Mengatasi Bau Mulut Dengan Cara Sederhana

 On September 28, 2016  

Setiap orang tentu ingin berpenampilan menarik, karena penampilan bisa membuat orang lebih percaya diri. Bukan hanya tampilan fisik saja, ada factor lain yang bisa menambah kepercayaan diri seseorang, diantaranya bau badan yang wangi dan mulut yang tidak berbau, terutama bagi mereka yang sering berinteraksi dengan orang lain.
Bicara mengenai bau mulut, hal yang satu ini merupakan “penyakit” yang dihindari oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Saat orang bau mulut maka akan membuat minder, kurang percaya diri, orang yang ada disekitar pun juga merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu orang berusaha menghindar jangan sampai bau mulut terjadi pada mereka. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gangguan bau mulut, diantaranya adalah:

#. Gigi dalam keadaan kurang bersih atau sakit gigi

Bukan hal aneh ketika orang sakit gigi maka akan menimbulkan efek bau mulut. Bukan itu saja, ketika gigi kurang bersih pun juga berakibat mulut menjadi bau, hal ini dikarenakan sisa makanan akan mengalami pembusukan sehingga bisa menimbulkan bau pada ulut.

#. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut

Sebagai contoh adalah konsumsi bawang, jengkol, dan jenis makanan berefek pada bau mulut lainnya. Bahkan, produk yang berbau susu pun juga bisa menyebabkan bau mulut, karena produk yang berbahan susu bisa mengentalkan ingus dan mengakibatkan aroma seperti sulfur.

#. Tembakau atau rokok

Penyakit gusi atau kanker mulut bisa terjadi akibat orang merokok atau mengunyah tembakau, selain itu juga bisa memicu timbulnya bau mulut.

#. Kondisi sakit

Bau mulut juga bisa disebabkan karena gangguan infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, seperti sariawan, diabetes, bronchitis, intoleransi laktosa, refluks asam, masalah perut yang lain, serta beberapa penyakit ginjal atau hati.

#. Tingginya kadar asam lambung

Saat orang mengalami asam lambung tinggi (maag), bau mulut bisa timbul karenanya.

#. Mulut kering dan efek obat

Bau mulut juga bisa timbul akibat mulut kering, hal ini disebabkan karena produksi air liur yang diproduksi oleh tubuh tidak mencukupi, padahal air liur inilah yang membantu melembabkan dan membersihakn mulut. Selain itu, efek beberapa jenis obat juga bisa mengakibatkan mulut kering sehingga menimbulkan bau mulut.

Selain apa yang saya sebutkan diatas, masih ada penyebab bau mulut lainnya. Tapi, apapun penyebabnya, hal yang paling menjadi factor penyebab timbulnya bau mulut adalah kondisi mulut yang kurang bersih, khususnya pada gigi. Nah, bila sudah tahu demikian, ada baiknya memperhatikan kebersihan mulut dan khususnya pada gigi dengan melakukan cara sederhana. Apakah cara sederhana tersebut? Selain rajin menggosok gigi, berkumur minimal dua kali sehari bisa menjaga mulut dan gisi bersih serta nafas tetap segar. Karena berdasarkan informasi yang saya baca, hanya 25% area mulut yang dibersihkan bila hanya menggosok gigi.

Saat ini juga sudah tersedia banyak obat kumur dipasaran, salah satu yang terkenal adalah produk dari Listerine. Dimana mouthwash Listerine bila digunakan sesuai dengan aturan dan cara berkumurnya benar, maka masalah bau mulut bisa teratasi. Hal ini berdasarkan data yang saya baca dari web Listerine.co.id. bukankah sudah banyak yang sudah membuktikan hal tersebut?.

Nah, jangan sampai masalah bau mulut mengganggu aktivitas kita. Hindari penyebab bau mulut seperti yang sudah dibahas diatas, selain itu jaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara berkumur minimal dua kali dalam sehari. Kepercayaan diri itu penting, jangan sampai orang menjauh dari kita gara-gara permasalahan bau mulut yang tak nampak tapi begitu terasa efeknya pada orang yang berinteraksi dengan kita. Semoga bermanfaat.
Mengatasi Bau Mulut Dengan Cara Sederhana 4.5 5 Sukadi September 28, 2016 Setiap orang tentu ingin berpenampilan menarik, karena penampilan bisa membuat orang lebih percaya ...


2 comments:

  1. Gigi ane banyak lubangnya pak :(

    ReplyDelete
  2. saya ngg apernah pakai lishterin mas, belum nyoba soalnya. saya sikat gigi pas mau tidur aja :p.
    saya pakai pasta gigi full proteksi 24 jam kayak satpam haha

    ReplyDelete