Penyebab, Langkah Pencegahan dan Cara Mengobati Batu Ginjal

 On June 13, 2017  

Batu ginjal mungkin menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup mengganggu dan membuat para penderitanya merasa tidak nyaman. Untuk itulah para penderita batu ginjal ini harus segera menemukan cara mengobati batu ginjal agar bisa terbebas dari rasa yang cukup menyiksa. Biasanya, para penderita batu ginjal ini akan merasakan rasa nyeri yang terkadang cukup mengganggu pada bagian pinggang dan pada bagian perut bagian bawah.  Bahkan, penderita yang kondisi batu ginjalnya sudah parah bisa mengalami pembengkakan akibat infeksi hingga urin yang berdarah. Jika mengalami infeksi biasanya si penderita akan menjumpai urin yang berwarna keruh dan berbau tak sedap, demam hingga menggigil.
Ilustrasi. Photoright: Colin Behrens / www.pixabay.com
Batu ginjal ini biasanya akan terjadi saat terdapat material dari zat-zat sisa dalam darah yang mengendap dalam ginjal dan kemudian mengkristal. Zat mengristal ini bisa semakin besar seiring dengan waktu dan menjadi keras seperti layaknya batu. Sebetunya, jika batu ginjal ini bisa diketahui saat masih berukuran kecil, para penderitanya bisa menghilangkannya dengan mudah yaitu dengan minum aitr putih yang cukup sesuai dengan takaran yang akan membantu batu ginjal ini terdorong dan keluar. Tapi jika sudah terlanjur besar biasanya harus dilakukan tindakan khusus atau tindakan medis seperti:
  1. Tindakan operasi untuk mengeluarkan batu
  2. Tindakan laser untuk bisa menghancurkan batu yang ada dalam ginjal
  3. Tindakan ultrasound

Seperti kata pepatah bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”, begitu juga dengan kasus batu ginjal ini. Agar terhindar dari masalah batu ginjal yang cukup membuat terganggu dan tidak nyaman alangkah baiknya untuk melakukan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya endapan batu ginjal. Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya bisa mencegah terjadinya endapan di dalam kemih sehingga bisa meminimalisir akan terjadinya batu ginjal. Batasi juga konsumsi makan dengan kandungan protein hewani, berbagai suplemen kalsium dan juga makan dengan kandungan zat oksalat. Segera lakukan langkah cara mengobati batu ginjal begitu merasakan atau menjumpai adanya gejala penyakit batu ginjal. Untuk cara mengobati penyakit diabetes dan penyakit lainnya bisa lihat disini.
Penyebab, Langkah Pencegahan dan Cara Mengobati Batu Ginjal 4.5 5 Sukadi June 13, 2017 Batu ginjal mungkin menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup mengganggu dan membuat para penderitanya merasa tidak nyaman. Untuk itulah...


1 comment: