Hidup Itu (Terkadang) Diluar Dugaan, Tidak Sesuai Perkiraan

 On July 10, 2015  

Hidup bukanlah matematika, demikian istilah yang sering digunakan banyak orang. Ada benarnya memang, tak selalu hasil akhir dari sebuah perjalanan bisa ditebak jawabannya. Selalu saja ada misteri yang tersimpan rapat, rahasia.
Hidup Itu (Terkadang) Diluar Dugaan, Tidak Sesuai Perkiraan
Perjalanan Hidup
Terkadang apa yang kita perkirakan meleset dari kenyataan. Dengan perhitungan sematang apapun, tetap saja hasil akhir adalah teka-teki yang tak ada rumus untuk menemukan jawabannya.

STAND UP Comedy Indonesia Seasion 5 #SUCI5 Kompas TV

Gelaran SUCI 5 sudah usai, semalam sudah terlaksana grand final SUCI 5 yang menampilkam tiga grand finalis, masing-masing: Rahmet, Indra, dan Rigen. Dari ketiganya, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam membawakan materi saat tampil. Lucu?, relatif. Namun tetap saja ada kelucuan dari masing-masing, namanya juga komedi.

Sebenarnya saya tak selalu menyaksikan tayangan SUCI 5 di Kompas TV, tapi sebagian besar penampilan saya saksikan setiap minggunya. Tak seperti tayangan SUCI sebelumnya, saya rasa penampilan masing-masing komika hampir merata, tak ada yang sangat menonjol hingga babak grand final.

Saat diputuskan bahwa Rigen, Indra, dan Rahmet melaju ke babak grand final, saya menduga bahwa persaingan akan mengerucut pada dua nama: Indra dan Rahmet. Kenapa perkiraan saya demikian?, hal ini tak lepas dari penampilan mereka sering mendapatkan penilaian positif setiap minggunya.

Rigen?, komika asala Bima ini memang tak begitu saya perhitungkan, karena menurut saya ada aura kelucuan yang kurang. Jangan anggap serius, ini hanya opini saya.

Tapi, kadang hidup penuh kejutan. Pada babak grand final ini perkiraan saya dijungkirbalikkan fakta bahwa Rigen lah yang menjadi juara SUCI 5. Juri punya penilaian tersendiri. Rigen juara 1, Rahmet juara 2, Indra juara 3. Demikian hasil akhirnya.

Kejutan Dalam Sepak bola

Hal yang sering luput dari prediksi adalah apa yang terjadi dalam pertandingan sepak bola. Orang sering memprediksikan kalau tim-tim dengan pemain hebat dan tim unggulan bakal memenangkan pertandingan, realitanya, tak jarang prediksi itu meleset.

Lihat saja, pada piala dunia 2014 yang lalu, Brasil diluluhlantakkan oleh Jerman dengan skor tak tanggung-tanggung, 7-1!. Tak ada yang menduga kalau skor akan sebesar itu, kalaupun kalah, orang akan menduga selisih satu atau dua gol saja.

Contoh lain adalah saat Korea Selatan berhasil melaju kebabak semifinal piala dunia 2002. Siapa yang memprediksikan?, kiranya jarang orang memperkirakan negara dari kawasan Asia berhasil melaju sejauh itu, tapi nyatanya itu terjadi.

Banyak lagi kasus lainnya. Kalau mau ambil contoh dari sepak bola Indonesia, keberanian Menpora Imam Nahrawi membekukan PSSI juga diluar perkiraan, sanksi FIFA yang selalu dijadikan momok menakutkan kini tak lagi berarti.

Sudah, kiranya sepak bola juga bukan matematika, dalam istilah para komentator, bola itu bundar sehingga sebelum peluit panjang dibunyikan wasit, belum bisa dilihat hasil akhirnya.

Hidup Itu Penuh Rahasia

Apa yang saya sampaikan dalam dua peristiwa diatas hanyalah sedikit dari banyak peristiwa yang mempertegas bahwa hidup itu bukanlah hitung-hitungan pasti. Dalam hubungan asmara, begitu banyak hal yang bila dikaitkan dengan ketidak pastian, diluar dugaan, tidak sesuai perkiraan. Urusan pekerjaan, urusan politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Tak perlu diperdebatkan, tak usah dijadikan bahan pergunjingan. Hidup itu penuh rahasia, penuh kejutan, banyak peristiwa yang terjadi, diluar dugaan, tidak sesuai perkiraan. Manusia hanya bisa berusaha, ada campur tangan Tuhan dalam setiap kejadian.
Hidup Itu (Terkadang) Diluar Dugaan, Tidak Sesuai Perkiraan 4.5 5 Sukadi July 10, 2015 Hidup bukanlah matematika, demikian istilah yang sering digunakan banyak orang. Ada benarnya memang...


5 comments:

  1. maka dari itu setiap mengambil keputusan sudah saya pikirkan hal terburuk yang akan terjadi, namun hal yang sudah lewat selalu saya syukuri karena ada kehidupan di luar sana yang tentu lebih susah dari hidup kita, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita harus bisa memaafkan masa lalu dan menghilangkan ketakutan pada masa yang akan datang :)

      salam kenal

      Delete
  2. eh ada acara stand up comedy di kompas tv? sayang sekali ya di rumah saya masih menggunakan antena UHF dan kompas tv gak masuk, padahal saya suka acara-acara komedy, lumayan buat olahraga pipi denan ketawa terbahak-bahak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan ini ada tv lokal yang tayangannya nyambung sama kompas tv, kalau yang khusus channel kompas tv sih belum ada :)

      Delete
  3. pertarungan pacquiao vs mayweather juga tidak terduga.. bukan pacquiao yg menang

    ReplyDelete