7 Langkah Persiapan Untuk Melahirkan Yang Perlu Diketahui

 On October 11, 2016  

Setiap pasangan suami istri tentu merasa senang saat mengetahui bahwa sudah ada calon bayi dalam kandungan sang istri. Kurang lebih 280 hari setelah pembuahan, buah hati yang dinanti-nanti pun akan segera lahir kedunia. Tidak mengherankan bila saat menjelang kelahiran, ada banyak hal yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Bagi yang sudah mengalami proses kelahiran sebelumnya, tentu sudah banyak belajar, namun bagi pasangan yang baru pertama mengalami masa ini, tentu harus banyak mencari referensi mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan dalam proses melahirkan.
Kelengkapan untuk bayi
Ada banyak hal yang perlu disiapkan, selain uang, ada beberapa hal pokok lain sebagai persiapan untuk melahirkan yang penting untuk diketahui, diantaranya adalah:

1. Persiapan jasmani dan rohani

Tentu saja penting mempersiapkan jasmani dan rohani, karena bagaimanapun juga masa kehamilan hingga proses kelahiran erat hubungannya dengan kondisi jasmani dan rohani yang baik. Pemeriksaan rutin kandungan ke dokter merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui perkembangan ibu dan calon bayi. Perlu kejujuran dari calon ibu terkait kondisi dirinya dan jabang bayi, sehingga saat pemeriksaan bisa mendapatkan hasil yang positif terkait kesehatan ibu dan calon bayi. Jangan lupa untuk melakukan senam hamil secara teratur, hilangkan stress karena rasa takut atau khawatir saat proses melahirkan nantinya.

2. Mempersiapkan nomor telepon penting

Meskipun sudah ada prediksi kapan proses kelahiran akan terjadi, namun orang tak bisa memastikan kapan waktu yang tepat. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu tanda-tanda mau melahirkan sudah terasa, perlu mempersiapkan nomor telepon penting yang bisa dihubungi. Misalkan saja nomor telepon suami, keluarga, dokter, bidan, ambulan, atau nomor penting lain yang berhubungan dengan proses persalinan nantinya.

3. “Mempersiapkan” orang kepercayaan

Sebenarnya orang kepercayaan disini merupakan orang yang nantinya akan siap sedia ketika menjelang, proses, dan pasca melahirkan. Bisa suami, keluarga, atau orang yang dipercaya lainnya. Karena biasanya akan ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan, entah itu menelepon dokter, mempersiapkan kelengkapan, atau menyelesaikan kesibukan lain terkait proses kelahiran maupun pasca melahirkan.

4. Mempersiapkan alat transportasi

Bagi yang punya mobil sendiri hendaknya mempersiapkan dirumah ketika sudah mendekati waktu kelahiran. Untuk yang belum punya mobil pribadi, bisa mempersiapkan kira-kira siapa nantinya yang akan ditunjuk untuk mengantar ke dokter, bidan atau rumah sakit. Hal ini penting, jangan sampai nanti kebingungan mencari alat transportasi padahal sudah terasa tanda-tanda mau melahirkan.

5. Kamar bayi dan kelengkapannya

Akan lebih baik bila bayi memiliki kamar khusus, namun demikian, kamar orang tua pun juga tidak masalah. Yang terpenting adalah tempat tidur berkelambu, kasur, perlak, sprei, selimut, dan kelengkapan tidur lainnya.

6. Pakaian dan keperluan perawatan bayi

Tentu saja pakaian bayi harus sudah siap, secukupnya dulu, popok bayi, baju bayi, sarung tangan bayi, kaos kaki, baju hangat, topi bayi, dll. Selain itu, jangan lupa siapakan juga keperluan perawatan bayi seperti bedak, sabun, baby oil handuk, dan yang lainnya. Sebagai tambahan informasi, saat ini sudah tersedia JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® wash dipasaran, dimana produk ini memiliki banyak manfaat, diantaranya:
  • Bisa membersihkan rambut bayi dengan lembut serta dapat mencegah iritasi
  • Kadar pH yang seimbang
  • Tidak pedih dimata
  • Tidak tertinggal dikulit
  • Tidak menyebabkan kulit bayi menjadi kering, karena produk ini dapat mempertahankan lapisan alami kulit

7. Pakaian dan kelengkapan ibu selama persalinan

Jangan lupa untuk mempersiapakn pakaian ganti, dasater yang memudahkan utnuk menyusui, pakaian dalam yang longgar, alas kaki, dll. Perlengkapan mandi juga perlu disiapkan, tisu, sisir, dan kelengkapan lainnya. Yang tidak kalah penting adalah menyediakan pembalut wanita khusus untuk bersalin.

Nah, kiranya apa yang saya sampaikan diatas bisa dipersiapkan sejak dini, jangan sampai nanti merasa kerepotan saat hendak melahirkan atau selama proses kelahiran. Bagaimanapun juga proses melahirkan adalah proses yang alamiah, peristiwa yang wajar, hamper semua wanita mengalaminya. Namun bila tidak dipersiapkan nantinya bisa menjadi permasalahan tersendiri. Apa yang saya sampaikan tersebut mungkin baru beberapa hal saja, barangkali masih ada hal lain yang perlu dipersiapkan lagi, Anda bisa mancari atau menambahkannya sendiri. Semoga bermanfaat.
7 Langkah Persiapan Untuk Melahirkan Yang Perlu Diketahui 4.5 5 Sukadi October 11, 2016 Setiap pasangan suami istri tentu merasa senang saat mengetahui bahwa sudah ada calon bayi dalam ka...


No comments:

Post a Comment