Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak Agar Tetap Aman

 On May 7, 2015  

Perkembangan jaman yang kian pesat membuat segala sesuatu menjadi lebih simpel dan banyak kemudahan yang memanjakan. Tapi, dengan banyaknya kemudahan bukan berarti bisa dinikmati begitu saja, bila tidak berhati-hati bisa-bisa kita terjebak dalam kemudahan tersebut, karena terkadang kemudahan itu seperti ranjau, bila tidak berhati-hati bisa-bisa mencelakakan penggunanya. Mencelakakan?, ya, celaka disini dalam artian bahwa dengan menggunakan kemudahan dengan tidak bijak bisa membuat orang terjebak dalam permasalahan.
Kita pasti sudah sangat hafal dengan yang namanya kartu kredit, kartu ajaib ini begitu ampuh karena dengan tidak membawa uang tunai kita bisa berbelanja dengan bebas. Bila tidak bisa mengontrol diri bisa-bisa kita terjerat dalam hutang yang banyak, bukankah kemudahan ini bisa menimbulkan permasalahan?. Memang dengan kartu kredit kita bisa mendapatkan sisi positif, seperti mudah dalam transaksi, 

Untuk meminimalisir resiko penggunaan kartu kredit agar kita tidak terjerat dalam permasalahan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, diantaranya:
  • Belilah barang sesuai kebutuhan, jangan mudah terbujuk diskon yang hanya akan membuat kita menjadi boros, padahal belum tentu barang yang ada diskon tersebut kita perlukan.
  • Memilih kartu kredit yang mempunyai bunga perbulan dibawah 15%, agar tidak merasa berat saat membayar tagihan.
  • Jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit, usahakan jangan lebih dari dua, meskipun setiap penerbit kartu kredit mempunyai fasilitas yang berbeda, pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. 
  • Jangan melewati batas waktu yang ditetapkan lembaga keuangan saat melunasi tagihan, karena bila melewati batas waktu akan ada denda yang cukup besar.
  • Jangan melakukan penarikan tunai dengan kartu kredit, karena penarikan tunai dengan kartu kredit bunganya lebih tinggi yang berarti hutang kita semakin bertambah.
  • Usahakan tidak selalu membawa kartu kredit, karena bisa jadi kita tergoda untuk berbelanja. kalau memang harus membawa selalu, bawahlah kartu dengan limit terendah.
Demikian beberapa tips yang bisa digunakan untuk meminimalisir kemungkinan permasalahan keuangan karena penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol. Ada yang berhubungan dengan kartu kredit dalam syarat pengajuannya, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dikenal juga dengan nama Pinjaman Tanpa Agunan, merupakan salah satu produk bank, dimana nasabah dapat meminjam sejumlah dana atau uang dari bank tanpa harus memberikan agunan atau jaminan aset (misalnya sertifikat, BPKB, dll).

Lalu, apa hubungannya kartu kredit dengan kredit tanpa agunan?, kepemilikan kartu kredit adalah yang paling utama dalam pengajuan kredit tanpa agunan (KTA). Hal ini dikarenakan melalui kartu kredit, pihak bank penyedia fasilitas KTA dapat melihat bagaimana pola pembayaran calon nasabah. apakah baik (tidak ada keterlambatan dam pemakaian limit yang terkontrol) atau sebaliknya, oleh karenanya diperlukan setidaknya masa terbit berlaku sudah 1 tahun dari kartu kredit tersebut. Jadi, baik-baiklah dalam menggunakan kartu kredit, misalnya nanti ingin mengajukan KTA tidak akan mengalami kendala persyaratan karena penggunaan kartu kredit dianggap baik.

Intinya bahwa dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh bank atau penyedia layanan keuangan lainnya, sebisa mungkin kita lebih bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai fasilitas yang diberikan malah menjerumuskan kita dalam permasalahan baru, bukan kemudahan yang kita nikmati malah persoalan yang akan kita hadapi. Semoga bermanfaat.
Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak Agar Tetap Aman 4.5 5 Sukadi May 7, 2015 Perkembangan jaman yang kian pesat membuat segala sesuatu menjadi lebih simpel dan banyak kemudahan...


4 comments:

  1. artitel yang sangat menarik, memang dengan tanpa membawa uang cash terkadang kita tidak merasa mengeluarkan uang, akan tetapi ketika tagihan datang, baru sadar berapa uang yang telah dikeluarkan

    ReplyDelete
  2. Good tips...
    kunjungi blog saya dan kasih saran ya.... thanks timotampan.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. tipsnya bagus dan menarik

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat membantu , terima kasih...

    ReplyDelete