Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memanggil Jasa Service AC

 On April 7, 2016  

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memanggil Jasa Service AC
Seringkah Anda berada di dalam situasi di mana Anda mengetahui ada sesuatu yang tidak benar dengan AC Anda tetapi Anda terlalu takut untuk mencoba mencari tahu penyebabnya. Air Conditioner atau biasa disingkat dengan AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang penggunaannya dapat mencapai lebih dari 12 jam setiap harinya. Apalagi dengan kondisi cuaca di Jakarta yang panas, penggunaan AC setiap hari semakin tinggi. Oleh karena itu, apabila terjadi suatu kerusakan pada AC dan Anda terlambat untuk menyadarinya, maka biaya dan waktu yang akan Anda butuhkan akan bertambah. Mari simak bersama hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum memanggil penyedia jasa service AC:

Periksa Kipas Saringan Udara AC Anda Untuk Debu atau Karat


Kualitas aliran udara yang mengalir dari AC Anda tergantung kepada udara yang berotasi di saringan dalam AC Anda. Untuk tetap menjaga kualitasnya, setiap enam bulan sekali periksalah saringan udara AC dari debu atau binatang seperti laba-laba, semut, laron, atau binatang kecil lainnya yang mungkin terjebak di saringan tersebut. Apabila saringan udara AC Anda tidak diperiksa dan diganti secara berkala, ada kemungkinan besar debu akan mulai terkumpul dan terkondensasi di saringan. Apabila hal ini terjadi maka AC Anda dapat terjadi penyumbatan dan kualitas udara yang keluar akan menjadi tidak baik untuk paru-paru Anda karena telah tercampur dengan debu-debu dan sisa-sisa binatang kecil. 

Periksa Pipa Pembuangan Air AC Anda


Sekarang, sebagian besar unit AC yang sudah beredar di pasar memiliki switch pengaman yang apabila ada kebocoran air dari selang pipa maka AC akan secara otomatis mati sendiri. Dengan sistem ini, air tidak akan menetes dan masuk ke dalam rumah atau mengotori atap rumah. Oleh karena itu, periksalah air pada bagian bawah AC dan perhatikan apabila pipa pembuangannya tersumbat atau kotor. Sebelum memanggil service AC, ada baiknya Anda memeriksa dulu pipa pembuangan AC, apakah pipa tersebut dalam keadaan bersih atau dalam keadaan tersumbat? Dengan melakukan ini, penyedia jasa service AC akan menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk dapat membetulkan AC Anda dengan baik.

Periksa Aliran Listrik Rumah Anda


Setiap tahunnya penyedia jasa service AC menerima minimum dua hingga lima panggilan dari rumah untuk menservis AC mereka dan ternyata masalah rumah tersebut adalah aliran listrik mereka yang tidak lancar. Aliran listrik yang tidak lancar akan mempengaruhi kinerja AC yang bekerja minimum tujuh jam seharinya. Terutama bagi rumah yang memiliki kapasitas listrik yang tidak besar. AC yang sering mati karena pemakaian alat listrik yang lain yang kebanyakan akan memiliki aliran yang tidak baik, maka terjadilah mati lampu. Oleh karena itu, sebelum memanggil penyedia jasa service AC, pastikan Anda memeriksa aliran dan kuota listrik untuk memastikan bahwa kerusakan berasal dari AC itu sendiri dan bukan karena faktor lain.

Periksa Situasi Cuaca Wilayah Anda


Sebagian besar permasalahan AC juga dipengaruhi oleh keadaan cuaca atau udara yang terlalu ekstrim. Sebelum memanggil penyedia jasa service AC, pastikan Anda dapat menjelaskan permasalahan AC dengan baik, di mana salah satu faktornya adalah faktor cuaca di lingkungan Anda. Apabila cuaca selama seminggu panas terik atau melebihi 40 derajat celcius, kemungkinan besar AC Anda mengalami overheat. Mesin AC yang bekerja terlalu keras pada saat udara panas memiliki kemungkinan untuk crash dan rusak. Sedangkan apabila cuaca di lingkungan Anda dilanda hujan deras maka kemungkinan besar AC Anda kemasukan air atau terjadi korslet listrik akibat petir. Dengan memberikan informasi ini kepada penyedia jasa service AC, Anda akan lebih mempermudah pekerjaan mereka dan menghindari kesalahan teknis.

Periksa Kondensor AC Anda


Salah satu komponen terpenting dalam AC adalah kondensor yang dapat menahan aliran udara dingin. Tetapi untuk beberapa AC, bagian kondensor merupakan komponen yang rentan rusak. Sebelum memanggil penyedia jasa service AC, pastikan sekrup-sekrup yang menahan kondensor masih terkait dengan baik dan tidak mudah lepas. Letakkan kondensor AC Anda di luar rumah, jauh dari jangkauan binatang dan tanaman-tanaman yang mudah layu. Baling-baling kondensor AC sangat sensitif apabila terkena objek luar yang kasar. Pastikan agar kondensor Anda memiliki suara yang lembut dan tidak kasar untuk menjaga keawetan AC Anda.

Biasanya, untuk mencari penyedia jasa service AC kita lebih sering menanyakan rekomendasi dari kerabat dan teman yang belum tentu bisa memberikan rekomendasi secara objektif. Kualitas dari penyedia jasa sangat mempengaruhi hasil kerja yang Anda dapatkan, maka dari itu ada baiknya Anda menghabiskan sedikit usaha lebih demi mendapatkan penyedia jasa yang berkualitas. 
Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memanggil Jasa Service AC
Mengedepankan fungsi rating dari pelanggan, Sejasa.com menjadi solusi terbaik dalam menemukan penyedia jasa service AC terpercaya di wilayah Jakarta. Anda dapat memilih penyedia jasa service AC yang berlokasi di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, sampai Jakarta Selatan. Hanya dalam satu langkah, Anda dapat melakukan permintaan jasa. Kunjungi Sejasa.com, pilih penyedia jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau tulis kategori layanan yang Anda butuhkan pada kolom pencarian untuk mendapatkan daftar rekomendasi penyedia jasa terpercaya yang sesuai dengan lokasi Anda. Nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa, Anda dapat memilih yang sesuai dengan budget. Tidak hanya itu, Anda juga melihat business profile penyedia jasa, lengkap dengan portfolio hasil pekerjaan mereka dan review dari customer yang pernah menggunakan jasa mereka sebelumnya.
Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memanggil Jasa Service AC 4.5 5 Sukadi April 7, 2016 Seringkah Anda berada di dalam situasi di mana Anda mengetahui ada sesuatu yang tidak benar denga...


No comments:

Post a Comment