Saptuari Sugiharto Dan #SedekahRombongan

 On December 19, 2013  

Awalnya saya tidak sengaja mengetahui siapa itu Saptuari Sugiharto, meski sebenarnya di internet sudah banyak referensi tentang pengusaha muda dari Jogja ini, mungkin karena saya kurang gaul hingga ketinggalan informasi. Saya tahu dia ketika secara kebetulan mencari referensi tentang Emha Ainun Nadjib di google, dan disana saya temukan referensi link yang mengarah ke sebuah posting di blog www.saptuari.com, yang tak bukan adalah blog milik Saptuari Sugiharto. 
Saptuari & Putri Herlina
Memang belum banyak tulisan yang ada di blog tersebut, meski usia blog sudah terhitung lama. Namun setelah membaca beberapa postingannya, saya menjadi enggan beranjak dari blog itu, tulisan-tulisan yang ada disana sangat menginspirasi, salah satunya adalah kisah tentang Putri Herlina, seorang gadis cantik yang memiliki kekurangan fisik berupa kedua tangan yang tidak sempurna. Sejak kecil Putri Herlina tinggal di panti asuhan Sayap Ibu Jogja. Nah, dari tulisan inilah akhirnya "lahir" sebuah gerakan yang sungguh mulia, sangat menginspirasi dan luar biasa, #SedekahRombongan.

Apa itu #SedekahRombongan?

Sedekah Rombongan bermula ketika Saptuari menulis di www.saptuari.com tentang Putri Herlina bulan Juni 2011, kemudian respon dari pembaca blog tersebut sangat baik, SMS dan mention twitter masuk terus yang hampir semuanya ingin nitip sedekah. Ada yang meminta untuk diberikan ke Panti-Panti Asuhan yang ditinggali bayi, ada juga yang minta diberikan kepada siapapun yang membutuhkan. Saptuari merasa seperti mendapatkan amanah dari langit untuk kepercayaan tersebut, karena merasa begitu banyak orang yang belum pernah ketemu dan hanya berjumpa di dunia maya namun rela untuk berbagi dan percaya bahwa sedekahnya akan sampai kepada yang berhak.

Usai menuliskan untuk pertama kali tentang pengumpulan bantuan untuk Panti Asuhan Sayap Ibu pada tanggal 9 Juni 2011, dan bantuan pertama dari pembaca blog www.saptuari.com diserahkan pada tanggal 13 Juni 2011, ternyata langkah itu tidak berhenti. Banyak yang terus menitipkan sedekahnya untuk disampaikan kepada mereka yang berhak. 

Setelah direnungkan, akhirnya Saptuari memutuskan melanjutkan gerakan tersebut dengan nama #SedekahRombongan (dengan bentuk Hastag yang mudah dikenali di Twitter), ada dua rekening khusus yang dibuat di bank yang memang hanya boleh ditransfer untuk donatur #SedekahRombongan, bukan untuk rekening Bisnis.

Kawan-kawan Saptuari pun bemunculan untuk mendukung gerakan ini, setiap hari ada saja yang terus memberikan dananya, baik melakukan konfirmasi atau tidak. Sumbangan yang masuk semua tercatat di mutasi yang rutin direkap. Tanggal 9 Juni 2011 pun diputuskan sebagai hari kelahiran #SedekahRombongan.

Rekan-rekan Saptuari pun diajak untuk menjadi Relawan sukarela dalam gerakan ini. Mereka tidak digaji, bahkan biaya bensinpun mereka tanggung sendiri. 100% Dana #SedekahRombongan disampaikan untuk Para Duafa yang menjadi sasaran! Pada saat penyerahan juga muncul sukarelawan dadakan yang ikut mendukung gerakan ini, mereka semua ikhlas turun kelapangan tanpa mendapatkan imbalan…

Dalam perjalanannya, mulai dikerucutkan siapa saja yang bisa menjadi sasaran penerima #SedekahRombongan berdasarkan prioritas yaitu:
  1. Panti Asuhan Anak Cacat
  2. Panti Asuhan Bayi Terlantar
  3. Panti Asuhan Yatim Piatu
  4. Janda-Janda tua dhuafa
  5. Anak-Anak/Dewasa/Orangtua Sakit dan tidak mampu
  6. Biaya sekolah Anak Yatim dan Duafa
  7. Pondok Pesantren yang sedang dibangun/kekurangan
  8. Mushola/Masjid yang sedang dibangun
  9. Kebutuhan alat ibadah (Quran, Sarung, Mukena dll.)

