Hal-Hal "Bodoh" Yang Biasa Terjadi di Lampu Merah

 On March 22, 2016  

Bicara soal keselamatan di jalan raya, ada banyak faktor yang mempengaruhinya, entah karena gangguan kendaraan, mapun faktor kelalaian pengguna jalan. Sudah pernah saya tuliskan sebelumnya mengenai cerita saat di jalan raya, seperti dalam tulisan berikut:
Sengaja saya beri tanda kutip dalam kata bodoh pada judul tulisan ini, bukan apa-apa, bukan bodoh dalam arti yang sebenarnya, hanya ingin mempertegas saja mengenai hal-hal yang tidak seharusnya terjadi tapi lumrah dijumpai saat berada di lampu merah. Sebenarnya kurang tepat bila saya sebutkan lampu merah, karena sejatinya ada tiga warna: merah, kuning, hijau. Tapi begitulah, lampu merah lebih mudah dimengerti orang-orang Indonesia ketimbang nama aslinya: lampu lalu lintas (traffic light).

Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) adalah perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat bunyi untuk mengatur Lalu Lintas orang dan/atau Kendaraan di persimpangan atau pada ruas Jalan. (UU no. 22/2009)

Banyak hal-hal yang terkesan lucu terjadi di jalan raya, hal ini dikarenakan tingkah para pengguna jalan yang kadang nekat dan begitu ekstrim: bermain dengan keselamatan!. Beberapa hal "bodoh" yang biasa terjadi di lampu merah diantaranya, adalah:

1. Menerobos lampu merah


Hal yang paling lumrah dijumpai saat di lampu merah adalah kebiasaan buruk sebagian orang yang menerobos lampu merah, artinya bahwa saat lampu merah menyala tapi nekat jalan tanpa memperhatikan keselamatan dirinya. Bukan hanya kendaraan bermotor saja, pengendara sepeda dan tukang becak juga sering melakukan hal ini, dengan santai menerobos rambu-rambu lalu-lintas saat lampu merah menyala.

2. Ngebut saat lampu kuning sudah menyala


Lampu kuning adalah peringatan bahwa pengguna jalan harus berhati-hati, karena lampu merah akan segera menyala. Tapi, tak jarang orang malah memacu kendaraan mereka dengan kencangnya untuk mengindari lampu merah. Padahal, bisa jadi saat berada ditengah jalan, pengguna jalan dari arah lain sudah berjalan karena lampu hijau menyala, maka apa yang terjadi sudah bisa dibayangkan.

3. Jalan saat waktu peringatan masih berjalan mundur


Saat ini banyak dijumpai traffic light yang dilengkapi dengan penghitung waktu, tentu saja keberadaan penghitung waktu semacam ini bisa memberi peringatan lebih terkontrol pada pengguna jalan. Ada waktu yang meunjukkan berapa lama lampu hijau atau merah menyala, sehingga pemakai jalan bisa lebih berhati-hati.

Sering saya jumpai pengendara yang sudah jalan padahal waktu lampu merah masih sekian detik, lampu hijau belum menyala. Padahal, bisa jadi dari arah lain lampu merah belum menyala sehingga masih ada kendaraan yang berjalan, bayangkan saja akibat fatalnya bila sudah demikian.

4. Membunyikan klakson saat lampu sudah hijau


Ada banyak kepentingan saat orang berada di jalan raya, entah keperluan pribadi maupun yang terkait dengan pekerjaan, sehingga tak jarang orang tergesa-gesa dan merasa tidak sabar saat harus berhadapan dengan lampu merah. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang merasa tak sabar sehingga saat lampu merah berubah warna mejadi hijau, seenak mereka sendiri membunyikan klakson dengan maksud agar kendaraan yang didepan segera jalan. Padahal, kalau mau berfikir sedikit saja, kendaraan di barisan depan pastinya juga ingin segera berjalan, tak perlu di klakson juga sudah tahu.
Ha-Hal "Bodoh" Yang Biasa Terjadi di Lampu Merah
Demikian tadi hal-hal yang biasa terjadi di lampu merah, selain itu tentu masih ada hal-hal lain yang terkait dengan kedisiplinan dan pemahaman keliru sebagian masyarakat Indonesia. Bukan berarti saya adalah orang yang tidak pernah melakukan hal-hal "bodoh" seperti yang saya sebutkan diatas, hanya saja saya berharap semakin tumbuh kesadaran dalam berlalu lintas, khususnya di lampu merah.

Bukan soal denda atau sanksi yang mengikat terkait pelanggaran-pelanggaran di jalan raya, tapi lebih kepada keselamatan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Banyak kasus kecelakaan yang tak jarang merenggut nyawa, semua berawal dari pelanggaran aturan berlalu-lintas. Tapi sudahlah, banyak orang yang sebenarnya sudah tahu aturan tapi tetap melanggarnya, semoga segera sadar dan selalu beruntung.
Hal-Hal "Bodoh" Yang Biasa Terjadi di Lampu Merah 4.5 5 Sukadi March 22, 2016 Bicara soal keselamatan di jalan raya, ada banyak faktor yang mempengaruhinya, entah karena ganggua...


3 comments:

  1. Kalo ada timernya, biasanya saya akan matiin mesin motor kalo lampu merahnya msh lama cuma pernah kejadian tuh motor ga bisa hidup lagi alias mogok. Itu hal "bodoh" bukan ya? hehe

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    ReplyDelete
  3. Sering juga saya dapati kendaraan di lini depan traffic light tertunda melaju pdhl lampu hijau sdh menyala. Ada yg pengendaranya gak konsen, ada yg krn asyik dg gadget, ada jg yg krn sibuk ngobrol. Kalo pas spt itu ya terpaksa diklakson

    ReplyDelete