Harga Rumah Mahal? Beli Apartemen!

 On July 29, 2016  

Meroketnya harga rumah tapak atau landed house kini membuat rumah tapak tidak lagi menjadi pilihan utama masyarakat untuk membeli tempat tinggal. Apalagi, pertumbuhan perkotaan banyak memaksa pengembang untuk membuat rumah susun (rusun). Baik itu apartemen mewah hingga rusunami.

Hal ini diakibatkan oleh beralihnya pilihan masyarakat yang menilai bahwa harga rumah tapak sudah mulai tidak rasional dan juga tidak terjangkau lagi. Kini masyarakat mulai mengalihkan perhatian mereka ke apartemen maupun rusunami yang dinilai lebih murah.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Di lihat saja contohnya, rumah dijual di Jakarta bagian pinggiran saja sudah memiliki harga 500 jutaan. Itu pun merupakan harga rumah yang memiliki tipe terkecil. Tidak mengherankan kini masyarakat sudah berpaling dari rumah tapak.
Harga Rumah Mahal? Beli Apartemen!
Apartment Niffaro Park Jakarta Selatan / source: www.urbanindo.com
Selain itu, letak apartemen atau rusun kini juga dinilai lebih strategis. Ditambah lagi, fasilitas penunjangnya juga dinilai lebih lengkap dari rumah tapak. Keberadaan sekolah, toko swalayan, tempat berolahraga, dan transportasi lebih dapat dijangkau oleh apartemen.

Hal ini ditambah lagi dengan alasan bahwa kebanyakan masyarakat sebenarnya lebih mengutamakan lokasi dari properti yang akan beli daripada kemampuan membayar. Apartemen dan rusunami tentunya memenuhi kriteria tersebut dan kebanyakan memiliki lokasi yang strategis.

Namun, hal tersebut bukan tanpa kekurangan. Masyarakat Indonesia dinilai belum terbiasa untuk hidup di lingkungan vertikal seperti apartemen atau rusunami. Mereka lebih terbiasa untuk tinggal dan bertetangga dengan cara lingkungan horizontal.

Padahal, dengan memilih apartemen dan rusunami, masyarakat dapat menghemat pengeluaran, mengingat kedua jenis properti tersebut dikembangkan di tengah kota dan memiliki lokasi yang strategis. Jika biasanya masyarakat dapat mengeluarkan ratusan ribu untuk transportasi per bulannya karena tinggal di pinggiran kota, dengan tinggal di apartemen atau rusunami, hal itu bisa ditekan.

Walaupun tidak berada di lokasi yang terlalu premium, paling tidak apartemen dan rusunami mulai dibangun di dalam kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi, juga di Tangerang. Biasanya, lokasi tersebut juga reintegrasi dengan sarana transportasi yang reintegrasi seperti stasiun kereta dan terminal bus.

Saat ini, harga apartemen di pasaran berada pada kisaran 300 hingga 600 juta rupiah. Harga tersebut masih berada di bawah kisaran 300 juta rupiah pada dua tahun lalu. Dan harga tersebut merupakan harga di luar harga rusunami.
Harga Rumah Mahal? Beli Apartemen! 4.5 5 Sukadi July 29, 2016 Meroketnya harga rumah tapak atau landed house kini membuat rumah tapak tidak lagi menjadi pilihan ...


No comments:

Post a Comment