuh paling bebuyutan blogger adalah rasa bosan.

    ReplyDelete
  14. ternyata saya baru menyadari ternyata aktifitas bloging menyenangkan, untuk menulis artikel sederhana saja sehari belum tentu kelar hehehe. kaya bloger pemula seperti saya.salam knal mas

    ReplyDelete