Ketika Si Kecil Belajar Berjalan

 On July 20, 2014  

Bagi Anda yang sudah pernah mengalami mempunyai anak yang mulai berlajar berjalan, tetu tahu bagaimana rasanya "melawan" kemauan dari si kecil untuk dapat berjalan. Dia begitu aktif, seperti tak punya rasa lelah. Untuk mempercepat proses agar bayi cepat berjalan, biasanya orang tua menyediakan berbagai macam alat bantu bayi belajar berjalan.
Si Kecil Saat Belajar Berjalan Dengan Bantuan Babby Walker
Untuk masing-masing usia bayi memang penggunaan alat bantu berlainan jenisnya, tidak mungkin bayi yang baru mulai belajar dengan yang sudah agak lama menggunakan alat batu yang sama. Usia dan berat badan bayi menjadi pertimbangan utama untuk menentukan alat bantu jalan yang cocok untuk digunakan. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah material alat bantu jalan tersebut, bahan yang digunakan harus dipastikan aman untuk si kecil.

Saat memilih jenis alat bantu bayi yang sedang berjalan tentu tidak mudah, karena dipasaran banyak sekali jenis, warna, dan juga harga yang tentu saja bisa membuat orang tua bingung. Biasanya yang umum dipasaran mulai dari tali-temali, tunggangan dengan roda kecil hingga alat bantu berjalan yang menyerupai sebuah mobil mini atau miniatur binatang, sepatu dan lain sebagainya.

Agar proses belajar berjalan lebih aman, si kecil harus menggunakan sepatu bayi yang sesuai dengan kondisi. Biasanya sebagian bayi tidak suka menggunakan sepatu bayi, namun sebagai orang tua tentunya tidak mau mengambil rsiko, oleh karenanya sebisa mungkin menggunakan jenis sepatu pre walker shoes yang merupakan jenis sepatu yang berfungsi untuk melindungi telapak kaki si kecil disaat belajar berjalan.

Selain pre walker shoes, yang umum digunakan untuk alat bantu bayi berjalan adalah Baby Walker konvensional, yang memiliki bentuk melingkar dengan posisi bayi berada ditengah lingkaran. Baby walker jenis ini dilengkapi dengan roda untuk mempermudah gerak si kecil. Waktu anak saya belajar berjalan dulu juga saya gunakan jenis baby walker ini sebagai alat bantu belajar berjalan. Namun perlu pengawasan ketat saat bayi menggunakan alat bantu jenis ini, karena saat lengah dalam pengawasan bisa membahayakan si kecil, misalnya saja saat berada diturunan atau ditempat yang tidak rata, bayi bisa saja terjatuh bila tidak dipegangi.

Selain apa yang saya sebutkan diatas, tentu masih banyak lata bantu jalan lain yang bisa digunakan untuk melatih si kecil agar dapat lekas berjalan. Apapun bentuknya, tentu harus hati-hati dan perlu pengawasan yang ketat saat masa-masa bayi belajar berjalan. 
Ketika Si Kecil Belajar Berjalan 4.5 5 Sukadi July 20, 2014 Bagi Anda yang sudah pernah mengalami mempunyai anak yang mulai berlajar berjalan, tetu tahu bagaim...


2 comments:

  1. pakai baby walker untuk merangsang fungsi keseimbangan dan gerak bayi

    ReplyDelete
  2. wah, lagi lucu2nya tuh, kang ... musti ekstra pengawasannya apalagi anaknya aktif :)

    ReplyDelete