5 Cara Mudah Membuat Lampu LED

 On March 3, 2016  

Lampu LED saat ini sudah begitu trend di kalangan masyarakat. Semenjak pertama kali muncul lampu LED sudah menyita perhatian masyarakat dengan kualitasnya yang lebih baik dibandingkan lampu fluorescent. Hal ini dikarenakan lampu LED memiliki sifat dan karakteristik yang lebih tahan lama dan awet pemakaian daya listriknya. Setelah demam lampu LED muncul, beberapa orang mencoba peruntungannya untuk jual lampu LED sebagai mata pencaharian. 

Ada berita bagus bagi para pengusaha lampu LED karena saat ini sudah ada beberapa orang yang mampu membuat lampu LED sendiri tanpa pabrikan besar. Kabar ini bisa menjadi peluang besar bagi pebisnis untuk bisa melakukan efisiensi biaya dalam bisnisnya. Berikut ini adalah ulasannya lengkapnya. 

Komponen yang harus anda persiapkan terlebih dahulu ialah sebagai berikut :
  1. Rangkaian Lampu LED warna putih bening berukuran kecil sebanyak 25 pcs (@Rp. 500,- = Rp. 12.500,-) sebagai informasi tambahan anda bisa mendapatkan lampu LED berukuran kecil ini di toko-toko elektronika terdekat di kota anda.
  2. Dioda IN4007 sebanyak 4 pcs (@Rp. 1000,- = Rp. 4.000,-)
  3. Kapasitor milar 330nF/450volt sebanyak 1 pcs (@Rp. 1000,-)
  4. Elco 4,7 uF/450 volt (@Rp. 1500,- = Rp. 1500,-)
  5. Resistor ukuran R470K (@Rp 250,- = Rp. 250,-)
  6. Resistor ukuran R 330 ohm (@Rp 250,- = Rp. 250,-)

Jumlah total pengeluaran yang diperlukan sebesar : Rp. 19.500,-

Sebagai tambahan jika anda masih memiliki lampu jenis fluorescent di rumah yang sudah bekas, anda bisa mempergunakan komponennya untuk membuat lampu LED ini. Bahkan bisa dikatakan komponen lampu fluorescent atau CFL rata-rata sudah memenuhi persyaratan untuk membuat lampu LED ini. Tips utamanya perhatikan rangkaian yang ada pada lampu CFL sebelum anda memasang komponen pada rangkaian lampu LED. Secara prinsip pemasangan komponen pada lampu LED sama dengan lampu CFL. 

Cara Pembuatan :

1. Persiapkan bahan-bahan yang digunakan 

Setelah anda membeli peralatan yang dibutuhkan, anda tinggal mempersiapkannya. Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah casing lampu. Casing lampu ini nantinya yang akan menjadi wadah dari lampu LED yang anda buat. Kedua persiapkan kaset VCD yang sudah rusak sebagai bahan pemantul cahaya untuk lampu LED yang akan anda buat. 

2. Pasang komponen untuk rangkaian lampu

Setelah melakukan langkah pertama, anda tinggal memasang komponen untuk rangkaian lampu. Jadi lakukanlah pemasangan Dioda IN4007, kapasitor milar 330 nF, Elco 4,7 uF dan dua buah resistor ukuran R terhadap rangkaian Lampu LED kecil berjumlah 25 pcs. Ingat jangan pasang dulu lampu LEDnya pada wadah. Pemasangan pada wadah nanti saja dilakukan setelah uji coba rangkaian selesai dilakukan. Perhatikan pemasangannya jangan sampai ada komponen yang terlilit kabelnya atau salah pasang. Kesalahan pemasangan bisa berakibat lampu putus dan terbakar.

3. Lakukan uji coba rangkaian

Setelah pemasangan rangkaian selesai, lakukanlah uji coba dengan listrik AC sebesar 220 volt. Untuk melakukan uji coba ini anda disarankan tidak memegang rangkaian karena rangkaian ini terhubung dengan aliran listrik sebesar 220 volt. Perlu diketahui besarnya arus yang diperbolehkan masuk ke dalam setiap lampu LED berukuran kecil yang anda pasang adalah 3 Volt. Jadi 25 pcs lampu LED kecil dikalikan dengan 3 volt sama dengan 75 volt. Jika satu buah lampu LED menerima tegangan lebih dari 3 volt kemungkinan besar lampu LED tidak akan awet karena mudah terbakar.

4. Pasang rangkaian pada wadah lampu 

Pasanglah rangkaian yang sudah jadi ke dalam tempat lampu bekas fluorescent yang anda miliki. Jika anda tidak memilikinya anda bisa membeli wadah lampu baru di toko elektronika terdekat. Pasangkan rangkaian pada wadah serapi mungkin. 

5. Lakukan uji coba ulang

Sebelum anda memasang lampunya di plafon atau dinding rumah anda bisa memastikan lagi dengan melakukan uji coba ulang. Hal ini menjaga-jaga siapa tau sewaktu pemasangan rangkaian pada wadah lampu ada komponen yang tidak berfungsi. (leo)
5 Cara Mudah Membuat Lampu LED 4.5 5 Sukadi March 3, 2016 Lampu LED saat ini sudah begitu trend di kalangan masyarakat. Semenjak pertama kali muncul lampu LE...


3 comments:

  1. kayaknya keliatan ribet ya Om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang awam mungkin seperti ribet, tapi kalau sudah di praktekkan brangkali bisa dipahami :)

      Delete
  2. kayanya emang ribet, cuma kalo step y step emang bisa jalan nih, mayan buat jadiin lampu tidur kalo malem, kayanya asik bikin DIY ginian

    https://jildhuz.wordpress.com/2016/01/13/berpikir-negatif-menghambat-sukses/

    ReplyDelete