Beberapa Keutamaan Bersedekah Yang Perlu Anda Ketahui - Sukadi.net

December 22, 2017

Beberapa Keutamaan Bersedekah Yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi. Photoright: Ben Kerckx / Pixabay.com
Penggalangan dana yang dilakukan oleh UNICEF merupakan salah satu bentuk sarana kita untuk bersedekah. Orang yang gemar bersedekah akan merasakan manfaat yang luar biasa baik itu fisik maupun materi. Dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh, hal ini mengingatkan kita bahwa pentingnya rasa berbagi sesama manusia terutama bagi mereka yang membutuhkan. Apalagi manusia sebagai makhluk sosial yang tentunya membutuhkan orang lain. Berbuat kebaikan kepada orang lain tentunya menjadi sebuah budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan kegiatan semacam ini memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

1. Memperkuat persatuan

Orang yang memberi dan orang yang diberi akan memiliki ikatan emosional yang baik. Adanya rasa peduli terhadap sesama tentunya membuat rasa persatuan semakin terjalin dengan erat. Orang yang berbuat baik dengan ikhlas memberi bantuan kepada orang lain, maka dia pun akan mendapatkan balasan sikap yang setimpal dengan perbuatan tersebut. orang yang diberi pun akan merasa bahagia karena adanya orang yang perhatian dan merasakan apa yang dirasakannya.  Rasa persatuan dan persaudaraan akan terjalin dengan erat jika sudah ada sikap seperti ini.

2. Memberi contoh yang baik 

Segala apa yang dilakukan oleh orang tua ataupun sebagai atasan , maka akan ditiru oleh anak ataupun bawahannya. Begitu juga dalam hal ini, apa yang dilakukan oleh kita akan ditiru oleh anak dan dengan kegiatan semacam ini tentunya menjadi contoh yang baik bagi mereka.

3. Menghapuskan kesenjangan

Tidak dipungkiri jika di era modern seperti sekarang ini masih banyak orang yang membedakan status sosial mereka dengan orang lain. Namun dengan kegiatan seperti ini, maka kesenjangan sosial yang biasa terjadi akan berkurang, dan berganti dengan rasa peduli sesame yang saling menguatkan budaya berbagi. 

Itulah beberapa manfaat dari acara penggalangan dana. Dengan mengetahui hal itu, kita tidak akan merasa ragu lagi untuk peduli dan berbagi antar sesame dimana pun dan kapanpun. Sebut saja UNICEF yang mengadakan ini untuk orang yang membutuhkan. Anda pun bisa berpartisipasi dengan menyumbangkan sebagian hartanya disana.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda