Review Buku Baru Dari Raditya Dika, ‘Koala Kumal’

 On February 11, 2015  

Setelah vakum selama kurang lebih tiga setengah tahun dari buku terakhir yang dikeluarkannya, Raditya Dika baru saja merilis buku terbarunya yang berjudul ‘Koala Kumal’ pada tanggal 17 Januari 2015 kemarin. Ya, ini tentu menjadi ciri khas darinya yang menggunakan nama seekor binatang untuk judul buku. Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, dan lainnya. 
Para pembaca sangat antusias dengan buku baru bang Dika, begitu biasa Ia dipanggil, yang sudah lama dinantikan ini. Awalnya Raditya membuka kesempatan untuk pre-order buku barunya sebanyak 1.000 eksemplar, tetapi karena besarnya animo masyarakat, maka ditambah menjadi 2.100 eksemplar dan habis dalam waktu 1,5 jam! Dalam rangka peluncuran bukunya ini, Raditya menggelar acara ‘meet & greet’ di beberapa Gramedia mulai tanggal 17 Januari sampai 28 Januari 2015. 

Dalam kesempatan ini Raditya memberi peluang kepada para pembacanya untuk bertemu langsung, mengobol singkat, dan mendapatkan tanda tangan asli! Raditya juga rutin menceritakan pengalaman ‘meet & greet’ nya secara singkat di Twitter. Seperti antrian yang sangat panjang untuk mendapatkan tanda tangannya, waktu obrolan yang terpaksa dipersingkat karena jumlah pengunjung yang sangat banyak, dan masih banyak lagi cerita seru lainnya!

Judul buku ini terinspirasi oleh foto yang Ia temukan. Di foto itu terdapat seekor Koala di daerah New South Wales, yang kembali pulang ke hutan yang telah ditebangi dimana tempat Ia dulu tinggal. Di foto itu terlihat si koala seperti kebingungan, tahu bahwa ini adalah rumahnya namun terasa asing. Seperti dikutip dari blognya, Raditya menjelaskan:“Nah, buku Koala Kumal adalah soal tempat nyaman yang ketika kita tinggalkan, lalu kembali lagi.. kok tempatnya jadi beda”

Cara Raditya menceritakan pengalamannya dikemas sangat menarik. Bagaimana Ia dan anggota keluarga serta teman-temannya melakukan hal yang memicu tawa pembacanya. Membuat pembaca terhibur, tetapi tetap memetik apa pelajaran yang bisa diambil dari pengalamannya. Ya, berpindah ke ‘rumah’ baru dari ‘rumah’ yang lama karena sudah tidak terasa sama lagi. Ya, seperti istilah yang dipakai Raditya, ‘Komedi Pakai Hati’.

"Bagi Anda yang ingin informasi lebih dalam seputar kartu kredit untuk mendapatkan diskon di toko buku kesayangan, Anda bisa kunjungi HaloMoney dan dapatkan tips seputar keuangan terbaru"

*) Ditulis oleh Jihan Ariya dari HaloMoney. 
Review Buku Baru Dari Raditya Dika, ‘Koala Kumal’ 4.5 5 Sukadi February 11, 2015 Setelah vakum selama kurang lebih tiga setengah tahun dari buku terakhir yang dikeluarkannya, Radit...


No comments:

Post a Comment