Daya Guna Inverter Bagi Kehidupan Manusia

 On September 24, 2016  

Mungkin sudah pernah kita dengar istilah Inverter dalam keseharian, memang terkesan asing, karena memang menyebut inverter maka erat kaitannya dengan dunia elektronika atau kelistrikan. Meskipun pernah mendengar atau menyebutnya, akan tetapi bila tidak mempelajarinya secara mendetail besar kemungkinan kurang memahami apa sebenarnya inverter itu.

Saya sendiri juga masih awam, karena memang saya kurang begitu memahami dunia elektronik atau kelistrikan. Bagi Anda yang sedang mempelajari elektronika, bahasan tentang Inverter tentu saja sangat penting, baik itu tentang fungsi serta cara kerja Inverter. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini, saya coba mengulas sedikit tentang definisi dan cara kerja Inverter yang saya dapat sumbernya dari beberapa artikel.
Inverter / photo: www.ralali.com
Secara umum, inverter didefinisikan sebagai pembalik. Secara istilah, inverter dapat didefinisikan sebagai alat yang terdiri dari rangkaian elektronika daya dan berfungsi untuk mengubah atau mengkonversi arus listrik searah menjadi arus bolak-balik.  Inverter  adalah kebalikan dari converter atau adaptor, yang berfungsi mengkonversi tegangan bolak-balik / AC menjadi tegangan searah / DC.

Seiring dengan kemajuan teknologi, Inverter berkembang dengan memiliki beberapa tipologi, mulai dari inverter dengan tegangan bolak-balik/AC saja sampai dengan inverter yang dapat menghasilkan tegangan sinus murni tanpa di sertai harmonisasi. Selain itu, inverter juga dikelompokkan berdasarkan bagian fasa-nya, diantaranya satu fasa, tiga fasa, dan yang terakhir dengan multifasa.

Seperti yang ingin di bahas pada artikel ini, bahwa inverter memiliki daya guna yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Diantara salah satu fungsi utama Inverter adalah merubah atau mengkonversi tegangan searah /DC menjadi tegangan bolak-balik /AC. Dalam hal ini salah satu manfaat Inverter biasanya digunakan pada bidang otomatisasi dan teknik industri. Selain itu, inverter juga dapat diaplikasikan pada proses linear yaitu parameter yang dapat dirubah-ubah.

Manfaat yang selanjutnya terdapat pada sistem UPS. Pada sistem ini, inverter digunakan merubah energi yang dihasilkan dari baterai. Pengubahan tersebut dari arus output yang masuk ke perangkat pemakaian. Hal inilah yang di sebut dengan prinsip dan konfigurasi Uninterruptible Power Supply atau disingkat dengan UPS. Pemanfaatannya secara praktis bisa dirasakan manusia seperti lampu penerangan (senter), Hand Phone, Remot Control TV, dan segala macam alat yang memakai Baterai.

Sistem Inverter juga di manfaatkan pada penggunaan motor listrik. Cara kerjanya yaitu dengan merubah input motor listrik arus AC (bolak-balik) menjadi DC (searah). Setelah itu, diubah lagi menjadi bolak-balik / AC, tentunya dengan frekuensi yang diinginkan. Sehingga dengan demikian kecepatan motor listrik dapat dikontrol sesuai keinginan.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat memberikan cadangan tenaga listrik. Dalam hal ini sistem Inverter berguna dalam pembuatan listrik tenaga surya. Fungsinya untuk digunakan mengubah arus DC dari sumber seperti panel surya, menjadi arus listrik AC. Sehingga ketika terjadi pemadaman listrik bisa menjadi listrik cadangan. Selain itu juga sering di manfaatkan di lampu-lampu penerang jalan. 

Terakhir akan di paparkan tentang beberapa teknik kendali yang bisa Anda gunakan agar inverter mampu menghasilkan sinyal sinusoidal. Caranya adalah dengan mengatur keterlambatan pada sudut penyalaan inverter ke tiap-tiap lengan. Cara ini yang paling sering digunakan yaitu di sebut dengan modulasi lebar pulsa atau dengan sebutan yang lain PWM.
Lalu, berapa harga Inverter itu? Dari referensi ralali.com, harga inverter yang paling murah berada pada kisaran 400 ribuan hingga puluhan juta rupiah. Tentu saja perbedaan harga dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya karena perbedaan pilihan daya seperti 500 watt, 1000 watt, 2000 watt, 5000 watt dan sebagainya. Tersedia juga berbagai merek atau brand, seperti Panasonic, Hitachi, Dalton Krisbow, Prolink, atau H&L.

Sekian beberapa informasi singkat tentang pendaya gunaan Inverter dalam kehidupan sehari-hari, semoga informasi yang disampaikan dalam artikel kali ini dapat memberi manfaat.
Daya Guna Inverter Bagi Kehidupan Manusia 4.5 5 Sukadi September 24, 2016 Mungkin sudah pernah kita dengar istilah Inverter dalam keseharian, memang terkesan asing, karena m...


No comments:

Post a Comment