Tips Mengurangi Gejala Morning Sickness Pada Saat Hamil Muda

 On July 29, 2014  

Bagi pasangan yang baru menikah, mempunyai momongan adalah sebuah harapan yang segera mungkin ingin terwujudkan. Tentu saja hal ini wajar, karena salah satu tujuan menikah adalah untuk meneruskan garis keturunan. Untuk kaum istri yang sedang hamil muda, tentu mengalami banyak hal yang mungkin "kurang mengenakkan", salah satunya adalah morning sickness.
Morning Sickness / www.purbakuncara.com
Morning sickness adalah mual pada saat awal kehamilan, dengan atau tanpa muntah. Biasanya yang dirasakan berupa mual, muntah, hilangnya selera makan, dan timbulnya rasa cemas yang berlebihan. Tentu ibu hamil ingin menjalani trimester pertama dengan lebih nyaman, oleh karenanya perlu solusi untuk mengatasi hal tersebut, diantaranta dengan mengkonsumsi makanan, diantaranya:
  • Alpukat. Vitamin B6 yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan sangat baik untuk metabolisme tubuh. Alpukat mengandung potasium dan folat yang membantu tumbuh kembang janin, memperkuat otot tubuh, dan meningkatkan performa jaringan saraf.
  • Pisang. Pada saat hamil muda, pisang dikenal sebagai salah satu buah yang dapat menghilangkan mual karena pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, serat, dan potasium yang dapat mengurangi asam lambung sehingga meringankan rasa mual di pagi hari. Perlu diketahui juga bahwa kandungan dalam pisang juga dapat mengurangi rasa stres, mencegah timbulnya kram, menstabilkan tekanan darah, dan melancarkan buang air besar. 
  • Buncis. Untuk mengatasi konstipasi alias susah buang air besar saat hamil muda, sangat baik mengkonsumsi sayuran ini, karena buncis banyak mengandung protein dan serat. Selain kaya serat, buncis juga memiliki kandungan folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan Ibu di masa awal kehamilan. Mengapa pada ibu hamil muda terjadi kontipasi alias susah buang air besar?, hal ini disebabkan adanya pertumbuhan janin yang menekan uterus dan meningkatnya produksi hormon progesteron yang memperlambat jalannya pencernaan.
  • Asam. Untuk menghindarkan tubuh dari rasa lelah yang berlebih, mengurangi mual dan muntah pada saat hamil muda, asam merupakan salah satu obat alami yang dapat membantu menguranginya. Kandungan acid tartaric dan malic acid dalam asam menciptakan rasa segar yang mampu meningkatkan nafsu makan Ibu hamil.
  • Paprika merah. Vitamin C banyak terkandung dalam jenis sayuran ini, bila dibanding dengan sebutir jeruk, kandungan vitamin C-nya bisa 3 kali lebih banyak. Untuk membantu penyerapan zat besi lebih cepat dan meningkatkan pembentukan jaringan tubuh saat hamil muda, vitamin C sangat bagus untuk dikonsumsi.
Nah, itu diantaranya buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda. Selain dapat mengurangi gejala morning sicknes pada saat hamil muda, tentu saja makanan diatas juga sangat baik dikonsumsi karena memberi banyak manfaat untuk ibu dan calon anak yang berada dalam kandungan.

Referensi:
- http://www.ibudanbalita.com/artikel/lima-makanan-ajaib-untuk-ibu-hamil-muda
Tips Mengurangi Gejala Morning Sickness Pada Saat Hamil Muda 4.5 5 Sukadi July 29, 2014 Bagi pasangan yang baru menikah, mempunyai momongan adalah sebuah harapan yang segera mungkin ingin...


4 comments:

  1. Maaf aku tambahkan, kurma sangat baik untuk memperkuat otot rahim dan mempermudah persalinan serta mengurangi pendarahan.

    ReplyDelete
  2. Masih mencari emaknya pak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat ketemu dengan emaknya :)

      Delete