Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya Berkualitas di Dunia - Sukadi.net

October 20, 2015

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya Berkualitas di Dunia

Solar water heater atau pemanas air tenaga surya merupakan suatu alat pemanas air yang mengandalkan panas dari matahari sebagai modal untuk memanaskan air. Itulah sebabnya alat tersebut disebut dengan solar water heater yang kini cukup terkenal dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di dalam negeri. Biasanya, pemanas air yang mengandalkan tenaga surya atau panas dari matahari memiliki tangki yang besar untuk menampung air panas yang cukup sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan begitu, berbagai kebutuhan air panas untuk dikonsumsi dan lain sebagainya bisa didapatkan secara praktis.
Solar Water Heater (Sumber Gambar: Arsiton.com)
Solar water heater menggunakan tangki yang amat besar karena seperti yang Kita tahu, matahari tidak muncul sepanjang hari sehingga daya tampung yang besar diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biasanya, beberapa produk pemanas air tenaga matahari dilengkapi dengan pemanas listrik yang digunakan untuk menjamin suplai air panas meski musim hujan sedang menghampiri dan matahari jarang bersinar dengan terik. Jadi, penggunaan solar water heater ini tetap bisa dimanfaatkan dalam segala macam cuaca dan kondisi.

Cara kerja solar water heater terbilang sangat praktis dan juga efektif. Karena hanya bersinggungan dengan panas matahari, maka perawatannya pun sangatlah minim. Satu kali pasang, pemanas air yang satu ini tak perlu perawatan dan biaya operasional yang tinggi karena pemakaiannya hanya membutuhkan sinar alami dari matahari. Karena itulah jenis pemanas air yang satu ini paling cocok dipakai bagi Anda yang memiliki keluarga besar dan membutuhkan banyak pasokan air panas setiap hari. Bagi Kita yang tinggal di wilayah khatulistiwa, memakai alat ini juga sangatlah berguna karena sinar matahari yang didapatkan sangatlah memadai.

Di samping beberapa kelebihan tersebut, harus diakui pula bahwa pemanas air tenaga matahari ini juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu harganya yang terbilang mahal dan mencapai belasan hingga dua puluh juta rupiah. Harga ditentukan berdasarkan ukuran atau kapasitas tangki penyimpanan. Selain karena hal tersebut, ongkos pemasangan pemanas air tenaga surya juga terbilang mahal karena harus dilakukan di tempat yang tinggi dan tak terhalang oleh pohon atau bangunan supaya bisa menerima sinar matahari dengan maksimal.

Bagikan artikel ini

4 comments

  1. salah satu untuk mendukung program EcoCulture yang ada di www.citrarayacity.co.id yang mendukung gerakan go green

    ReplyDelete
  2. menggunakan sistem tenaga surya dapat mendukung program go green di dunia

    ReplyDelete
  3. wah, bagus tapi biaya terlalu besar, harga alat ini masih belum terjangkau tapi diharapkan ke depan harganya lebih terjangkau...

    ReplyDelete
  4. Biasanya masih memerlukan tambahan mesin pompa air dorong untuk menambah tekanan airnya ya pak?

    ReplyDelete