Tips Agar Buah Hati Tetap Aman Saat Belajar Berjalan

 On August 4, 2014  

Bagi orang tua yang memiliki anak yang sedang belajar jalan, tentu tahu bagaimana rasanya menanggapi keinginan si kecil yang begitu aktif dan seolah tak punya rasa lelah untuk terus berjalan. Sebelumnya saya pernah menulis disini tentang si kecil yang belajar jalan, dimana pada masa-masa itu bayi butuh perhatian lebih dan memerlukan alat bantu jalan yang dapat memperlancar proses berjalan si kecil.
Belajar Berjalan
Pada saat belajar jalan terkadang bayi berhenti ditempat yang disitu ada benda berbahaya atau ada sesuatu yang mengandung zat berbahaya, tentu hal ini sangat mengkhawatirkan karena biasanya bayi suka menyentuh bahkan menelan apa saja yang dipegangnya. Tentu sebagai orang tua tidak ingin terjadi sesuatu pada buah hatinya. Oleh karenanya perlu dijaga atau dicegah sejak dini dengan jalan menempatkan benda-benda yang dapat membahayakan bagi si kecil ditempat yang tidak dapat dijangkau.

Beberapa peralatan atau benda yang berbahaya bagi kesehatan balita, diantaranya: kosmetik, sabun atau deterjen, tumbuhan, obat flu, vitamin. Agar rumah lebih aman bagi si kecil saat belajar jalan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua, diantaranya:
  • Kunci rapat-rapat laci lemari yang ada dirumah, karena biasanya bayi yang sedang merangkak atau belajar jalan suka menggapai semua barang untuk digunakan sebagai pegangannya. Tentu sebagai orang tua tidak ingin si kecil tertimpa laci, bukan?. Selain itu, agar tangan anak tergores dan terluka, lindungi pegangan laci yang memiliki sudut runcing dengan alat pengaman khusus.
  • Selain laci, hal yang sama berlaku juga pada taplak meja. Usahakan menghindari memasang taplak meja, karena bisa-bisa tertarik si kecil dan membuat si kecil jatuh atau tertimba benda yang ada diatas taplak meja.
  • Singkirkan semua mainan anak yang berserakan di lantai dan tangga untuk mencegah anak tersandung dan terjatuh.
  • Jauhkan uang koin atau benda kecil lainnya yang dapat tertelan oleh si kecil
  • Bila rumah ada tangga, buat pintu atau sekat agar si kecil tidak jatuh karena sangat berbahaya
  • Pilih mainan untuk si kecil sesuai dengan usianya, karena terkadang mainan bisa membahayakan kalau tidak tepat dengan tingkat usia anak-anak.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak cairan atau zat berbahaya, mislnya detergen, pembersih lantai, pembersih pakaian, dll. 
Apa yang saya tuliskan diatas hanyalah beberapa hal saja, orang tua harus lebih jeli dan hati-hati dalam mengatur dan menempatkan segala sesuatu agar tidak membahayakan bagi si kecil. Saya pernah punya pengalaman saat anak saya belajar berjalan, ketika itu dia harus terjatuh kedalam kolam, meski tidak dalam dan anak saya tidak apa-apa, tetap saja ini menjadi sebuah pengalaman yang sampai sekarang saya sesali.

Melihat kelucuan pada anak adalah sesuatu yang menyenangkan, meski lelah, kita berusaha mengimbangi aktifitas si kecil saat belajar jalan. Namun, kita juga harus selalu hati-hati dan waspada agar si kecil aman dan proses belajar berjalan menjadi lancar dan hingga akhirnya nanti dia bisa berjalan sendiri.
Tips Agar Buah Hati Tetap Aman Saat Belajar Berjalan 4.5 5 Sukadi August 4, 2014 Bagi orang tua yang memiliki anak yang sedang belajar jalan, tentu tahu bagaimana rasanya menanggap...


2 comments:

  1. mmm.. Aku punya ade yg udah bisa berjalan sayangnya :3... umurnya 17 tahun... wkwkkwwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak tipsnya...

    ReplyDelete