Tips Perawatan Kulit Dan Sekilas Tentang Kolagen

 On March 4, 2016  

Bagi kaum wanita, menjaga penampilan merupakan sebuah kebutuhan penting, bukan hanya kaum wanita saja sebenarnya, tapi memang yang lebih identik dengan perawatan kulit adalah kaum wanita. Banyak cara dilakukan agar penampilan tetap terjaga, mulai dari perawatan di salon, hingga merawat sendiri dengan cara-cara sederhana.

Banyak tips yang bertebaran di internet terkait banyaknya bahan yang bisa dipergunakan untuk merawat kulit, salah satunya adalah buah mentimun. Selain bermanfaat sebagai buah atau sayur, mentimun kabarnya bisa juga untuk merawat kulit dan rambut. Kenapa demikian?, karena kandungan dalam buah mentimun 90%-nya adalah air, nutrisi seperti vitamin C dan asam caffeic yang dapat membantu untuk menenangkan, melembabkan dan mencerahkan kulit, dapat juga untuk mengurangi iritasi. 
Manfaat Buah Mentimun
Buah Mentimun
Penggunaan buah mentimun secara rutin mampu menghasilkan kulit mulus, lembut, kenyal dan bisa juga untuk membantu menghilangkan racun dalam kulit. Selain itu, mentimun juga biasa digunkan sebagai “terapi” untuk mengurangi rasa lelah. Untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah daerah mata, biasanya orang akan menggunakan irisan mentimun yang di pasang/diletakkan di mata, kandungan antioksidan dan silika di dalam mentimun dipercaya mampu membantu mencerahkan dan menghilangkan lingkaran hitam di daerah mata.

Bagi yang bermasalah dengan kulit, timbulnya selulit kadang membuat tidak nyaman, buah mentimun diyakini mampu menghilangkan selulit. Cara untuk menghilangkan selulit dengan menggunakan mentimun adalah dengan campuran antara jus mentimun dan madu, hasil dari campuran ini di balurkan pada bagian-bagian yang ada selulitnya. Cara ini juga dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan serat kolagen kulit.

Selain apa yang sudah saya singgung diatas, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari buah mentimun, bisa Anda cari referensinya lewat buku atau internet. 

Permasalahan lain yang kadang timbul pada kulit adalah kulit kusam dan bintik hitam pada wajah, hal ini tentu saja membuat orang menjadi kurang percaya diri. Banyak yang bilang kalau timbulkan kulit kusam dan bintik hitam pada kulit wajah bukanlah hal alami, ada faktor-faktor yang menyebabkannya. Bahkan, ada yang mengatakan kalau hal tersebut terjadi pada usia dibawah 35 tahun, maka itu masuk dalam tipe penuaan dini.

Memang dengan terapi pengobatan dengan menggunakan buah mentimun bisa menjadi salah satu solusi dari beberapa permasalahan kulit, akan tetapi akan lebih baik bila melakukan pencegahan jangan sampai permasalahan seperti kulit kusam dan bintik hitam di wajah muncul, apalagi di usia muda.

Dari beberapa artikel yang saya baca, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bintik hitam dan kulit kusam pada wajah, beberapa diantaranya adalah dengan konsumsi makanan yang sehat, perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat dan perbanyak minum air putih. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan capat saji dan juga cemilan dengan kadar gula terlalu tinggi. Kenapa demikian?, karena kandungan gila dapat menyababkan kolagen menjadi rapuh. Apa itu kolagen?, berikut penjelasan dari Wikipedia:

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat).

Jangan banyak begadang, karena kurang tidur bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, hal ini terjadi karena hormon pertumbuhan yang mendorong pembaharuan dan perbaikan sel, kemudian keratin dan kolagen – protein yang memberikan kekencangan kulit di produksi saat tidur. Hindari juga stres, dehidrasi, karena saat kekurangan cairan maka kandungan air dalam kulit menjadi turun, kulit menjadi pucat dan kering.

Dengan aktivitas yang semakin padat, kebiasaan yang mulai berubah, dan permasalahan lingkungan seperti polusi, maka kecendurangan timbulnya permasalahan pada kulit akan semakin besar. Oleh karenanya perlu kehati-hatian untuk tetap menjaga kulit akan tetap sehat dan terlihat cantik. Bagaimanapun juga segala sesuatunya harus diupayakan, usaha pencegahan, perawatan sendiri, atau pemeliharaan ke salon adalah beberapa rangkaian yang perlu dilakukan agar penampilan tetap terjaga.

____________________________________________________________
Bacaan & referensi: Bintang.com dan Tablodinova.com
Tips Perawatan Kulit Dan Sekilas Tentang Kolagen 4.5 5 Sukadi March 4, 2016 Bagi kaum wanita, menjaga penampilan merupakan sebuah kebutuhan penting, bukan hanya kaum wanita sa...


2 comments:

  1. terima kasih infonya, kalau kantung mata apa juga bisa dihilangkan atau dikurangi dengan meletakkan irisan mentimun di mata?

    ReplyDelete
  2. blog yang bagus, tampilannya menarik, artikel-artikelnya yang sarat akan informasi sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen. informasi yang disajikan sangat faktual.
    terimakasih atas informasinya gan.
    salam kenal
    by, deni sugilar
    ada informasi menarik tentang hotel murah di bogor
    kalau ada waktu dan kesempatan kunjungi ya gan. di www.hotelmurahdibogor.org

    ReplyDelete