Gejala dan Metode Terapi Kanker Payudara

 On October 13, 2016  

Kanker merupakan salah satu penyakit yang begitu ditakuti, karena penyakit ini begitu mematikan. Jenis kanker yang sering dialami oleh kaum wanita adalah kanker serviks dan kanker payudara atau breast cancer, yaitu kanker yang menyerang pada jaringan payudara. Menurut data WHO, di Indonesia pada tahun 2012 terjadi 40 kasus setiap 100.000 penduduk. Konon kabarnya kanker payudara juga bisa menyerang kaum pria, tapi kemungkinannya sangat kecil, 1:1000, meskipun kabar ini masih membutuhkan rujukan yang pasti.
Photoright: www.google.com
Dari informasi yang saya baca di beberapa blog informasi kesehatan, ada tanda-tanda atau gejala yang biasa timbul saat seseorang terkena kanker payudara, diantaranya adalah:
  • Adanya benjolan pada payudara, mulanya benjolan ini hanya kecil dan lama kelamaan akan membesar, lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu;
  • Dari puting susu keluar cairan berupa darah;
  • Terjadinya pengerutan pada puting susu serta terjadinya perubahan warna;
  • Di daerah ketiak terjadi pembengkakan;
  • Perubahan bentuk serta ukuran payudara;
  • Perubahan kulit sekitar payudara menjadi berpori layaknya kulit jeruk.

Walaupun sudah mengetahui tanda-tanda kanker payudara seperti yang disebutkan diatas, namun jangan langsung berfikir bahwa sudah pasti itu adalah kanker payudara, karena malah bisa membuat stres. Ya, mungkin saja benar, tapi akan lebih baik bila mengalami gejala seperti diatas, segera saja pergi ke dokter untuk periksa, nanti dari hasil pemeriksaan dokter spesialis inilah bisa diketahui apakah benar kanker payudara atau bukan. Karena bisa saja terjadi gangguan lain dengan gejala atau tanda-tanda yang hampir sama.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara, bisa karena faktor genetik atau faktor resiko. Kalau penyebabnya karena genetik, sudah jelas bahwa disebabkan oleh faktor keturunan. Kalau penyebabnya karena faktor resiko, bisa jadi dipengaruhi oleh radiasi, fakor reproduksi, penyakit fibrokistik, obesitas, penggunaan hormon, atau konsumsi lemak.

Untuk mengobati kanker jenis ini, bisa dilakukan dengan beberapa metode terapi, diantaranya:
  • Terapi radiasi, yaitu dengan proses penyinaran dengan sinar X dan sinar gamma pada area yang terkena kanker;
  • Mastektomi atau pengangkatan payudara yang terkena kanker;
  • Kemoterapi, merupakan pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina;
  • Terapi hormon, terapi dengan tujuan menghambat kerja hormon dan mencegah berkembangnya sel kanker.

Karena begitu berbahayanya penyakit ini, maka perlu adanya langkah pencegahan. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan, misalnya: periksakan payudara secara teratur sejak usia 30 tahun, segera periksa dokter bila mengalami gejala seperti diatas, menghindari kegemukan (obesitas), kurangi makanan yang banyak mengandung lemak, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C,  dan yang tidak kalah penting adalah melakukan olah raga secara teratur.
Gejala dan Metode Terapi Kanker Payudara 4.5 5 Sukadi October 13, 2016 Kanker merupakan salah satu penyakit yang begitu ditakuti, karena penyakit ini begitu mematikan. Je...


1 comment:

  1. Bener banget.. Harus diatasi sejak dini

    Pelajari dari gejala2nya:
    Adanya benjolan pada payudara, mulanya benjolan ini hanya kecil dan lama kelamaan akan membesar, lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu;
    Dari puting susu keluar cairan berupa darah;
    Terjadinya pengerutan pada puting susu serta terjadinya perubahan warna;
    Di daerah ketiak terjadi pembengkakan;
    Perubahan bentuk serta ukuran payudara;
    Perubahan kulit sekitar payudara menjadi berpori layaknya kulit jeruk.

    ReplyDelete