#SedekahRombongan juga memiliki visi dalam bentuk penjelasan identitasnya: “Ini adalah Sedekah Jalanan, ini tentang obat yang belum terbeli, beras dan lauk yang belum terbayar… tentang susu dan makanan bayi yang habis esok hari, juga biaya sekolah yang masih tertunda… juga tentang bangunan panti, pondok, tempat tinggal bersama yang harus ditambah luasnya…” #SedekahRombongan menyampaikan titipan dari langit, tanpa perlu rumit, sulit, dan berbelit-belit!”
'Laporan' di sedekahrombongan.com
Dana bantuan yang disalurkan oleh tim #SedekahRombongan semua terdokumentasikan, ada foto saat penyerahan dan nilai nominal bantuan, dan setelahnya semua akan dipublikasikan dalam web www.sedekahrombongan.com. Laporan keuangan pun juga ada disana, termasuk juga para relawan yang turut menjadi bagian tim #SedekahRombongan.

Nah, dari gambaran diatas jelas sudah bagaimana sosok Saptuari Sugiharto dan gerakan #SedekahRombongan yang begitu mulia. Tak ada tendensi, tak ada motivasi untuk pamer kebaikan, semua penuh keikhlasan, semua lahir dari inspirasi, dari kisah Putri Herlina dan akhirnya lahirlah #SedekahRombongan. Untuk lebih jelasnya mengenai #SedekahRombongan, Anda bisa mengunjungi website www.sedekahrombongan.com. Ayo ikut bergerak dan berbagi, bisa melalui rekening dibawah ini:

(Rekening KHUSUS #SedekahRombongan)
Rek BCA: 456-492-1400
Rek Mandiri: 137-00-8979-8900
a/n Saptuari Sugiharto

*********

Pernikahan Putri Herlina & Reza Soemantri
Tak hanya sampai disitu, setelah tulisan di blog Saptuari tentang Putri Herlina dibaca banyak orang, beberapa media datang ke panti itu meliput aktivitasnya. Seperti bola salju, Putri Herlina yang dulu tidak dikenal, sekarang muncul di beberapa acara TV. Dia juga mendapat penghargaan salah satu wanita inspiratif dalam sebuah award. Entah berawal dari tulisan Saptuari tentang Putri Herlina atau tidak, saat ini Putri Herlina telah menemukan pasangannya, Reza Hilyard Soemantri, anak seorang mantan deputi gubernur Bank Indonesia Maman H Soemantri. Anda bisa membaca kisahnya di blog Saptuari : Tuhan Maha Sutradara.

Catatan:
Referensi tulisan dan foto-foto saya dapat dari www.saptuari.com dan www.sedekahrombongan.com.
Saptuari Sugiharto: @Saptuari
Semoga bisa menginspirasi kita semua. Amien.

*******

Saptuari Sugiharto Dan #SedekahRombongan 4.5 5 Sukadi December 19, 2013 Awalnya saya tidak sengaja mengetahui siapa itu Saptuari Sugiharto, meski sebenarnya di internet su...


39 comments:

  1. aku juga suka nitipin ke sana, kak. semoga makin banyak yang menitipkan sedekahnya ke sedekah rombongan. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. gerakan seperti inilah yang patut di contoh, tanpa tendensi, bergerak dan berjuang 'mencari muka' dihadapan Tuhan.
      terimakasih Mbak.

