Memilih Dan Merawat Celana Jeans

 On July 26, 2014  

Lebaran sebentar lagi, sudah belanja kah Anda?. Hmm.. barangkali pertanyaan itu sudah kurang relevan untuk jaman sekarang ini, dimana orang tak lagi berbelanja hanya saat mau lebaran saja. Tapi, yang namanya lebaran tetap saja identik dengan pakaian baru. Bagi saya, substansi lebaran bukan pada pakaian yang baru, makanya sudah bertahun-tahun saya tak begitu memikirkan baju baru untuk berlebaran. 
Celana Jeans / blog.elevenia.co.id
Tapi, bukan berarti saya tak beli pakaian lho, sesekali saya juga memenuhi kebutuhan sandang, baik untuk keperluan kerja atau kebutuhan sehari-hari. Untuk pilihan celana favorit saya adalah celana jeans, entah kenapa saya begitu menyukai jenis celana dengan bahan jeans, mungkin karena awet dan enak dipakai sehingga banyak celana saya yang berbahan jeans.

Tapi, saya sering repot kalau harus memilih, soalnya tak semua barang yang ada dipasaran berkualitas bagus. Kebanyakan yang beredar dipasaran adalah merek jeans dari Amerika, walaupun banyak juga yang hanya menjual merek saja karena sebenarnya itu buatan lokal namun diberi label dari luar. Penipuan?, entahlah. Tapi saya pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan karena celana bermerek yang saya beli di swalayan cukup ternama di daerah saya ternyata mengecewakan. 

Merek Celana Jeans Buatan Indonesia 

Bagi Anda yang belum terlanjur, atau bagi yang ingin belanja celana jeans, tak usah terpaku pada merek luar negeri, karena Indonesia sudah punya merek celana jeans sendiri. Diantaranya adalah:
  • Pot Meets Pop
  • Old Blue Co. 
  • Mischief Denim Division.
  • Elhaus
  • AYE Denim
  • Akaime
  • Vision Mision Jeans
  • Mommo Jeans
Saya yakin kalau produk jeans dari Indonesia ini kualitasnya tak jauh beda dengan jeans buatan dari luar negeri. Jangan hanya mengejar merek semata, soalnya dipasaran banyak yang hanya jual merek, padahal itu buatan lokal. Kalau dikembalikan lagi pada substansinya, tak peduli merek apa yang melekat, namun kenyamanan dalam pemakaian menjadi prioritas urutan pertama. Bukankah demikian?.

Tips Merawat Celana Jeans

Banyak orang yang memilih jeans dengan alasan yang berbeda-beda. Agar tidak salah dalam perawatannya, berikut ini tips merawat celana jeans yang bisa dijadikan acuan agar celana jeans yang kita punya jadi lebih awet, diantaranya:

  • Jangan terlalu sering mencuci celana jeans, karena bila terlalu sering dicuci warna jeans akan cepat rusak.
  • Pisahkan jeans dengan pakaian lain bila merendam saat mau dicuci, hal ini untuk menghindari bila jeans itu luntur agar tidak mengenai yang lainnya.
  • Hindari penggunaan pemutih karena bisa merusak warna jeans.
  • Saat mencuci celana jeans akan lebih baik menggunakan tangan dibanding dengan menggunakan mesin cuci, hal ini ada kaitannya dengan keawetan celana jeans tersebut.
  • Jemur ditempat yang teduh, jangan terkena kontak langsung dengan matahari. Jangan lupa untuk membalik celana jeans saat menjemur (luar didalam, dalam diluar).
  • Jika menyetrika celana jeans, sebaiknya dari dalam, dan gunakan temperatur yang sedang, jangan terlalu panas. Akan lebih baik kalau celana jeans digantung ketimbang dilipat, karena saat dilipat lambat laun dapat merusak kontur jeans.
  • Perhatikan label yang tertera pada jeans untuk mengetahui lebih jelas cara perawatan jeans tersebut.
  • Dll.

Selain yang saya sampaikan diatas masih banyak tips lain, Anda bisa mencari sumber lain untuk memperbanyak referensi dalam perawatan jeans. Intinya bahwa setiap bahan (termasuk celana jeans) mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun bagi yang suka jeans tak ada salahnya mempertimbangkan hal-hal yang saya sampaikan diatas. Soal merek itu bukan sesuatu yang utama, yang terpenting adalah substansi dari celana itu sendiri. Bagaimana menurut Anda?
Memilih Dan Merawat Celana Jeans 4.5 5 Sukadi July 26, 2014 Lebaran sebentar lagi, sudah belanja kah Anda?. Hmm.. barangkali pertanyaan itu sudah kurang releva...


5 comments:

  1. Klo saya suka-nya celana "Demit" mas, bukan Jeans :D
    Lebaran emg identik dengan hal baru, bahkan klo perlu istri baru hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bukan celana Syaiton mas :D
      Kalau berani coba cari istri baru mas hehe

      Delete
    2. Hahaha... ok mas, selamat menyambut 'idul fitri z bt mas kadi dan keluarga, mohon maaf lahir batin ya :)

      Delete
    3. sama-sama mas, selamat menyambut idul fitri juga buat mas eko dan keluarga..
      mohon maaf lahir dan batin :)

      Delete
  2. terima kasih atas tipsnya mas, sekarang jadi tahu cara merawat celana jeans yang baik
    nice info :)

    ReplyDelete