Harga AC Bisa Saja Mahal, Ini Tips Pemakaian AC Agar Awet dan Hemat

 On August 2, 2017  

Beberapa orang mengeluh bahwa harga AC di pasaran cukup mahal namun setelah dipakai tidak awet dan seringkali harus bolak-balik menservis AC atau mengeluh tagihan listrik yang naik cukup drastis setelah memasang AC. Padahal sebenarnya yang bisa dipersalahkan bukanlah harga ATAU produk AC tersebut.
Ilustrasi. Photoright: Zoltan Matuska / pixabay.com
Ada baiknya kita bercermin terlebih dahulu, apakah sudah benar dalam penggunaannya, perawatannya dan perbaikannya? Tips-tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda: 

1. Jangan setel AC dengan suhu di bawah 22 derajat

Ini merupakan kesalahan yang hampir semua orang lakukan karena kurang paham terhadap cara kerja AC. Kebanyakan, para pengguna AC menyetel suhu AC pada angka 16 agar lebih cepat dingin. Padahal kenyataannya, hal ini salah. Masalah yang akan timbul adalah di Indonesia sendiri, suhu kamar hampir tidak mungkin dapat selalu berada pada suhu 16 derajat sedangkan kompressor AC berusaha keras untuk menjaga agar suhu ruangan tetap berada di angka 16 derajat. Hal inilah yang dapat memperpendek usia kompressor. Jadi angka ideal dalam pengaturan suhu AC adalah 22 derajat Celcius.

2. Pastikan memilih PK AC yang tepat sesuai ruangan

Saat Anda memilih AC, jangan hanya melihat atau mempertimbangkan harga AC nya saja melainkan juga PK AC. PK AC yang tepat dan sesuai kebutuhan ruangan Anda maka suhu yang dihasilkan AC juga akan lebih optimal. Jika Anda menyetel AC pada suhu 22 derajat namun ruangan tidak dingin maka kemungkinan bahwa Anda telah salah dalam memilih PK AC yang tepat. Yang benar adalah begini perhitungannya:
  • ½ PK = 5000 Btu/h untuk ukuran ruangan 10 m2.
  • ¾ PK = 7000 Btu/h untuk ukuran ruangan 14 m2.
  • 1 PK = 9000 Btu/h untuk ukuran ruangan 18 m2.
  • 1 ½ PK = 12000 Btu/h untuk ukuran ruangan 24 m2.
  • 2 PK = 18000 Btu/h untuk ukuran ruangan 36 m2.
3. Lakukan pencucian AC minimal 3 bulan sekali secara rutin

AC yang kotor tentu akan bekerja lebih keras untuk bisa mendinginkan ruangan. Misalkan untuk mendinginkan ruangan yang biasanya AC mungkin hanya memerlukan kecepatan 1 fan saja, maka perlu kecepatan 2 atau 3 fan maksimum. Hal ini jugalah yang akan mudah merusak kompressor dan mengakibatkan AC lebih cepat rusak.

4. Bersihkan debu yang ada di atas lemari atau dinding secara rutin

Debu dan kotoran merupakan musuh utama dari AC. Debu yang menumpuk di dinding atau atas lemari akan disaring oleh AC dan kemudian justru akan masuk ke dalam AC sehingga menyulitkan kinerja AC. Semakin banyak debu maka kinerja AC juga akan semakin menurun dan Anda harus melakukan pencucian AC terus menerus. Oleh sebab itu, cegahlah dengan membersihkan debu di dalam ruangan secara rutin. Ini juga demi alasan kesehatan juga.

5. Gunakan AC hanya pada ruangan yang benar-benar tertutup

Semahal apapun harga AC yang Anda beli, jika Anda menggunakannya secara tidak benar maka ia juga akan tetap mudah rusak. Oleh karena itu, apabila Anda berniat untuk memasang AC di rumah Anda pastikan bahwa ruangan tersebut benar-benar tertutup dan tidak sering dibuka pintu atau jendelanya kecuali jika AC telah benar-benar mati. Jika ruangan terbuka, maka AC juga akan bekerja lebih maksimal untuk mendinginkan ruangan.
Harga AC Bisa Saja Mahal, Ini Tips Pemakaian AC Agar Awet dan Hemat 4.5 5 Sukadi August 2, 2017 Anda punya masalah dengan AC? Ingin tahu tips agar hemat? Harga AC Bisa Saja Mahal, Ini Tips Pemakaian AC Agar Awet dan Hemat Beberapa orang mengeluh bahwa harga AC di pasaran cukup mahal namun setelah dipakai tidak awet dan seringkali harus bolak-balik menservis AC...


1 comment:

  1. Betul sekali perlu dilakukan triks mas agar beban listrik penggunaan AC tidak membengkak. Mungkin saya akan menambahi agar beban listrik tidak membengkak yaitu adanya isolasi pada rumah.
    Isolasi ini dapat berupa pohon-pohon rindang yang ada disekitar rumah atau menggunakan atap rumah yang terbuat dari keramik yang tebal sehingga dapat meredam panas yang diterimanya.

    ReplyDelete