      Delete
  2. ya,saya pernah nonton di cara hitam putih tentang putri ini,,luar bias amemang,,jodoh sudah ada yangmengatur tinggal kita yang memperbaiki diri..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyesuaikan dengan tingkat kepantasan kita, begitu? :)

      Delete
  3. wah saya benar-benar baru tahu informasi ini, terima kasih, mungin nanti saya juga akan menyempatkan sedekah ke #sedekah rombongan

    sangat menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat, semoga niat Anda dicatat sebagai amal kebaikan. :)

      terimakasih

      Delete
  4. Saya baru dengar nih tentang sedekah rombongan. *kurang gaul :D
    Ohiya, kirimin nomor hape dong. Insya Allah ntar saya kirimin pulsa Rp 10.000, karena udah menang di kuis saya tempo hari :)
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. link-nya di sini http://try2bcoolnsmart.wordpress.com/2013/12/19/dua-puluh-enam-ribu-dibayar-tunai/

      Delete
    2. Sekarang sudah gaul, kan?
      no HP sudah saya kirim lewat email.
      Trimakasih :)

      Delete
  5. Berawal dari sebuah tulisan akhirnya muncul banyak kebaikan yang hadir setelahnya.. sangat menginspirasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. :)

      Delete
  6. Saya melihat sosoknya pertama kali di acara Kick Andy. Sosok pengusaha muda yang sukses. Tidak hanya mencari untung namun juga gemar berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung saya jarang nonton TV, makanya saya ketinggalan informasi tentang beliau :)
      Terimakasih

      Delete
  7. wah benar benar inspiratif ya mas. saya baru tau tentang sedekah rombongan. Mungkin kalau ada sedikit rezeki saya ingin menyumbang. Mba putri herlina emang wanita yang pantang menyerah ya. beliau tidak pernah menyerah dan selalu berusaha agar impiannya tercapai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibaca sejarahnya, perjalanan #SedekahRombongan hanya berawal dari hal yang "kecil", dan ternyata dapat melahirkan gerakan yang luar biasa seperti #SR.
      Putri Herlina dapat menjadi contoh tauladan bagi kita semua.

      Delete
  8. berasa pernah nonton di kick andy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Saptuari Sugiharto memang pernah menjadi tamu di acara Kick Andy

      Delete
  9. Kisah dalam blog Saptuar sungguh luar biasa, salah satunya melahirkan gerakan #SR
    Semoga bisa menjadi teladan dan memotivasi kita untuk lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa mengambil contoh dan memotvasi kita untuk lebih baik lagi

      Delete
  10. banyak orang inspiratif dan peduli di sekitar kita. semoga saya bisa mencontoh mereka. salam kenal dan semoga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa mencontoh mereka,
      Salam kenal dan semoga saya bisa menang. :)
      Terimakasih

      Delete
  11. Memang mas ide dari mas saptuari ini mengingatkan kita bahwa dengan sedekah uang kita tidak akan habis, malah akan bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya salut dengan beliau, banyak hal yang bisa kita ambil dari teladan mas Saptuari.

      Delete
  12. Saya lebih kuper lagi mas, baru kali ini tahu Saptuari Sigiharto itu, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukurlah, lebih baik terlambat daripada tidak tahu sama sekali :)

      Delete
  13. Jodoh memang ditangan Tuhan. Selamat kepada Putri Herlina & Reza Hilyard Soemantri semoga menjadi keluarga yang sakinah sampai akhir hayat.

    ReplyDelete
  14. Subhanallah, suatu gerakan yang mulia ... semoga semakin banyak yang peduli! Aamiin!

    ReplyDelete
  15. mantap .... semoga Putri Herlina & Reza Hilyard Soemantri semoga menjadi keluarga yang sakinah . aamiin

    ReplyDelete
  16. Mas Sukadi.... sepertinya ini sudah masuk ke hitam putih ya?

    ReplyDelete
  17. wah sepertinya saya juga baru tahu nih

    ReplyDelete
  18. Saya suka visinya : "Tanpa perlu rumit, sulit dan berbelit-belit..."
    Konsep yang sederhana dengan efek yang luar biasa... semoga diberi kemudahan oleh Yang Maha Memudahkan, amiiin...

    ReplyDelete
  19. Walau mungkin sudah ada yang berkomentar seperti ini, tapi saya juga suka visi SR, berapapun yang kita sedekahkan, ya segitulah yang disalurkan. Masya Allah para kurir SR itu yakin bahwa mereka akan dapat 'gaji' langsung dari Allah, jadi tidak perlu memotong uang yang disedekahkan...

    ReplyDelete
  20. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete