Inilah Serba-Serbi Alergi Susu pada Anak

 On May 19, 2016  

Susu memang merupakan salah satu jenis makanan yang sangat penting bagi anak. Kandungan nutrisi susu yang tinggi mampu membantu mencukupi kebutuhan gizi harian tubuh anak. Sayangnya, tidak semua anak bisa mengonsumsi susu secara leluasa. Sebab ada beberapa kondisi khusus yang membuat anak-anak mengidap alergi susu.
Inilah Serba-Serbi Alergi Susu pada Anak
Susu / img: alergianak.com
Ingin tahu seperti apa kondisi alergi susu pada anak anda? Mari simak beberapa info berikut ini :

Hal yang Bisa Membuat Anak-Anak Alergi Terhadap Susu

Anak-anak yang mengalami alergi susu ternyata memiliki kondisi sistem kekebalan tubuh yang sensitif terhadap salah satu jenis protein dalam susu. Protein jenis casein-alpha S1 merupakan penyebab utama alergi susu. Ternyata, susu menjadi satu dari delapan jenis makanan yang paling sering menyebabkan alergi pada anak.

Apakah Hanya Susu Sapi yang Menyebabkan Alergi?

Faktanya, bukan hanya susu sapi yang bisa menyebabkan alergi. Jenis susu lain yang terbuat dari gandum, kacang almond, dan kacang kedelai juga berisiko menyebabkan alergi. Namun jumlah akibat jenis susu tersebut tergolong jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan alergi susu sapi. Alergi susu gandum sangat langka di negara-negara barat dan banyak ditemukan di Jepang dan Korea sejak tahun 1990-an.

Gejala Alergi Susu yang Terjadi pada Anak

Alergi susu biasanya dialami sejak usia bayi. Ada beberapa kasus alergi yang mulai hilang ketika usia anak semakin bertambah. Namun ada pula anak-anak yang tetap mengidap alergi susu hingga usia dewasa. Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh alergi susu antara lain :
  • Ruam dan bentol di sekujur kulit
  • Mual, muntah dan atau diare
  • Rasa gatal di sekujur tubuh
  • Kram perut
  • Batuk dan bersin
  • Pertumbuhan terhambat bila alergi susu tidak segera diatasi

Cara Mengatasi Alergi Akibat Susu

Penanganan terhadap kondisi alergi susu harus dilakukan sesuai dengan saran dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menghentikan konsumsi susu dan mengonsumsi makanan sumber protein alternatif lain. 

Anda tak perlu khawatir dengan asupan nutrisi bagi anak. Saat ini banyak produk susu formula yang diperuntukkan khusus untuk anak yang terkena alergi susu sapi saat masih kecil. Sehingga buah hati Anda tetap dapat memperoleh asupan protein tanpa memicu alergi yang diidapnya.
Inilah Serba-Serbi Alergi Susu pada Anak 4.5 5 Sukadi May 19, 2016 Susu memang merupakan salah satu jenis makanan yang sangat penting bagi anak. Kandungan nutrisi sus...


1 comment:

  1. keponakan saya juga pernah tuh alergi susu
    badan nya pada bintik2 merah gitu..
    ohh gitu cara ngatasinnya nice info mas :D

    ReplyDelete