Tips Sukses Saat Belajar Online - Sukadi.net

March 26, 2018

Tips Sukses Saat Belajar Online

Tips belajar online - Kata orang belajar itu bisa dimana saja dan kapan saja. Perkataan ini memang benar karena sekarang banyak fasilitas yang tersedia untuk belajar. Kalau dulu materi pelajaran cuma berasal dari buku-buku pelajaran, sekarang kamu bisa mendapatkannya lewat internet dan materi pelajaran ini yang didapat di internet juga beragam ada yang berupa ebook, video tutorial, kuis, atau edublog. Kalau dulu orang tua kamu cuma bisa belajar di sekolah, sekarang berkat kemajuan teknologi kamu bisa belajar online dimana saja dan kapan saja misalnya sambil nunggu angkot atau sambil nunggu teman di mall. 
Source: https://www.quierotec.com/wp-content/uploads/2017/03/Los-mejores-lenguajes-de-programacion-web-en-la-actualidad.jpg
Kebanyakan orang memilih belajar online dari segi praktisnya tapi ternyata setelah mereka menekuninya mereka baru tahu bahwa belajar online itu sama dengan belajar konvensional yang membutuhkan kedisiplinan, tekad, dan kemampuan mengatur waktu agar bisa sukses. Bahkan mungkin belajar online lebih berat karena tidak ada guru yang akan mengawasi kamu untuk tetap fokus belajar, godaan malas jadi lebih besar dari belajar konvensional. Makanya di artikel ini kamu akan mendapat tips belajar online supaya kamu sukses meraih apa yang menjadi tujuan belajarmu. 

• Belajarlah di tempat yang tidak akan mengganggu konsentrasimu

Salah satu kelebihan dari belajar online adalah kamu bisa belajar dimana saja asalkan tempat tersebut ada jaringan internet. Meski begitu yang namanya belajar tetap saja kamu butuh tempat yang tenang, bebas dari segala gangguan yang bisa mengganggu konsentrasimu. Kamu harus tahu bagaimana gaya belajarmu. Ada orang yang bisa tetap fokus belajar meski di dalam kereta yang padat penumpang. Ada orang yang hanya bisa belajar di tempat yang benar-benar tenang misalnya di perpustakaan. Cari tempat belajar yang nyaman dan bebas gangguan. Kalau kamu belajar menggunakan ponselmu, matikan fitur notifikasi semua akun sosmedmu jadi kamu tidak akan tergoda untuk membuka sosmed. Kalau kamu belajar lewat komputer, matikan ponselmu supaya tidak mengganggu konsentrasi belajarmu. 

• Pastikan kamu sudah memahami tujuan objektif pembelajaran

Setiap materi belajar selalu memiliki tujuan objektif pembelajaran seperti misalnya materi trigonometri tujuannya supaya pelajar memahami cara menghitung sudut-sudut segitiga. Dengan memahami tujuan objektif pembelajaran ini, kamu jadi tahu di akhir materi nanti apa yang harus sudah kamu kuasai. Ulangi materi sekali lagi kali ini lebih perlahan dari sebelumnya jika kamu belum meraih apa yang menjadi tujuan objektif. 

• Buat rencana belajar

Belajar online membutuhkan kedisiplinan diri, ketekunan, keteraturan dan manajemen waktu yang baik. Untuk itu, sebaiknya kamu membuat jadwal belajar misalnya dari jam berapa sampai jam berapa kamu harus belajar online, mengerjakan tugas, dan waktunya istirahat. Buatlah daftar materi apa yang harus kamu kuasai dalam setiap minggu. Conteng setiap materi yang sudah kamu pelajari untuk membedakan dari materi yang belum dipelajari. Catat juga tanggal-tanggal penting dalam kalendermu misalnya tanggal ujian semester, ujian tryout, ujian praktek, atau kapan deadline tugas agar kamu tidak lupa dan tidak ketinggalan. Kamu harus disiplin dan patuh mengerjakan jadwal belajar yang sudah kamu buat sendiri.

• Tetapkan motivasi

Jangan remehkan motivasi karena tanpa motivasi niatmu untuk belajar online lama kelamaan bisa runtuh. Untuk membantu kamu agar tetap termotivasi belajar online, kamu bisa memasang kalimat-kalimat atau gambar-gambar inspiratif yang kamu sukai atau mungkin target yang ingin kamu capai di dinding kamar supaya bisa mengingatkanmu setiap hari, menyiapkan snack untuk teman belajar sekaligus untuk menambah energi belajar, dam kasih reward untuk diri sendiri setiap kali kamu bisa menyelesaikan target materi belajar lebih cepat dari jadwal.

Itulah 4 tips belajar online yang bisa kamu praktikkan agar kamu bisa sukses mencapai target yang diinginkan, kamu juga bisa mengunjungi website pendidikanmaju.com untuk mengetahui seputar kuliah serta keunggulan setiap jurusan. 

Jadi, tak usah repot-repot pergi ke kampus untuk mengetahui informasi karena zaman yang sudah serba canggih ini, Selamat belajar!

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. Belajar dengan semangat, serius tapi santai, tenang, nyaman dan penuh konsentrasi

    ReplyDelete