Tips Ibu Hamil Tentang Jenis Makanan Yang Bisa Mencerdaskan Anak

 On July 24, 2017  

Setiap wanita yang sedang mengandung tentu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Banyak pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil, misalnya saja saat meminum obat yang diluar anjuran dokter, bila tidak mengetahui efek sampingnya akan bisa membahayakan kandungan. Padahal, tidak sedikit ibu hamil yang mengkonsumsi obat yang tidak atas rekomendasi dokter. Oleh sebab itu, perlu kehati-hatian setiap mengambil keputusan saat masa kehamilan. Butuh rujukan yang jelas dan rekomendasi dari para ahli dibidangnya.
Photoright: Русский tasha / pixabay.com
Untuk dapat mengetahui apa saja yang baik dan yang tidak buat ibu hamil, sudah banyak tips ibu hamil yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam menjaga agar kondisi ibu dan janin dalam kandungan selalu dalam keadaan baik-baik saja. Bisa diperoleh dari buku mapun media online. Misalnya saja tips agar anak cerdas, semua bisa dimulai sejak dalam kandungan. Caranya? Dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu, diantaranya ikan, telur, yoghurt, Bayam, Ayam Tanpa Lemak dan Kacang-kacangan, Blueberry, Vitamin D, yodium, dan suplemen asam folat.

Kenapa jenis makanan tersebut bisa membantu membuat anak menjadi cerdas? Berikut sedikit uraiannya:

Ikan

Sudah bukan rahasia lagi bila ikan merupakan  salah satu jenis makanan yang banyak dianjurkan oleh para ahli. Omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon, tuna, mackerel dan lainnya dipercaya bisa membantu perkembangan otak bayi. 

Vitamin D

Menurut hasil penelitian, ibu hamil yang tingkat vitamin D kurang semasa kehamilan, memungkinkan untuk melahirkan bayi dengan tingkat kekuatan otak rendah. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mendapatkan vitamin D yang cukup selama masa kehamilan. 

Yodium

Konsumsi garam beryodium selama masa kehamilan juga penting. Berdasarkan informasi yang saya baca, kekurangan yodium selama kehamilan, utamanya pada 12 minggu pertama, bisa menyebabkan IQ anak menjadi rendah. Ada banyak sumber yodium, misalnya saja ikan laut, tiram, telur dan lain sebagainya.

Telur

Asam amino kolin yang banyak terkandung dalam telur bisa meningkatkan perkembangan otak serta meningkatkan memori pada bayi. Selain itu, berat badan lahir bayi juga bisa meningkat dengan kandungan protein dan zat besi pada telur. Hal ini penting, karena katanya ada hubungan antara penurunan IQ (intelligence quotient) dengan bobot lahir yang rendah. Informasi lain menyebutkan bahwa konsumsi dua butir telur oleh wanita hamil sama dengan setengah jumlah harian kolin sesuai rekomendasi kebutuhan ibu hamil.

Yoghurt

Untuk memenuhi protein tambahan yang hilang akibat kerja keras tubuh dalam pembentukan sel-sel syaraf bayi di Rahim, diperlukan makanan yang kaya protein, misalnya saja yoghurt. Selain kaya protein, kandungan kalsium dalam yoghurt juga diperlukan selama masa kehamilan.

Bayam, Ayam Tanpa Lemak dan Kacang-kacangan

Kandungan zat besi pada Bayam, Ayam Tanpa Lemak dan Kacang-kacangan sangat baik untuk kecerdasan bayi, karena zat besi dapat membantu mengirimkan oksigen kedalam sel-sel otak bayi selama masa kehamilan.

Blueberry

Untuk melindungi jaringan otak bayi, perlu dibantu dalam tahap perkembangannya. Konsumsi buah-buahan semisal tomat, artichoke, blueberry dan kacang merah sangat baik, karena jenis buah tersebut banyak mengandung antioksidan.

Selain apa yang sudah disebutkan diatas, masih ada jenis makanan lain yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak, misalnya saja suplemen asam folat. Namun perlu diingat bahwa setiap referensi yang ada masih perlu mempertimbangkan banyak faktor. Konsultasi pada ahlinya merupakan langkah terbaik dalam menjaga kandungan dan juga untuk mewujudkan keinginan untuk dapat memiliki anak yang cerdas.

Meski sudah banyak tips yang dipelajari dan dipraktekkan, apa pun itu tips-nya, tetapi akan lebih baik bila semua dikonsultasikan pada ahlinya. Jangan asal. Periksa secara rutin ke bidan atau dokter spesialis kandungan agar bisa mengetahui perkembangan ibu dan calon buah hati. Demikian sedikit tips ibu hamil yang saya peroleh dari berbagai sumber. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga apa yang saya tuliskan ini bisa memberi manfaat.
Tips Ibu Hamil Tentang Jenis Makanan Yang Bisa Mencerdaskan Anak 4.5 5 Sukadi July 24, 2017 Setiap wanita yang sedang mengandung tentu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Banyak pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil, misa...


4 comments:

  1. Terima kasih mas atas info yg bermanfaat ini

    ReplyDelete
  2. Kalau tidak bisa makan smua itu karena mual kira kira apakah ada makananan yang bisa diminum waktu mual ya? thanks sharingnya

    ReplyDelete
  3. Malah baru tahu aku kalau ibu hamil danjurkan mengkonsumi Yoghurt. hehehehe

    ReplyDelete
  4. kalau tidak suka ikan, apa pengganti yang memiliki nutrisi sejenis ya?

    ReplyDelete