Tips Ampuh Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan di Toko Online

 On October 27, 2017  

Hasrat untuk melakukan belanja setiap waktu tentu selalu dimiliki oleh setiap orang khususnya para perempuan. Apalagi sekarang ini banyak bermunculan toko online yang memudahkan untuk melakukan belanja. Tentu secara otomatis para perempuan akan lebih sulit mengendalikan dirinya untuk tidak belanja. Seharusnya walaupun tanpa pengetahuan atau ilmu pasti mengenai manajemen keuangan yang dimiliki tentu sebagai orang yang mempunyai penghasilan harus mampu mengatur pemasukan ataupun pengeluaran supaya tetap seimbang. Kebijakan dalam pembatasan pengeluaran yang tepat itu penting untuk pengelolahan uang kedepannya.
Ilustrasi. Photoright: Jan VaĊĦek / www.pixabay.com
Pembatasan pengeluaran yang paling sulit untuk dilakukan yaitu berbelanja, mungkin sudah banyak masyarakat yang menjadikan belanja sebagai kebiasaan buruk. Jika Anda salah satu orang tersebut mulailah menyadari dan mengatasi akan keburukan hal itu dengan beberapa cara berikut ini, antara lain:

1. Pikirkan kembali pekerjaan yang Anda lakukan

Banyak orang mengatakan mencari uang dalam 30 hari dan setelah mendapatkan bisa habis dalam waktu kurang dari 30 menit. Hal itu tentunya harus Anda pikirkan kembali, apakah yang Anda beli itu benar-benar bermanfaat. Kalau tidak tentunya akan sia-sia seperti halnya membuang uang padahal waktu untuk mencari uang tersebut tidaklah sebentar.

2. Jangan gunakan semua kartu kredit

Dijaman serba canggih seperti ini orang lebih banyak memanfaatkan kartu kredit untuk melakukan beberapa transaksi pembelanjaan. Tanpa disadari dengan tersedianya kartu kredit tersebut semakin membuat hasrat belanja yang sulit untuk ditahan. Makanya jika Anda melakukan belanja lebih baik jangan bawa semua kartu kredit yang Anda miliki, hal ini menghindari keinginan untuk melakukan pembelanjaan yang lebih dan lebih.

3. Hindari belanja sebagai solusi untuk terapi

Kebiasaan buruk selanjutnya yang sering dilakukan oleh beberapa orang itu adalah menggunakan alasan belanja untuk menghilangkan penat, stress atau lainnya. Hal ini tidak efektif karena dalam kondisi seperti itu bisa jadi kontrol Anda akan lebih sulit untuk dikendalikan, secara otomatis itu akan membuat keuangan Anda berada dalam masalah besar.

4. Hindari kebiasaan belanja bersama teman

Untuk beberapa orang khususnya wanita tentu sering mengadakan kegiatan belanja bersama menjadi sebuah rutinitas yang harus dilakukan. Sangat disarankan hal seperti ini jangan terus dilakukan, karena dalam kegiatan itu Anda akan mudah terbujuk rayuan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu bermanfaat. Yang pasti Anda tidak akan pernah bisa konsisten dengan apa yang sudah direncanakan pada awal sebelum belanja.

5. Blok situs belanja di smartphone, laptop atau PC

Ternyata menjamurnya situs jual beli online yang ada sekarang ini berdampak buruk pada pengelolaan keuangan Anda yang semakin tidak dapat terkontrol. Makanya sangat disarankan untuk tidak berlangganan dengan jenis aplikasi atau toko online yang banyak beredar pada internet. Karena kegiatan mengotak-atik smartphone untuk sekedar melihat barang akan menimbulkan hasrat yang sulit dikendalikan.
Tips Ampuh Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan di Toko Online 4.5 5 Sukadi October 27, 2017 Hasrat untuk melakukan belanja setiap waktu tentu selalu dimiliki oleh setiap orang khususnya para perempuan. Apalagi sekarang ini banyak b...


1 comment:

  1. Dari semua tips diatas yang lima biji, yang paling ampuh adalah "Blok situs belanja di smartphone, laptop atau PC". Kalau sudah begitu, dijamin walaupun ada hasrat tetap saja tidak akan bisa terpenuhi, hahaha, ada-ada saja bos.

    ReplyDelete