Bermain Dengan Kata: Sapu - Sukadi.net

October 24, 2014

Bermain Dengan Kata: Sapu

Bicara tentang sapu, yang terbayang oleh kita pastilah sapu yang digunakan untuk membersihakan sampah atau kotoran, bisa sapu lidi atau sapu jenis lainnya. Tak salah, memang pengertiannya demikian, sapu adalah alat yang digunakan untuk bersih-bersih.
Sapu adalah salah satu alat pembersih yang terdiri dari bagian serat atau serabut kaku dan biasanya terpasang atau terikat kepada suatu pegangan silindris.
Bentuk sapu hampir selalu mengalami perubahan mulai dari bahan ranting-ranting pohon hingga seikatan serat-serat alami. Pada mulanya, sapu memiliki bentuk bulat, bentuk yang mudah dibuat tapi kurang efisien untuk melakukan pembersihan. Sapu dapat diikatkan ke sebuah pegangan, baik yang pendek untuk pembersih debu, maupun panjang untuk menyapu lantai atau perapian. [wikipedia]
Dalam penggunaannya, kata sapu berkembang menjadi begitu banyak kiasan makna. Sering kita dengar komentator olah raga sepak bola yang menyebut kata menyapu bola, sapu bersih laga, dan lain sebagainya. Hal ini tak bukan merupakan penggambaran kalau kata sapu menjadi identik dengan kebersihan.
Bermain Dengan Kata: Sapu
Sapu Bersih Korupsi / img: inilah.com
Dalam sebuah berita, pernah saya baca tentang angin puting beliung yang melanda Kecamatan Adipala, Cilacap. Saking banyaknya korban atau rumah yang terkena imbas, maka kata sapu dijadikan sebagai sebuah penggambaran: Angin Puting Beliung Sapu Adipala. Mungkin terlalu berlebihan, karena hanya sebagian saja yang luluh lantak, namun tidak juga keliru, soalnya tak selalu menyapu itu bisa bersih.

Kain kecil sebagai penyeka keringat, biasa disebut dengan sapu tangan. Maksud sebenarnya bukanlah sapu untuk tangan, namun kain yang digunakan untuk menyeka wajah dan anggota tubuh lain dengan menggunakan tangan sebagai penggeraknya.

Dalam sebuah puisi, sering juga ditemui penggunaan kata sapu sebagai kiasan, misalnya: 
Panas matahari menyapu seluruh tubuhnya. 
Angin berhembus menyapu wajahnya yang murung.
Tubuh mungil tersapu ombak.
Kenangan hilang tersapu masa indah

Barangkali masih banyak lagi penggunaan kata sapu untuk menggambarkan sesuatu. Kiranya apa yang berkembang dan dimaknai secara luas tersebut dapat menjadikan perbendaharaan makna semakin banyak. Kalau mau yang pasti, sapu itu untuk bersih-bersih. "Ingin kusapu bersih dukamu, sepenuh cinta kupasrahkan hatiku untukmu, masa lalu bukanlah sampah, tapi terlalu usang untuk dikenang". Demikian gombalan dari tetangga sebelah. Salam.

Bagikan artikel ini

3 comments

  1. wah ada ada aja ya ternyata kata sapu bisa disandingkan dengan kata lain yang lebih heboh, :D
    makasih banyak mas atas share nya ya ;)

    ReplyDelete
  2. itu tuh sapu yang namanya "sapu2" yang biasa nya jadi bahan kriminal temennya ganja,, hehehhee jadi plesetan ajah deh hehehehhe :D

    ReplyDelete
  3. :D Hahah artikelnya menarik
    Ada juga sapu yang bukan untuk membersihkan kotoran....Itu sapu terbang :D hahahha kerjaannya cuma terbang aj

    ReplyDelete