Pembongkaran Kalijodo Aman, Perencanaan Dipersiapkan

 On March 1, 2016  

Setelah melalu proses yang panjang, penuh liku, dan diwarnai dengan pro kontra, akhirnya kemarin lokasi Kalijodo pun resmi di bongkar. Memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi dengan ketegasan dari Ahok dan kesadaran dari warga yang mau di relokasi, akhirnya setelah SP3 turun pembongkaran pun dilakukan. Tidak main-main, petugas yang dipersiapkan untuk mengawal proses penggusuran berjumlah ribuan, hal ini wajar, mengingat banyaknya isu yang berkembang dan untuk berjaga-jaga bilamana terjadi gangguan keamanan.

Dalam berita hari ini pembongkaran Kalijodo berlangsung aman dan tertib, tidak ada warga yang bertahan di Kalijodo karena semua sudah dipindahkan. Banyak warga yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan proses pembongkaran kawasan yang rencananya mau dibuat sebagai kawasan terbuka hijau ini. Momen langka ini pun dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk mengambil gambar pembongkaran yang proses awalnya berjalan alot tersebut. Memang tidak ada yang boleh mendekat, tapi masyarakat menyaksikan dari kejauhan, dari seberang sungai, petugas pun berkeliling berjaga di sekitar lokasi.
Perencanaan Kalijodo / www.sindonews.com
Setelah kemarin proses pembongkaran berjalan aman, berita hari ini pembongkaran kalijodo sudah hampir selesai, perencanaan terkait pembagungan eks lokalisasi Kalijodo sudah disusun, fasilitas lengkap di Taman Kalijodo sudah dipersiapkan oleh Pemprov DKI, setidaknya sembilan konsep ruang untuk Taman Kalijodo sudah dipersiapkan. Nantinya dibekas lahan eks lokasilasi Kalijodo juga akan ditanami 15 jenis pohon. Fasiltas seperti jogging track, sarana olahraga, lokasi berkumpul dan bermain, dan beberapa fasilitas lainnya.

Kabarnya Pemprov DKI Jakarta akan melakukan sayembara pembuatan desain pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di eks lokalisasi Kalijodo. Hal ini dimaksudkan untuk membuat perencanaan yang sebaik-baiknya, apalagi banyak minat dari para arsitek untuk membuat desain ruang terbuka hjaiu (RTH) di kawasan eks lokalisasi Kalijodo.

Secara fisik memang kawasan Kalijodo sudah di bongkar, namun harapannya setelah pembongkaran tersebut tidak muncul permasalahan baru, utamanya adalah permasalahan sosial bagi warga di kawasan tersebut. Butuh persiapan mitigasi sosial secara matang, anak-anak usia sekolah harus difikirkan karena sudah terlanjur menempuh pendidikan disekitar tempat tinggal lama mereka. Pekerjaan eks penghuni Kalijodo juga perlu diprioritaskan, mengingat sebagian warga dulunya menggantungkan penghasilan dari "dunia gelap" lokalisasi Kalijodo.

Pemerintah pusat dan daerah harus bahu membahu dalam menuntaskan dan mengantisipasi segala bentuk permasalahan yang ditimbulkan akibat penggusuran Kalijodo. Pembekalan keterampilan, penyediaan fasilitas pendidikan, penyuluhan dan pembinaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan penanganan permasalahan sosial perlu dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Seperti pernah saya tuliskan dalam postingan sebelumnya, usaha pemerintah daerah dalam mendata dan membina eks PSK lokasisasi Kalijodo mengalami kendala, karena tidak semua PSK mau didata dan dibina oleh Dinas Sosial Pemprov DKI. Bahkan, sudah banyak PSK yang pulang kampung, entah benar atau tidak, namun hal ini perlu diantisipasi. Jangan sampai nantinya akan muncul permasalahan sosial lain, utamanya masalah prostitusi di Jakarta. Karena tidak menutup kemungkinan bila tidak ada langkah preventif, masalah prostitusi bisa muncul lagi secara bebas tanpa lokalisasi.

Harapannya nanti setelah pembongkaran dan pembangunan kawasan eks lokalisasi Kalijodo bisa memberi dampak positif bagi masyarakat Jakarta pada khususnya, sebagaimana tujuan awal dari pembongkaran kawasan ini. Permasalahan sosial semoga tidak timbul, apapun bentuknya, jangan sampai ada kepentingan-kepentingan yang bercampur aduk dengan urusan penataan Kalijodo. Jakarta memang wilayah dengan permasalahan kompleks, perlu ada ketegasan, tapi butuh kerjasama semua fihak agar semua permasalahan bisa selesai, jangan hanya mengurusi kepentingan pribadi dan golongan saja. Kita berharap Jakarta lebih baik karena inilah wajah Indonesia.
Pembongkaran Kalijodo Aman, Perencanaan Dipersiapkan 4.5 5 Sukadi March 1, 2016 Setelah melalu proses yang panjang, penuh liku, dan diwarnai dengan pro kontra, akhirnya kemarin ...


4 comments:

  1. Semoga tidak ada pihak yang dirugikan.

    ReplyDelete
  2. Semoga jakarta menjadi lebih baik dengan gubernur yang memang bekerja sebagaimana seharusnya...

    ReplyDelete
  3. dengen penertiban dan pembasmian penyakit masyarakat semoga jakarta kedepannya menjadi kota yang penuh berkah

    ReplyDelete
  4. Takutnya itu penghuninya menyebar ke beberapa tempat yang akhirnya membuka beberapa lokasi baru sekaligus.

    ReplyDelete