Kamera SLR & DSLR

 On July 14, 2014  

Sekarang ini dengan mudahnya kita menemukan foto bertebaran disana-sini, apalagi dijejaring sosial yang banyak digunkan orang untuk memajang foto diri mereka atau gambar apapun yang dianggap layak untuk dibagikan pada orang lain. Hal ini wajar, mengingat dengan mudahnya orang mengambil foto karena fasilitas sudah tersedia.

Banyak kita temukan alat yang bisa digunakan untuk mengambil gambar, selain kamera yang memang mempunyai fungsi utama untuk mengambil foto. Pada ponsel tersedia fasilitas kamera, laptop juga ada, malah sekarang berkembang pada kacamata, jam tangan dan masih banyak lagi alat elektronik yang disertai dengan kamera untuk sekedar memotret atau mengambil gambar. Memotret itu mudah, hampir semua orang bisa memotret, tapi gambar yang dihasilkan tergantung juga pada teknik dan jenis kamera yang digunakan. 

Kamera SLR & DSLR

Sering saya mendengar istilah SLR camera dan DSLR camera, tapi apa sih perbedaan dan kesamaan dari kedua jenis kamera ini?, berikut saya kutipkan dari wikipedia tentang dua jenis kamera ini.

Kamera refleks lensa tunggal‎ (bahasa Inggris: Single-lens reflex (SLR) camera) adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya. 

Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Sedang kesamaan DSLR dan SLR adalah mekanisasi pengambilan obyek foto yang menggunakan satu lensa (single lens) yang sama untuk fungsi membidik (via viewfinder) dan menyampaikan hasil bidikan kepada Image Sensor (DSLR) atau pada Film (SLR). Progres tersebut dikerjakan secara reflexy (memakai kaca pantul yang terdapat didalam camera).
Nikon D3200 / blog.elevenia.co.id
Dari referensi yang saya baca, untuk jenis kamera Digital SLR terbaik untuk pemula diantaranya adalah: Canon Digital Rebel T4i, Nikon D3200, Pentax K-30, Sony Alpha 65. 

Saya sendiri kepingin mempunyai jenis SLR camera maupun DSLR camera, karena saat ini yang saya miliki baru kamera digital biasa. Walau tak pandai tentang teknik memotret, tapi rasanya asik juga kalau dapat mengambil objek gambar dengan menggunakan jenis kamera SLR atau DSLR. Banyak teman-teman saya yang menggunakan jenis kamera SLR mapun DSLR, itulah kenapa saya juga tertarik untuk dapat memilikinya. Bagaimana dengan Anda?. :)

Referensi:
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_SLR
  • http://id.wikipedia.org/wiki/DSLR
  • http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/?p=2268
Kamera SLR & DSLR 4.5 5 Sukadi July 14, 2014 Sekarang ini dengan mudahnya kita menemukan foto bertebaran disana-sini, apalagi dijejaring sosial ...


No comments:

Post a Comment