Kangen Itu Lebih Dari Sebuah Lagu

"Semua kata rindumu semakin membuatku tak berdaya...menahan rasa ingin jumpa..." Saya ingat lirik lagu itu. Ya, saya cari di folder dalam laptop, lagu yang dulu populer dinyanyikan oleh Dewa 19 dan di aransemen ulang untuk dinyanyikan oleh Chrisye & Sophia Latjuba, kalau tidak keliru. Ketemu. Kutemukan lagu itu, Kangen, kuputar dan ternyata serasa dengan saya, pas.

Tak perlu diceritakan, rasa rindu itu tak bisa dideskripsikan dengan tepat. Apa yang ada dalam lirik lagu hanya sekedar sedikit penggambaran, sedikit saja, selebihnya adalah apa yang tersembunyi di dalam hati.


Meski terkesan sepele, namun tak mudah untuk membuat penggambaran tentang rasa rindu. Salah-salah malah bisa jadi perdebatan. Pernah saya mendengar seorang cewek yang mengatakan bahwa rasa rindu sangatlah menyiksa, seperti apa yang dia katakan: sedino koyo setahun, telung dino koyo mati-matio. Yang artinya kurang lebih: sehari seperti setahun, tiga hari seperti mau meninggal. Berlebihan?, mungkin tidak.

Dalam buku Jiwo J#ncuk, Sujiwo Tejo menulis tentang rindu dalam puisinya yang berjudul Puncak Kangen Paling Dahsyat. Penggalan puisinya kurang lebih demikian:
Puncak kangen paling dahsyat ketika dua orang tak saling menelepon
tak saling SMS
BBM-an
dan lain lain tak saling
namun diam diam keduanya saling mendoakan
Pernah saya menulis sebuah SMS, dulu, agak panjang memang, tapi masih sempat saya arsipkan tulisannya, kurang lebih demikian:
Bila rindu merajam kekasih, telfonlah aku dengan Fatihah. Biarkan sayap-sayapnya terbang, dan Sang Pemilik Kehidupan membukakan pintu–pintu ke-Ridhoan–Nya memudahkan cinta mencintai cinta.
Jadi, nikmati saja.

8 Comments:

  1. kangen memang asik seperti kata stiker di monitor saya yang bertuliskan "kalo KANGEN bbm aja! jangan diem" liatin potoku!" he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen?, rasakan sensasinya :)

      Delete
  2. kalau kangen ya ketemu mas hehehe :D
    kalau nggak bisa ketemu ya bisa berkomunikasi via hape kan sekarang sudah canggih teknologinya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, biasanya juga sms atau telpon, tapi lebih mantab lagi kalau ketemu :D

      Delete
  3. Lagi kangen sama seseorang ya?

    ReplyDelete
  4. Yang bener bukan jarak, tapi starting point.
    Kalau ga ada starting point maka ga ada jarak, eh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoke kangen, begitu saja, ya? :D

      Delete