Dodit Mulyanto, Kamu.. Iyaa.. Kamuu... - Sukadi.net

September 22, 2014

Dodit Mulyanto, Kamu.. Iyaa.. Kamuu...

Awalnya saya tidak begitu paham mengenai stand-up comedy, paling sebelumnya hanya mengikuti acara stand up di Metro TV, karena Kompas TV yang mempunyai program "ajang pencarian bakat" komika di Indonesia tidak disemua wilayah dapat menerima siarannya. Padahal sudah sejak lama model lawakan tunggal ini ada, barangkali saya aja yang terlambat memahami.
Lawakan tunggal atau komedi tunggal (bahasa Inggris: Stand-up comedy, harfiah "komedi berdiri"), adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (bahasa Inggris: stand-up comedian), komik, atau komik berdiri (komik tunggal). [wikipedia]

Selamat malam khalayak ramai....
Selamat malam penduduk...
Selamat malam masyarakat...
Kamu. iyaaa.. kamuu...

Tahu kata itu dipopulerkan siapa?, bagi yang suka nonton Stand-up Comedy Indonesia 4 (SUCI4) di Kompas TV barangkali sudah bisa menebak siapa yang mempopulerkan kata itu. Ya, Dodit Mulyanto, peserta SUCI 4 yang terkenal culun dan ndeso, dengan ciri khas biola dalam setiap aksi panggungnya.

Kalimat khas lain yang membuat orang tertawa adalah saya orang jawa yang memegang erat budaya eropa, sederhana tapi lucu, apalagi diucapkan dengan logat medhok khas orang Jawa. Ada yang bilang tampilannya kadang kaku, tapi bagi saya setiap Dodit tampil tetap saja mengundang tawa.
Dodit Mulyanto. Kamu.. Iyaa.. Kamuu...
Dodit Mulyanto
Dari referensi yang saya baca, Dodit adalah lulusan jurusan Geografi Universitas Sebelas Maret, Surakarta, berprofesi sebagai guru musik di SD Santa Clara Surabaya. Pertama kali tampil dalam show stand-up comedy di sebuah kafe di Surabaya pada tahun 2012. Saat itu ia maju ke panggung tanpa persiapan apapun, dikarenakan teman-temannya yang memaksanya untuk mencoba. Barulah setelahnya ia mengikuti Stand-up Comedy Indonesia season 4 ( SUCI 4) di Kompas TV dan tersisih di show ke-13.

Meskipun tak keluar jadi juara di SUCI 4, namun sepertinya untuk ukuran popularitas Dodit terbilang cukup populer, ini menurut saya. Walau sudah beberapa bulan yang lalu acara SUCI 4 sudah berakhir, namun hingga sekarang saya masih suka nonton aksi Dodit Mulyanto lewat video yang diunggah di youtube, kebetulan saya download hampir semua aksi panggung Dodit di SUCI 4. Bagi yang belum pernah lihat aksi panggung Dodit, bisa lihat video berikut:

Apapun itu, Dodit Mulyanto sudah memberi warna tersendiri di dunia hiburan tanah air. Saat ini mungkin belum seterkenal Raditya Dika atau Cak Lontong yang juga seorang komika, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti dia bisa menyamai popularitas para seniornya tersebut. Dodit Mulyanto... kamu.. iyaa.. kamuu...

Bagikan artikel ini

3 comments

  1. Hahaha... Dodit, aku nonton lawakannya pertama kali malah bukan pas dia ngikutin stand-up comedy kang, kalo nggak salah pas dia diundang di acara The Comment "Net TV", bener emang kaku ngelawaknya cuma ya tetep lucu aja hahaha... mungkin masih kalah tenar dibanding Pandji, Radith, Sammy, dkk cuma untuk ukuran seorang komik menurutku udah lumayan tenar dia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya biasa saja Kang, tapi lama-lama kok ada sesuatu yang "bisa dijual" dari dirinya. Pembawaan ndeso-nya itu bikin orang tertawa, walau kadang terlihat kaku, tapi tetap saja asik. Salah satu video saat dia tampil pada show 8 dilihat jutaan kali.

      Delete
  2. Gelar kebangsawanan ada RA, Raden Ajeng, Bangsawan yang belum menikah, ada RA Ditya, orang biasa yang belum menikah...

    ReplyDelete