Mencari Solusi Dengan Konsultasi Kesehatan Anak - Sukadi.net

April 19, 2017

Mencari Solusi Dengan Konsultasi Kesehatan Anak

Konsultasi kesehatan anak adalah sebuah upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua guna menjaga anak-anak mereka agar selalu dalam kondisi baik-baik saja. Sebenarnya tidak perlu menunggu sakit atau ada masalah dengan buah hati, dalam kondisi sehat pun juga perlu berkonsultasi kepada ahlinya agar kelak saat dewasa anak tumbuh dengan baik tanpa ada masalah dengan kesehatan atau tumbuh kembangnya.

Konsultasi itu penting, apalagi saat anak sedang kurang sehat, sebab berkonsultasi kepada ahlinya akan di dapatkan solusi terbaik. Bukan menjadi rahasia lagi kalau pergi ke dokter untuk berkonsultasi biaya yang dikeluarkan cukup lumayan untuk ukuran ekonomi menengah kebawah, bagi yang punya anggaran tentu tidak menjadi masalah. Oleh sebab itu, bagi yang kondisi keuangan pas-pasan perlu solusi lain guna mencari jalan keluar utuk menyelesaikan permasalahannya. 
Konsultasi Kesehatan Anak
Ilustrasi. Photoright: Vidmir Raic / www.pixabay.com
Sebagai contoh, misalnya seorang anak sedang mengalami demam, bagi sebagian orang awam tentu hal ini dianggap biasa dan dicarikan obat secara tradisional atau sekedar beli obat ke warung. Memang terkadang hal semacam ini bisa menyembuhkan sakit pada anak, karena bisa saja demam yang di derita hanyalah demam biasa. Tapi, misalkan saja demam yang di derita karena sakit DB (demam berdarah), tentu akan berakibat fatal kalau hanya dengan model pengobatan seperti itu. Oleh sebab itu, konsultasi kesehatan anak itu diperlukan bilamana kondisi kesehatan anak sedang tidak baik. Apalagi sekarang ini semakin banyak jenis penyakit yang menyerang pada anak-anak dengan gejala yang hampir sama.

Tanpa bermaksud mengecilkan peran dokter atau ahli kesehatan lainnya, pada era teknologi seperti sekarang ini, banyak solusi yang bisa diperoleh guna mendapatkan rujukan penyelesaian masalah kesehatan. Sudah banyak forum konsultasi kesehatan di internet, banyak informasi kesehatan yang bisa diperoleh secara online, banyak aplikasi yang bisa dipergunakan. Semua mempermudah, tapi juga perlu dicari yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

Sebagai contoh, salah satu portal konsultasi yang ada di internet ada di www.ibudanbalita.com, dengan sub menu Tanya Pakar ibu dan balita, dimana pengunjung bisa bertanya seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil. Meskipun sifatnya online, tapi yang menjawab dari setiap pertanyaan adalah para dokter atau ahli di bidangnya, sebut saja Dr. Joel Juanda Tjong SpOG (Dokter Kandungan), Dr. Cynthia Utami Sp.A (Dokter Anak), Dr. Jezy Reisya Pranasari (Dokter Umum), Dr. Adnan Yusuf (Dokter Umum), dan Ine Indriani Aditya (Psikolog Anak). Dalam ruang tersebut Anda bisa bertanya dan berdiskusi mengenai permasalahan kesehatan yang sedang Anda hadapi.

Meski ada sumber informasi sebagai rujukan, namun berkonsultasi langsung kepada ahlinya saya rasa akan lebih baik, apalagi bila dalam kondisi mendesak. Apalagi saat ini sebagian orang sudah punya asuransi atau jaminan kesehatan lainnya yang memungkinkan untuk melakukan konsultasi atau periksa kesehatan secara gratis. Bukan berarti rujukan informasi yang banyak tersebar di internet itu salah, bukan itu maksud saya, tapi akan lebih baik rasanya bila permasalahan tertangani oleh ahlinya secara langsung. 

Konsultasi langsung ke ahlinya itu baik, lewat media online atau mencari rujukan informasi lewat portal berita juga tidak ada kelirunya, asalkan semua bisa dipertanggung jawabkan. Dengan membaca buku kesehatan, portal berita online, atau konsultasi secara online bisa menambah wawasan, bisa mengambil langkah preventif supaya anak senantiasa sehat. Hal ini akan memberi hal positif, baik bagi kesehatan maupun secara ekonomi, karena bila anak selalu sehat maka tak perlu mengeluarkan anggaran kesehatan untuk konsultasi atau periksa anak. Jadi, apapun pilihannya, semua harus berimbang dan sesuai dengan proporsinya. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda