Waspada Serbuan Diskon Ramadhan 2018 yang Mengancam Keuangan Anda! Inilah Tips Mengatasinya!

 On May 16, 2018  

Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh semua umat manusia muslim, mengingat pada bulan itulah banyak keberkahan yang bisa didapatkan. Moment tersebut bukan hanya identik dengan puasa saja tetapi juga aktivitas masyarakat yang lebih berbeda. Hal ini terlihat pula pada pusat-pusat perbelanjaan yang sudah merencanakan strategi yang paling tepat untuk menarik perhatian masyarakat. Satu usaha yang sering dilakukan adalah pemberian diskon ramadhan untuk berbagai barang kebutuhan masyarakat. Mulai dari makanan, bahan makanan, peralatan, pakaian dan beberapa item penting lainnya untuk keseharian.
Ilustrasi. Photoright: Mark√©ta Machov√° / www.pixabay.com
Promo menjelang ramadhan sampai dengan lebaran memang sudah merupakan event setiap tahunnya, meskipun begitu tetap saja selalu ramai dengan serbuan masyarakat. Bahkan ini terjadi bukan saja pada pusat-pusat perbelanjaan seperti mall tetapi juga beberapa toko online yang saat ini mulai menjadi pilihan tempat belanja masyarakat. Secara umum hadirnya diskon sendiri bisa menjadi solusi untuk meminimalisir keuangan yang semakin tinggi saat bulan puasa. Namun tidak sedikit orang mengalami hal yang sebaliknya, justru mereka kalap dan boros ketika melihat diskon.

Kekalapan berbelanja saat promo berlangsung adalah sesuatu yang sangat merugikan untuk Anda, ini akan berakibat pada keuangan. Makanya supaya kondisi finansial keluarga tetap baik Anda bisa mengatasi masalah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Catat keperluan.
Jangan pernah gengsi untuk berbelanja pada pusat perbelanjaan dengan menggunakan catatan. Ini adalah salah satu cara Anda untuk bisa membatasi keinginan dan selalu mengutamakan apa yang dibutuhkan. Langkah pertama ini bisa Anda mulai sebelum puasa dimulai, perhitungkan sampai dengan masa lebaran tiba kebutuhan apa saja yang wajib ada. Dengan begitu Anda akan terhindar dari pemborosan membeli item yang tidak banyak digunakan selama ramadhan.

2. Siapkan dan pisahkan budget.
Setelah Anda membuat catatan dan memperhitungkan, saatnya untuk menyiapkan budget yang diperlukan. Ini adalah salah satu cara supaya Anda tetap bisa menikmati diskon ramadhan dengan bijak dan perhitungan yang matang. Karena Anda tidak memisahkan atau menyiapkan budget belanja sendiri pasti beberapa uang kebutuhan lainnya akan mudah sekali untuk ikut dibelanjakan.

3. Pertimbangkan tempat belanja.
Cara yang ketiga adalah mempertimbangkan tempat belanja mana yang paling tepat untuk digunakan, ini bisa melalui toko online ataupun offline. Cara ini dilakukan dengan membandingkan satu toko dengan lainnya, promo satu dengan promo yang lain dan pilih mana yang memberikan keuntungan lebih banyak.

4. Fokus tujuan.
Ketika Anda berbelanja ada baiknya untuk mengutamakan apa yang sedang menjadi incaran, inilah kegunaan dari catatan yang dibuat pertama kalinya. Jangan tergiur dengan item lainnya yang menawarkan promo besar tetapi tidak masuk dalam keperluan Anda.

5. Cek barang.
Cara yang paling terakhir adalah membeli, tetapi sebelumnya Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada barang yang akan dibeli. Ini dimaksudkan supaya Anda tidak merugi dengan mendapatkan barang yang cacat ataupun rusak. Karena moment ramadhan seperti itu masih ada saja para penjual yang nakal dengan mencari keuntungan saja.

Nah, cara-cara diatas bisa Anda jadikan sebagai pedoman sebelum berbelanja dan menyerbu diskon yang sedang berlangsung. Kunci utama sebagai perempuan yang hobi dengan belanja adalah bisa mengontrol diri. Jika Anda sudah melakukan hal itu secara tepat, secara otomatis akan mudah saja melakukan pembelian meskipun banyak serbuan diskon ramadhan sampai dengan lebaran. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat bagi Anda, terima kasih.
Waspada Serbuan Diskon Ramadhan 2018 yang Mengancam Keuangan Anda! Inilah Tips Mengatasinya! 4.5 5 Sukadi May 16, 2018 Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh semua umat manusia muslim, mengingat pada bulan itulah banyak keberkahan yang bisa did...


No comments:

Post a Comment