"Kangen" Padhyangan Project

 On February 12, 2016  

Musik merupakan bahasa yag universal, mungkin demikian kata banyak orang. Dengan musik dapat mengiring lantunan lagu-lagu indah penuh makna, walaupun masih dengan perkecualian tentunya. Abaikan saja mengenai kontroversi beberapa lirik lagu yang kurang layak dengar, tapi coba kita cerna banyaknya lagu, yang bahkan kocak sekalipun tapi bisa memberi efek positif bagi pendengarnya.
Pernahkah engkau merasakan
Hidup di perantauan
Menuntut ilmu untuk mencapai tujuan
Hidup jauh dari kedua orangtua
Hidup prihatin demi masa depan
Tak kenal lelah mengikuti mata kuliah
Rajin belajar agar hidup tidak susah laa yaw 
Aku makan tiap hari
Kadang hanya makan mie
Gimana nggak kurang gizi
Wesel datang tak pasti
Ibu kost tak mau ngerti
Nagih sewa bulan ini
Uh.. hidup sangat sedih uu.. 
Nasib anak kost..

Ada yang tahu penggalan lirik lagu diatas?, untuk generasi sekarang ini mungkin jarang yang tahu, karena penggalan lirik diatas adalah lirik lagu Nasib Anak Kost, lagu parodi yang tenar di tahun 90-an dan dinyanyikan oleh grup lawak asal Bandung. Pada masa jayanya dulu, dan mungkin sampai sekarang ini, saya suka dengan grup ini. Ya, grup yang saya maksud adalah Padhayangan Project, atau akrab disebut dengan P-Project atau Project-P. Grup komedi yang awalnya dulu saya kenal lewat lagu-lagu parodinya. 
Padhayangan Project
P-Project / img: @ProjectPe
Saya tak pernah menyangka kalau akhirnya grup ini bisa memikat banyak penggemar musik. Untuk saat ini mungkin orang kenal Denny Chandra yang mengisi acara Indonesia Lawak Klub, Joehana (Joe) membintangi beberapa film komedi, Iang Darmawan, Iszur Muchtar yang sering muncul di sinetron. Personil lengkap dari Padhayangan Project adalah Iszur Muchtar, Denny Chandra. Daan Aria, Joehana, Iang Darmawan, Wawan Hanura, dan Denden Hermann.

Sampai sekarang, saat mendengar lagu That's The Way Love Goes dari Janet Jackson, lirik yang keluar adalah lirik lagu nasib anak kost dari P-Project, karena memang lagu Nasib Anak Kost merupakan hasil parodi dari lagu That's The Way Love Goes dari Janet Jackson. Belum lagi lagu P-Project lain semacam Kop Dan Headen ("Close To Heaven" - Color Me Badd) atau Cover Boy ("All For Love" - Bryan Adams, Sting, Rod Stewart).

Tahun 2008 saat Piala Dunia di Prancis, orang tentu sangat hafal dengan Ricky Martin, dan tentu tak akan melupakan lagu parodinya dari Project-P yang judulnya Lagunya Lagu Bola (La Copa De La Vida). 

Jaman memang sudah berubah, perputaran industri musik dan pasang surut karier sebuah grup membuat nama P-Project tak setenar dahulu. Generasi masa kini masih bisa menikmati "rasa" Project-P lewat grup Project Pop yang merupakan regenerasi dari Padhayangan Project.

Dalam sebuah acara talk show, seorang bintang tamu ditanya mengenai musik favorit mereka, salah satu narasumber bercerita mengenai kesukaannya pada lagu parodi. Ternyata, dengan menedengar musik parodi membuat mereka juga mengenal dan suka dengan lagu asli yang dulu bahkan tak di suka sama sekali.

Saya masih ingat sampai sekarang, meski dahulu masih terbilang anak-anak saat grup ini muncul, tapi kerinduan akan lagu-lagu parodi mereka masih ada. Sekarang, meski sudah vakum bernyanyi, para personel Project-P masih tampil di berbagai acara televisi. Ya, begitulah, rasa suka pada musik dan lagu terkadang sulit untuk diarahkan, dunia terus berputar, semua mengalir begitu saja. Seperti tag line sebuah ikan: karena rasa tak pernah bohong.

*****
Referensi lain mengenai Padhayangan Project:
http://id.wikipedia.org/wiki/Padhyangan
http://id.wikipedia.org/wiki/Jilid_2
http://id.wikipedia.org/wiki/Oo...Lea...Leo!!
"Kangen" Padhyangan Project 4.5 5 Sukadi February 12, 2016 Musik merupakan bahasa yag universal , mungkin demikian kata banyak orang. Dengan musik dapat mengi...


7 comments:

  1. Hahaah masih keinget juga lagu itu terdengar begitu lucu..bikin senyum sendiri..dasar emang pelawak..pandhyangan project itu.

    ReplyDelete
  2. Hahaah masih keinget juga lagu itu terdengar begitu lucu..bikin senyum sendiri..dasar emang pelawak..pandhyangan project itu.

    ReplyDelete
  3. saya dulu koleksi kaset-kasetnya padahal masih sd udah nikmati musik ginian, emang kocak abis parodinya

    ReplyDelete
  4. iya kemana tuh p project udah lm gk tampil di tv kangen juga dengan gyonannya

    ReplyDelete
  5. ini gan grup musik yg hits di tahun 90an, lagu nya lucu-lucu dan kreatif banget.. suka banget deh sama lagu-lagunya

    ReplyDelete
  6. hadeuh..... jadi inget jaman masih nonton album minggu di TVRI, grup ini memang bikin otak menjadi refresh dengan lirik dan gayanya yang lucu

    ReplyDelete
  7. Yang lawas emang bikin kangen huhuhuhu

    ReplyDelete